Bocoran Google Atlas kembali mencuat, pakai prosesor Intel

Dalam sebuah bocoran terbaru, Chromebook milik Google yang bernama Atlas akan menggunakan prosesor Intel i5-8200Y dan Intel i7-8500Y.

Bocoran Google Atlas kembali mencuat, pakai prosesor Intel Pixel Slate (PCMag)

Selama beberapa minggu terakhir, beberapa detail mengenai Chromebook dengan nama sandi "Atlas" terus mencuat. Salah satu hal yang pasti adalah ternyata chromebook tersebut akan dibuat langsung oleh Google.

Bocoran terbaru mengatakan bahwa beberapa informasi mengenai Atlas mencuat di situs benchmark Geekbench. Data yang ditampilkan menunjukkan bahwa perangkat keras tersebut bisa jadi kandidat pengganti Pixelbook 2, bahkan akan hampir identik dengan Pixel Slate.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google investasi Rp28 triliun untuk energi terbarukan

Google Assistant kini bisa bahasa Jerman hingga Korea

Mode incognito Google Maps jalani masa uji coba


Geekbench telah lama menjadi sumber informasi yang relatif dapat diandalkan tentang perangkat yang akan datang dan spesifikasi mereka. Dalam informasi tersebut, perangkat tersebut mulai diuji mulai dari Mei hingga Juli, seperti dikutip dari laman 9to5google (26/7/2019).

Dengan membandingkan spesifikasi yang tampil di situs tersebut, dapat disimpulkan bahwa Google akan mempersiapkan setidaknya ada dua model berbeda. Satu akan menggunakan prosesor Intel i5-8200Y sementara yang lain memiliki Intel i7-8500Y.

Menariknya, ini adalah dua prosesor yang sama dan digunakan pada model lainnya yang membawa spesifikasi lebih tinggi dari Pixel Slate. Meski demikian, Intel seri i5 yang ada di perangkat ini memiliki skor yang jauh lebih tinggi dibandingkan i5 Pixel Slate.

Hasil skor multi-core yang ada di Atlas dengan i5 mencapai 7590. Sedangkan skor multi-core yang ada di Pixel Slate hanya mencapai 5636 saja. Di sisi lain, Atlas yang menggunakan prosesor i7 memiliki skor multi-core sebesar 8021.

Salah satu penjelasan yang memungkinkan hal ini adalah dikarenakan Atlas, baik model i5 dan i7 dilengkapi dengan RAM sebesar 16GB. Tentu saja, hal ini membuat Atlas menjadi sebuah perangkat premium Google.

Jika Atlas memang Pixelbook 2 dan tolok ukurnya sesuai dengan model ritel yang sebenarnya, ada kemungkinan bahwa 16GB RAM akan menjadi standar baru. Menjadikan RAM 16GB sebagai standar akan sejalan dengan pernyataan Google di Cloud Next bahwa perangkat keras Chrome OS berikutnya akan difokuskan pada produktivitas saat bepergian.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: