Apple siapkan teknologi agar audio Animoji makin pintar

Isi dari paten baru Apple menunjukkan konsep teknologi yang memungkinkan pengguna iPhone bersuara saat menggunakan fitur Animoji. 

Apple siapkan teknologi agar audio Animoji makin pintar (Foto: TechnoBuffalo)

United States Patent and Trademark Office (USPTO) menerbitkan aplikasi paten yang diajukan Apple pada Februari. Isi dari paten itu menunjukkan konsep teknologi yang memungkinkan pengguna iPhone bersuara saat menggunakan fitur Animoji. 

Sebagai contoh, jika pengguna menggonggong, maka gonggongan anjing akan muncul dari speaker. Namun, audio yang muncul bukan suara asli pengguna, melainkan gonggongan anjing yang asli sebagai pengganti. Ini merupakan salah satu dari tiga opsi yang ditawarkan dalam paten itu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple bakal patenkan istilah Slofie

Apple dan Disney berpotensi merger di tangan Steve Jobs

Apple daur ulang logam langka untuk produksi Taptic Engine


Paten berjudul Voice Effects Based on Facial Expressions itu juga menampilkan fitur di mana teknologi Apple mampu menangkap video dari wajah pengguna serta audio apa pun. Hasil dari kombinasi itu akan ditampilkan dalam bentuk avatar virtual. Pada intinya, paten itu akan diimplementasikan untuk fitur Animoji yang mulai diperkenalkan di iPhone X.

Konsep lain yang ditawarkan dalam paten itu, yakni gerakan wajah pengguna yang direkam secara bersamaan dengan audionya. Sebagai gambaran dari konsep ini, layar menunjukkan avatar virtual yang meniru gerakan wajah dan audio yang disinkronkan dengan efek khusus terkait dengan avatarnya.

Konsep ketiga menunjukkan gerakan wajah pengguna yang direkam. Namun, dalam konsep ini pengguna mengatakan sesuatu dari daftar yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, pengguna bersuara seperti anjing. Layar iPhone akan menunjukkan avatar virtual pengguna, namun speaker akan memutar gonggongan anjing asli.

Dilansir Phone Arena (26/11), paten itu juga mencakup kemungkinan teknologi yang menerjemahkan ekspresi wajah tertentu yang dibuat pengguna ke dalam kata-kata. Belum jelas apakah paten itu akan benar-benar diaplikasikan pada Animoji di masa mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: