Begini cara pasang layanan Google di Huawei Mate 30

Huawei Mate 30 series tidak hadir dengan dukungan layanan Google. Namun banyak pengguna yang mencari cara untuk mengatasi hal tersebut.

Begini cara pasang layanan Google di Huawei Mate 30 Source: GizmoChina

Semua tahu kalau Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro tidak hadir dengan dukungan layanan Google. Meski begitu, ada banyak pihak yang berusaha untuk mengakali cara menggunakan layanan Google di smartphone itu. Sejumlah cara pun dilakukan. 

Sejauh ini ada dua metode yang sudah beredar, namun memiliki risiko tinggi. Pertama, menggunakan sebuah aplikasi bernama LZPlay. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menginstal layanan Google Play. Namun pengguna harus merelakan aplikasi ini mengakses inti dari sistem operasi di smartphone Mate 30 Series. Tidak lama sesudahnya, Google dan Huawei langsung memblokir penggunaan aplikasi ini. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei siapkan P40 Pro awal tahun depan

Larangan AS ke Huawei berpotensi ditunda lagi

Huawei P30 Pro dan 5T dilarang dijual di Taiwan


Kemudian, muncul metode kedua, menggunakan salinan format kerja LZPlay sebelum dihapus. Cara ini dinilai lebih berisiko ketimbang metode pertama. Meski begitu, toh masih banyak pengguna yang dilaporkan menggunakan cara ini, demi dapat menggunakan aplikasi Google. 

Dilansir dari GizmoChina (19/10), sebuah metode baru pun ditemukan. Seorang pengguna Huawei mengungkapkan bahwa ia menggunakan VMOS (Virtual Machine Operating System). Singkatnya, ini merupakan aplikasi yang akan berfungsi sebagai emulator bagi para pengguna Huawei Mate 30 Series. Dengan menggunakan aplikasi ini, mereka dapat menjalankan salinan Android dengan sistem operasi asli sebagai wadahnya. 

Namun harus diperhatikan bahwa aplikasi seperti Netflix atau Google Play tidak dapat dijalankan meski sudah menggunakan VMOS. Kendati begitu, beberapa aplikasi lainnya mampu dijalankan dengan baik melalui metode ini. 

Perlu dipahami juga, biar bagaimana pun, cara ini tidak se-aman ketika menggunakan sistem operasi Android asli. Meski begitu, cara ini dapat dibilang metode yang paling aman ketimbang dua metode yang pernah ada sebelumnya. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: