Apple akhirnya pakai modem 5G dari Qualcomm

Apple dan Qualcomm setuju untuk menghentikan proses hukum di antara mereka. Keduanya sepakat untuk kerjasama.

Apple akhirnya pakai modem 5G dari Qualcomm

Selasa (16/4), Qualcomm dan Apple mengumumkan kesepakatan untuk menghentikan perselisihan hukum di antara mereka. Kesepakatan tersebut termasuk pembayaran Apple kepada Qualcomm.

Kesepakatan yang paling menggembirakan adalah, kedua perusahaan bersepakat untuk bekerjasama selama enam tahun. Perjanjian ini efektif per 1 April 2019.


BACA JUGA

Simpang siur bahaya radiasi jaringan 5G

Goda Apple, Huawei tawarkan modem 5G untuk iPhone

Dokter di China andalkan koneksi 5G untuk operasi jarak jauh


Kesepakatan ini pun meruntuhkan spekulasi, modem 5G iPhone 2019 bakal dibuat oleh Intel. Artinya, Qualcomm lah yang akan mengakomodasi hadirnya jaringan 5G di iPhone 2019 ini.

Dilansir dari Venturabeat (16/4), CEO Intel, Bob Swan, mengatakan bahwa mereka memang tidak mampu bersaing di ranah modem smartphone. Masih dinukil dari laporan yang sama, kurang dari dua minggu lalu, Intel melaporkan menemui masalah dalam program pengembangan modem 5G mereka.

Dengan meninggalkan bisnis modem 5G smartphone, bisnis ini pun menyisakan empat petarung. Qualcomm sebagai pemimpin pasar, Huawei, MediaTek, dan Apple sendiri siap mengembangkan modem mereka sendiri. Meski begitu, Apple kemungkinan beum bisa mewujudkannya dalam waktu dekat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: