sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 24 Agst 2022 14:32 WIB

Apple resmi tunda peluncuran iPadOS 16

Kendati dirilis secara terpisah, nantinya iPadOS 16 akan membawa sejumlah keunggulan yang dikhususkan untuk perangkat iPad.

Apple resmi tunda peluncuran iPadOS 16

Apple dilaporkan bakal menunda perilisan sistem operasi terbaru untuk perangkat tablet mereka yakni iPadOS 16. Beberapa bocoran sebelumnya menyebut, perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino ini tidak akan merilis iPadOS 16 dan iOS 16 secara bersamaan. 

Berdasarkan rumor yang ada, perilisan sistem operasi iPadOS 16 nantinya baru akan dilakukan setelah perusahaan terlebih dulu meluncurkan iOS 16. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Apple. Mereka mengungkap, iPadOS 16 baru akan dirilis berselang satu bulan setelah peluncuran iOS 16. 

Menurut informasi yang diperoleh dari Techcrunch (24/8), nantinya sistem operasi khusus untuk perangkat iPad ini akan langsung dirilis ke versi iPadOS 16.1 ke seluruh pengguna. Dengan kata lain, iPadOS 16.1 akan meluncur bersamaan dengan pembaruan yang ada di iOS 16. 

“Ini adalah tahun yang sangat besar bagi iPadOS. Sebagai platformnya sendiri dengan fitur yang dirancang khusus untuk iPad, kami memiliki fleksibilitas untuk menghadirkan iPadOS sesuai jadwalnya sendiri. Musim Gugur ini, iPadOS akan dikirimkan setelah iOS, sebagai versi 16.1 dalam pembaruan perangkat lunak gratis,” ungkap pihak Apple kepada Techcrunch. 

Menurut Techcrunch, meski sistem iOS dan iPadOS dibangun berdasarkan kerangka yang sama, perusahaan tampaknya mulai membedakan kedua sistem operasi ini untuk kedepannya. Bahkan, Apple mengakui jika iPadOS 16 akan membawa sejumlah keunggulan yang dikhususkan untuk perangkat iPad. 

Lebih lanjut, inti pembaruan dari software iPadOS 16 ini adalah Stage Manager, yang menawarkan multitasking menjadi lebih mudah dengan fitur beralih antar aplikasi. Sayangnya, fitur ini disebut belum sempurna untuk digunakan secara global dan membuat perusahaan memutuskan untuk menunda perilisan iPadOs 16. 

Sementara itu, Apple sekarang resmi meluncurkan sistem operasi iPadOS 16.1 versi beta untuk sejumlah pengembang yang terdaftar. Ini dihadirkan agar pengembang dapat mempelajari sistem operasi terbaru iPadOS 16 dan menyesuaikannya dengan aplikasi yang mereka buat. 

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak perusahaan mengenai kapan perilisan sistem operasi iOS 16 ataupun iPadOS 16. Namun, kemungkinan iOS 16 akan dirilis bersamaan dengan peluncuran smartphone terbaru Apple yakni iPhone 14 pada September mendatang. 
 

Share
×
tekid
back to top