sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Selasa, 18 Apr 2023 11:01 WIB

Bermasalah, SpaceX batalkan peluncuran Starship

SpaceX telah membatalkan uji coba peluncuran orbit pesawat luar angkasa Starship. Hal ini dikarenakan oleh masalah katup yang membeku.

Bermasalah, SpaceX batalkan peluncuran Starship
Source: AFP

SpaceX telah menunda peluncuran Starship setelah mendeteksi masalah dengan katup tekanan yang membeku. Oleh karena itu, seharusnya hari ini akan menjadi "uji coba keseluruhan" yang mencakup mesin-mesin Starship. Menurut Miriam Kramer dari Axios, SpaceX sekarang harus menunggu minimal 48 jam sebelum mencoba lagi.

Setelah banyak penundaan dan persetujuan di detik-detik terakhir, SpaceX siap melakukan penerbangan uji orbit pertama Starship sebelum peluncuran dibatalkan. Roket generasi baru ini diharapkan diluncurkan dari Boca Chica, Texas pada pukul 09:20 waktu setempat dengan livestream yang sudah tersedia melalui saluran YouTube perusahaan. Terdapat kesempatan peluncuran cadangan pada hari Rabu yang sekarang perlu dimanfaatkan oleh SpaceX.

Dilansir dari Engadget (18/4), ini adalah pertama kalinya SpaceX berencana meluncurkan sistem Starship terintegrasi penuh dengan booster Super Heavy di bawahnya untuk membawa kendaraan utama ke orbit. Kombinasi tersebut tingginya sekitar 100 meter, atau lebih tinggi dari roket Saturn V. Meskipun Starship dan booster itu dirancang untuk dapat digunakan kembali, keduanya akan tercebur ke laut selama pengujian.

Setiap kali uji terbang ini terjadi, tidak ada jaminan keberhasilan. Dalam obrolan Twitter Spaces pada hari Minggu, Elon Musk mengatakan kepada para penggemar untuk "menetapkan ekspektasi Anda serendah mungkin". Dengan kata lain, jangan heran jika terjadi kesalahan. Sebaliknya, tes ini lebih tentang mengumpulkan data untuk meningkatkan penerbangan Starship yang ditingkatkan di masa mendatang.

Tes yang berhasil sangat penting untuk rencana jangka panjang SpaceX, termasuk wisata Bulan, serta rencana eksplorasi NASA. Pendaratan Artemis Moon yang dimulai pada Desember 2025 akan menggunakan Starship untuk membawa awak dari stasiun Gateway yang mengorbit ke permukaan Bulan. Meskipun itu tidak bergantung pada booster, NASA perlu tahu bahwa Starship dapat diandalkan sebelum misi berawak ini dapat dilanjutkan.

Share
×
tekid
back to top