sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 11 Jul 2024 13:59 WIB

Berkat AI, TSMC jadi perusahaan bernilai sangat tinggi

Pencapaian ini menempatkan TSMC di antara raksasa teknologi terkemuka dunia dan menyoroti semakin pentingnya industri semikonduktor.

Berkat AI, TSMC jadi perusahaan bernilai sangat tinggi

Munculnya kecerdasan buatan (AI) menyebabkan perubahan besar di Wall Street, dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) baru-baru ini mencapai tonggak sejarah yang signifikan dengan bergabung dengan klub kapitalisasi pasar elit bernilai triliunan dolar. Pencapaian ini menempatkan TSMC di antara raksasa teknologi terkemuka dunia dan menyoroti semakin pentingnya industri semikonduktor.

Dilansir dari Gizmochina (11/7), kapitalisasi pasar TSMC sempat melampaui Tesla, menjadikannya perusahaan teknologi paling berharga ketujuh secara global. Saham perusahaan telah mengalami peningkatan yang luar biasa, diperdagangkan di atas rata-rata pergerakan 50 hari di $158,00 dan mencapai level tertinggi baru dalam 52 minggu di $192,80. Secara year-to-date, saham TSMC telah menguat hampir 80%.

Industri semikonduktor telah menjadi sektor terdepan, didorong oleh meningkatnya permintaan akan chip yang digunakan dalam teknologi AI. Penjualan semikonduktor global diproyeksikan mencapai $611,2 miliar pada tahun 2024, dengan perkiraan peningkatan penjualan sebesar 16% pada tahun tersebut, diikuti dengan peningkatan sebesar 12,5% pada tahun 2025. Lonjakan permintaan ini sebagian besar disebabkan oleh kemajuan dalam AI generatif, yang memerlukan kecanggihan dan chip yang kuat.

Pemerintah AS telah menyadari peran penting semikonduktor dalam perekonomian modern, memberikan dukungan keuangan yang besar untuk meningkatkan produksi chip dalam negeri. Pemerintahan Biden telah mengalokasikan puluhan miliar dolar untuk membangun pabrik chip di AS, yang bertujuan untuk memperkuat infrastruktur teknologi dan mengurangi ketergantungan pada produsen asing.

Para analis telah menaikkan target harga mereka untuk TSMC menjelang laporan pendapatan kuartal kedua, dengan Morgan Stanley memperkirakan peningkatan perkiraan penjualan setahun penuh TSMC. Strategi “pemasaran kelaparan” TSMC yang efektif menunjukkan terbatasnya pasokan pengecoran pada tahun 2025, sehingga mendorong pelanggan untuk menyadari nilai perusahaan.

Antisipasi kenaikan harga wafer karena kemajuan AI semakin memperkuat posisi TSMC. Bagi investor, pertimbangan utama mencakup pertumbuhan pendapatan, profitabilitas, dan penilaian dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Melejitnya teknologi AI membentuk kembali Wall Street, dengan masuknya TSMC ke dalam klub bernilai triliunan dolar yang menandai tonggak sejarah yang signifikan. Pertumbuhan industri semikonduktor, yang didorong oleh permintaan AI, menyoroti peran penting perusahaan seperti TSMC dan Nvidia di pasar global.

Share
×
tekid
back to top