sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 28 Jan 2020 10:05 WIB

Begini cara cek penyebaran virus corona

Virus corona sudah menyebar ke beberapa negara. Namun saat ini, kamu bisa mengetahui penyebarannya melalui dashboard online di internet.

Begini cara cek penyebaran virus corona
Source: Johns Hopkins dashboard

Merebaknya virus corona mau tak mau menjadi perhatian dunia. Pasalnya virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini dikabarkan sudah menyebar ke beberapa negara lainnya. Apalagi sudah tercatat sejumlah angka kematian yang disebabkan virus ini. 

Meski pemerintah Tiongkok sudah menutup akses masuk dan keluar Wuhan, hal ini tidak menghentikan penyebaran virus tersebut. Beberapa orang yang terduga terjangkit virus corona sudah kadung keluar dari kota tersebut. Inilah yang menyebabkan penyebaran virus itu terdeteksi di beberapa negara tetangganya. 

Nah, sebenarnya kamu juga bisa melacak sampai sejauh apa persebaran virus corona ini di internet. Katakanlah sebagai informasi tambahan dan upaya pencegahan kalau ternyata penyebarannya sudah semakin dekat dengan kita. 

Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo (28/1), Pusat teknik dan sistem sains (CSSE) di Universitas Johns Hopkins kabarnya telah mengembangkan sebuah dashboard online untuk melacak penyebaran virus itu. Kabarnya pelacakan ini dapat dilakukan hampir secara real time

Universitas John Hopkins mengklaim bahwa data-data tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber, di antaranya adalah WHO, US CDC (Centers for Disease Control and Prevention), European CDC, China CDC, dan Komisi Kesehatan Tiongkok (NHC). 

Untuk diketahui, sampai berita ini ditulis, dashboard itu mencatat ada 4474 kasus virus corona yang berhasil dikonfirmasi. Kasus itu menyebar di beberapa negara, mulai dai Tiongkok. Australia, Thailand, Nepal, Sri Lanka hingga Jerman dan Kanada. Kamu bisa melihat dahsboard tersebut melalui tautan ini.

Share
×
tekid
back to top