sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Jumat, 17 Jul 2020 16:37 WIB

Cara mengembalikan kontak yang terhapus dengan Google

Google memberikan sebuah fitur baru yang dapat digunakan untuk mengembalikan kontak yang terhapus. Kontak itu akan disimpan di opsi Trash selama 30 hari sebelum dihapus permanen.

Cara mengembalikan kontak yang terhapus dengan Google
Source: Google

Kehilangan data mungkin menjadi satu hal yang menakutkan. Apalagi kalau data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja itu merupakan data penting, seperti kontak. Google punya solusinya. Raksasa teknologi ini meluncurkan sebuah fitur baru yang dapat menyimpan kontak terhapus sehingga memungkinkan pengguna untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

Fitur itu bernama Trash dan tersedia di Google Contacts. Cara kerjanya mirip dengan recycle bin di komputer. Jika seseorang menghapus kontak secara tidak sengaja, Google Contacts akan menyimpan kontak selama 30 hari. Selama durasi itu, pengguna dapat mengembalikan kontak yang terhapus. Jika masa 30 hari sudah terlewati, kontak yang terhapus akan benar-benar hilang. 

Dilansir dari Gizmochina (17/7), cara ini hanya dapat digunakan pada website Google Contacts saja. Fitur ini belum mendukung aplikasi mobile Google Contacts. Untungnya, metode penyimpanan kontak terhapus ini tetap berlaku jika pengguna menghapusnya dari aplikasi mobile

Di laman Google Contacts, pengguna bakal menemukan opsi Trash di folder “Other contacts”. Namun jika ternyata opsi ini belum ada, berarti fitur ini memang belum tersedia untuk beberapa pengguna tertentu. Sedangkan untuk pengguna yang sudah mendapati adanya fitur ini, kontak yang terhapus bisa ditemukan di opsi yang sama, termasuk waktu kapan penghapusan terjadi. 

Untuk mengembalikan kontak itu, pilih opsi Recover. Perlu diketahui juga, selain memberikan opsi untuk mengembalikan, Google juga memungkinkan pengguna untuk menghapus kontak yang ada di dalam Trash. Caranya, tinggal pilih “Delete Forever”. 

Google mengatakan fitur ini akan tersedia bagi seluruh pelanggan G Suite dan pengguna akun Google personal dalam beberapa minggu ke depan. Sayangnya Google menyebut kalau dukungan fitur ini masih belum akan tersedia untuk aplikasi mobile
 

Share
back to top