sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 08 Nov 2023 18:16 WIB

Apple tunda perilisan iOS 18 untuk fokus hilangkan bug

Setelah pengujian internal ditemukan banyak 'pelanggaran', atau bug, pada versi awal perangkat lunak yang akan datang.

Apple tunda perilisan iOS 18 untuk fokus hilangkan bug
Source: Unsplash/Clement Helardot

Apple untuk sementara menghentikan pengerjaan fitur-fitur baru untuk pembaruan iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan visionOS yang akan datang. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa fokus dalam menghilangkan bug.

Dilansir dari Neowin (8/11), Software Engineering Chief Craig Federighi memerintahkan jeda satu minggu dalam pengembangan minggu lalu, setelah pengujian internal mengungkapkan terlalu banyak 'pelanggaran', atau bug, pada versi awal perangkat lunak.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, semua pengembang Apple yang mengerjakan pembaruan perangkat lunak tahun depan ditugaskan untuk memperbaiki masalah ini dan meningkatkan kinerja daripada menambahkan kemampuan baru.

Jeda ini memengaruhi rilis sistem operasi dengan nama kode 'Crystal' untuk iOS 18 dan iPadOS 18, 'Glow' untuk macOS 15, 'Moonstone' untuk watchOS 11, dan visionOS untuk headset Apple Vision Pro yang akan datang.

Di bawah Federighi, perusahaan telah mengadopsi proses baru seperti 'feature flags' untuk menangkap bug lebih awal dan 'The Pact' untuk menghilangkan regresi.

Namun, seiring dengan berkembangnya proyek perangkat lunak menjadi lebih kompleks dengan ribuan pengembang, beberapa masalah masih melalui pengujian internal.

"Dengan ribuan karyawan Apple yang bekerja pada berbagai sistem operasi dan perangkat — yang harus bekerja sama secara lancar — gangguan mudah muncul. Ini adalah masalah ketika 10.000 orang mengetik kode dan benar-benar merusak sistem operasi,” kata sumber Apple yang tidak dikenal.

Share
×
tekid
back to top