sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 22 Sep 2022 12:23 WIB

Apple pindahkan 25% produksi iPhone ke India pada 2025

Apple tampaknya ingin memindahkan produksi iPhone mereka ke wilayah India secara bertahap dari Tiongkok.

Apple pindahkan 25% produksi iPhone ke India pada 2025

Jika selama ini produksi perangkat Apple hampir keseluruhannya dilakukan di Tiongkok, kini perusahaan berupaya melakukan diversifikasi untuk membuat rantai pasokannya menjadi lebih tangguh. Apple secara bertahap mulai mengurangi ketergantungan mereka dari negara Tiongkok dengan mulai memindahkan produksi perangkat ke sejumlah wilayah lain, seperti Vietnam dan India. 

Dilansir dari GSMArena (22/9), laporan dari seorang analis JP Morgan mengklaim, Apple akan memindahkan 25 persen produksi iPhone global ke India. Rencana ini diprediksi akan direalisasikan perusahaan asal Cupertino tersebut pada 2025 mendatang. 

Saat ini Apple diketahui mulai memindahkan produksi sejumlah perangkatnya ke wilayah lain. Sementara itu, Apple diperkirakan bakal memproduksi perangkat iPhone 14 Series di India dengan total 5 persen dari seluruh kebutuhan global pada akhir 2022. 

Apple dilaporkan telah membangun basis produksi di India sejak 2017 melalui hasil kerja sama mereka dengan Wistron. Ini dimulai dengan produksi iPhone SE pertama serta iPhone 12 Series yang dikhususkan untuk pasar lokal di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, produksi iPhone 13 Series untuk basis di India telah dimulai pada April lalu melalui tanggung jawab Foxconn. Sedangkan untuk seri terbaru yakni iPhone 14 Series, Foxconn diperkirakan mulai memproduksi perangkat terbaru itu pada beberapa pekan mendatang. 

“Vendor Taiwan seperti Hon Hai dan Pegatron memainkan peran kunci dalam relokasi ke India. Dalam jangka menengah hingga panjang, kami juga mengharapkan Apple untuk memenuhi syarat pemasok manufaktur lokal India,” klaim analis JP Morgan, dikutip dari GSMArena. 

Perlu diketahui, Grup Tata dilaporkan tengah berada dalam pembicaraan dengan Wistron untuk mendirikan usaha patungan dengan tujuan memproduksi handset iPhone di India. Melalui kesepakatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk memproduksi handset iPhone hingga lima kali lipat dibanding output saat ini. 
 

Share
×
tekid
back to top