sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 05 Okt 2022 16:49 WIB

Apple tidak akan sematkan fitur Touch ID ke iPhone terbaru

Touch ID merupakan salah satu fitur ikonik dari iPhone yang telah dihilangkan Apple sejak beberapa tahun yang lalu.

Apple tidak akan sematkan fitur Touch ID ke iPhone terbaru

Apple saat ini diprediksi tengah mempertimbangkan keputusan untuk menghidupkan kembali Touch ID yang sempat menjadi salah satu fitur ikonik di perangkat iPhone. Fitur ini telah dihilangkan sejak beberapa tahun lalu oleh perusahaan. 

Sebagai gantinya, Apple menghadirkan fitur baru yakni Face ID untuk ponsel iPhone mereka. Meski mempunyai sejumlah kekurangan dan kelebihan, perusahaan tampaknya masih akan mempertahankan fitur Face ID pada smartphone mereka untuk beberapa generasi mendatang. 

Setelah digantikan oleh fitur Face ID, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini sempat beberapa kali dikabarkan bakal membawa kembali fitur Touch ID ke jajaran iPhone miliknya. Terbaru, sebuah laporan dari Bloomberg mengungkap fitur Touch ID sekarang telah menjalani pengujian dari Apple. 

Melalui buletin ‘Power On’ di Bloomberg, analis Mark Gurman mengatakan, Apple telah menguji coba fitur Touch ID di bawah layar untuk iPhone. Uji coba ini juga akan menambahkan Touch ID ke tombol power seperti yang terdapat di iPad Air 4. 

“Pada titik ini, saya percaya Face ID akan tetap ada dan Touch ID tidak akan kembali ke iPhone andalan - setidaknya kapan saja di masa mendatang," tulis Gurman, dilansir dari Apple Insider (5/10).

Hal ini mengisyaratkan fitur Touch ID tidak akan terwujud untuk perangkat iPhone terbaru dalam waktu dekat. Dengan kata lain, iPhone 15 Series kemungkinan masih akan mengandalkan fitur Face ID dan belum memperoleh fitur Touch ID. 

Gurman juga meyakini fitur Touch ID tidak akan hadir pada smartphone flagship besutan Apple di masa depan. Perusahaan kemungkinan akan menggunakan tombol power dengan Touch ID untuk ponsel iPhone versi low-end seperti seri iPhone SE

Sebagai informasi, Touch ID pertama kali muncul pada iPhone 5s dan terus digunakan oleh perusahaan hingga tahun 2016. Apple kemudian mengalihkan fitur Touch ID ke Face ID pada perangkat iPhone X yang meluncur di tahun 2017. 
 

Share
×
tekid
back to top