Begini cara mendapatkan beasiswa online 2019

Pendaftaran Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2019 resmi dibuka. Para calon peserta bisa mendaftar melalui laman osc.medcom.id.

Begini cara mendapatkan beasiswa online 2019

Ragam beasiswa online kini mulai marak bisa kamu temukan. Salah satunya adalah Online Scholarship Competition (OSC) 2019 yang digagas medcom.id. Beasiswa online ini merupakan beasiswa bagi pemuda-pemudi Indonesia yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S1.

Ada 420 beasiswa yang akan diberikan pada program OSC 2019 kali ini. Di tahun ke-5 penyelenggaraannya, OSC juga menambah daftar universitas yang bekerjasama dengan program OSC 2019, dari 18 universitas pada 2018 menjadi 21 universitas di tahun ini.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Peretas Rusia serang Chrome dan Firefox untuk lacak lalu lintas internet

Ekonomi internet di Asia tenggara bakal tumbuh 39% di 2019

Podme.id rilis, tawarkan obrolan santai melalui podcast


Cara mendaftar OSC 2019 juga sangat mudah bisa dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia. Calon peserta hanya perlu masuk ke laman osc.medcom.id. Kemudian klik 'pendaftaran' di sebelah kanan atas laman tersebut. Setelah masuk ke dalamnya, peserta akan menemukan dua pilihan yang akan tampil, yaitu pendaftaran untuk Beasiswa OSC dan juga OSC Community.

Untuk yang ingin menjadi peserta OSC bisa memilih pendaftaran OSC. Bagi pendaftar beasiswa OSC 2019 akan secara otomatis menjadi anggota OSC Community.

"Namun, jika kamu mendaftarkan diri sebagai anggota OSC Community saja, kamu hanya terdaftar sebagai peserta OSC Community dan tidak bisa ikut Online Test OSC dan tahapan kompetisi beasiswa OSC lainnya," kata Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading.

Setelah masuk ke laman pendaftaran, nantinya akan muncul formulir pendaftaran peserta OSC. Formulir dan foto harus diisi lengkap dengan data terbaru dan masih aktif.

Setelah formulir diisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya pilih universitas tujuan, dan memilih jurusan atau program studi yang diminati. Sekaligus pilih jurusan atau dua program studi sebagai cadangan.

"Klik check box untuk menyetujui bahwa dengan mendaftar sebagai peserta OSC, secara otomatis kamu juga akan menjadi anggota OSC Community. Pastikan kembali bahwa formulir sudah terisi dengan lengkap, lalu klik 'Daftar OSC'" terang Herfindo.

Setelah berhasil mendaftar, tahap selanjutnya adalah verifikasi akun. Tahap ini penting, sebab, apabila akun tidak terverifikasi maka tidak bisa mengikuti Online Test dan tahapan OSC selanjutnya.

Proses verifikasi cukup mudah, peserta tinggal login ke alamat e-mail yang peserta gunakan untuk mendaftar. Nantinya akan ada pesan masuk dari OSC Medcom.id. Klik email dari OSC Medcom, lalu klik tombol “Verifikasi”.

Untuk ketentuannya, setelah mengisi data diri dengan lengkap, peserta hanya diperbolehkan memilih satu universitas dari 21 universitas yang tersedia. Namun peserta dapat memilih dua program studi (prodi) dari universitas yang dipilihnya tersebut.

Peserta yang telah memilih prodi dan universitas, diperkenankan mengubah pilihannya lagi sampai batas waktu yang ditentukan. Pilihan pertama peserta, akan dianggap sebagai prodi prioritas utama peserta.

Tes online wajib peserta ikuti, dengan waktu yang sudah ditentukan. Peserta akan mendapatkan soal tes berdasarkan universitas yang mereka pilih. Semua soal tes wajib dijawab, sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pada Sabtu, 9 November 2019.

Pemenang akan diumumkan pada Rabu 13 November 2019. Pengumuman dapat dilihat di laman osc.medcom.id. Kemudian, peserta yang lolos, wajib mengikuti tahap selanjutnya yaitu proses seleksi data diri. Dalam proses seleksi data diri peserta wajib mengirimkan berkas sebagai berikut :

1. Form data diri OSC (yang akan dikirimkan ke e-mail peserta yang lolos tes online)

2. Scan rapot kelas X dan XI

3. Scan surat pengantar dari sekolah

4. Scan surat keterangan kelakuan baik

5. Scan surat keterangan bebas narkoba

Peserta yang lolos pada proses seleksi data diri, wajib mengikuti tes offline yang akan diadakan pada Sabtu, 21 Desember 2019, di Jakarta. Peserta yang tidak hadir pada tes offline akan dinyatakan gugur.

Peserta wajib mengikuti seluruh proses atau tahapan yang ada di OSC 2019. Biaya keberangkatan peserta dalam mengikuti tes offline merupakan tanggungan pribadi peserta. Hasil seleksi 420 Penerima beasiswa S1 akan diumumkan pada 19 Desember 2019.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
internet OSC
Editor :
Tek ID