sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Selasa, 27 Jul 2021 16:42 WIB

Cara hemat paket data iPhone saat akhir bulan

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat paket data, salah satunya seperti mematikan background data. Selengkapnya, berikut cara untuk menghemat paket data Anda di iPhone.

Cara hemat paket data iPhone saat akhir bulan
Credit: Unsplash

Menjelang akhir bulan seperti ini, bagi sebagian kalangan tentu mengalami fase dimana keuangan untuk beraktivitas mulai menipis, ini termasuk anggaran untuk paket data. Kehabisan paket data sebelum waktunya tentu akan sangat merepotkan, apalagi ketika Anda sedang berada di luar jaringan Wi-Fi. Kehabisan paket data secara tiba-tiba juga sering terjadi karena terdapat beberapa fitur dan aplikasi yang secara otomatis akan berjalan menggunakan paket data di belakang layar.

Sementara itu padahal paket data yang mulai menipis, bisa dioptimalkan untuk mendukung aktivitas yang lebih penting. Bagi Anda pengguna iPhone dan paket datanya sedang menipis, segera kelola pengeluaran paket data Anda. Untuk lebih hemat, begini cara yang bisa dilakukan.

Matikan background data

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terkadang beberapa aplikasi walau sudah ditutup tetap akan berjalan di background atau belakang layar. Berjalannya aplikasi pada background, bisa membuat paket data akan berkurang tanpa kita ketahui. Background data ini dapat dimatikan dengan cara, buka Settings > General > Background App Refresh. Setelah terbuka, Anda dapat mematikan background data dengan menggeser toggle di Background App Refresh.

Matikan Wi-Fi Assist

Apple menyediakan fitur di iPhone yang memungkinkan penggunaan paket data secara otomatis ketika Anda berada di jaringan Wi-Fi berkualitas buruk. Dengan fitur ini dibiarkan menyala, maka secara otomatis juga bisa mengambil paket data Anda secara diam-diam. Anda dapat mematikan fitur ini dengan cara menuju Settings dan mengetuk Cellular. Setelah itu geser layar sampai Anda menemukan pengaturan yang bernama Wi-Fi Assist, kemudian geser toggle untuk mematikannya.

Matikan pengunduhan aplikasi dengan paket data

Selain mematikan Wi-Fi Assist, Anda juga bisa mematikan fitur penggunduhan aplikasi secara otomatis menggunakan paket data. Penggunduhan aplikasi tentu membutuhkan paket data yang sangat besar. Apabila Anda kelupaan telah menggunduh aplikasi dengan menggunakan fitur ini, paket data Anda bisa langsung habis dengan cepat. Agar tidak kelupaan, Anda dapat mematikan fitur ini dengan cara pergi ke Settings > App Store, setelah itu cari pengaturan Automatic Download lalu matikan dengan menggeser toggle.

Seleksi Aplikasi yang memakai paket data

Anda juga bisa menyeleksi beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting untuk tidak diberi izin menggunakan paket data. Ini bisa lebih memastikan apabila paket data yang Anda miliki hanya tertuju pada aplikasi yang penting. Penyeleksian ini bisa dilakukan dengan cara pilih Settings > Cellular, lalu pada bagian Cellular Data akan tersaji beberapa aplikasi yang menggunakan paket data. Dalam menu pengaturan ini, Anda dapat memilih aplikasi mana yang bisa dan yang tidak untuk menggunakan paket data.

Tag
Share
×
tekid
back to top