sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Kamis, 16 Mar 2023 15:53 WIB

AS minta TikTok jual sahamnya atau diblokir

Pemerintah Amerika Serikat berencana untuk melarang TikTok di AS jika pemiliknya, ByteDance, tidak menjualnya.

AS minta TikTok jual sahamnya atau diblokir

Amerika Serikat meminta perusahaan induk TikTok, ByteDance, untuk menjual aplikasinya ke AS atau akan diblokir dari negara tersebut. Ini melanjutkan ketegangan yang tidak ada habisnya antara Tiongkok dan AS. Perusahaan diminta untuk menjual sahamnya untuk dibuatkan versi AS.

TikTok menjadi salah satu aplikasi seluler paling populer di negara itu, mengumpulkan lebih dari 100 juta pengguna AS. Melarangnya akan berdampak langsung pada jutaan orang Amerika sehari-hari, dan menambah ketegangan yang signifikan di kedua negara tersebut.

Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS), badan pengatur yang meninjau investasi asing di AS, mengatakan kepada TikTok bahwa pemerintah berencana untuk melarang aplikasi tersebut di AS jika pemilik tidak menjualnya.

Tidak jelas bagi TikTok apa yang dimaksud CFIUS dengan membuat pemiliknya melepaskan saham mereka, mengingat sebagian besar saham ByteDance dimiliki oleh perusahaan investasi global, menurut sumber TikTok. CFIUS tidak memberikan perincian atau perintah tertulis.

Sumber itu mengatakan perusahaan ingin menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan ini dan akan terus berinvestasi dalam upaya keamanan data, seperti Project Texas, serangkaian langkah yang diambil TikTok bersama raksasa perangkat lunak AS Oracle untuk memisahkan fungsi dan kode backend operasi AS dari pemerintah Tiongkok. 

Menurut TikTok, divestasi tidak akan mengatasi masalah keamanan nasional pemerintah. Jika tujuannya adalah melindungi keamanan nasional, perubahan kepemilikan belum tentu akan mengubah arus data atau akses.

“Cara terbaik untuk mengatasi kekhawatiran tentang keamanan nasional adalah dengan perlindungan data dan sistem pengguna AS yang transparan dan berbasis di AS, dengan pemantauan, pemeriksaan, dan verifikasi pihak ketiga yang kuat, yang sudah kami terapkan," kata TikTok dikutip dari Axios (16/3).

TikTok dan AS memiliki latar belakang yang kurang baik sejak pemerintahan Trump. Pada 2020, aplikasi terancam diblokir dengan alasan masalah keamanan nasional. Padahal saat itu, TikTok adalah aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di AS, yang dipicu oleh lockdown karena pandemi.

Share
×
tekid
back to top