sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
Jumat, 27 Mar 2020 18:33 WIB

Apple akan terapkan desain notch di iMac dan MacBook

Hal ini dapat memungkinkan pengguna Mac tidak harus memasukkan password dan user name ke situs-situs tertentu dan dapat memungkinkan iMac membawa fitur seperti Memoji dan Animoji di masa mendatang.

Apple akan terapkan desain notch di iMac dan MacBook

Notch pada layar memulai debutnya pada Apple iPhone X yang diperkenalkan pada tahun 2017 lalu. Perusahaan tersebut tampaknya akan menghadirkan notch ke perangkat komputer, termasuk seri laptop MacBook dan desktop iMac. Dilansir dari Digital Trends (27/3), pengajuan paten Apple dengan Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat dari Septembar 2019 mengungkapkan desain komputer dengan “modul otentikasi biometrik” yang dibuat di bagian notch pada layar komputer.

Apple menggambarkan bagaimana sistem biometrik akan terlihat pada laptop dan desain desktop all-in-one, menunjukkan kedudukan yang tidak berbeda dengan desain pada jajaran ponsel mereka. Namun, Apple mengatakan bahwa modul pengenalan cahaya untuk mendeteksi pengguna dapat ditempatkan dalam “notch, lingkaran, elips, bentuk poligonal, bentuk melengkung, atau sejenisnya.”

Seperti modul Face ID yang ada di iPhone, sistem biometrik akan menggunakan sistem pola cahaya yang terdiri dari lampu dan sensor IR, dot projector, dan kamera. Selain itu, demi tingkat ergonomis dan untuk melakukan otentikasi pengguna secara akurat, bagian notch dapat berputar, sehingga pengguna tidak perlu menyesuaikan layar komputer untuk mendapatkan pengenalan wajah yang akurat.

Meski pengajuan dilakukan pada bulan September tahun lalu – lebih dari setahun setelah model iPad Pro 2018 dengan Face ID diluncurkan – menarik untuk melihat Apple memaksakan kehendak untuk menempatkan notch agar dapat menampung modul pemindaian biometrik. Pada model iPad Pro 2018, Apple telah membuat kamera dan sensor Face ID ke bagian bezel hitam agar tablet dapat digunakan dalam orientasi potret atau lanskap.

Mendesain modul Face ID ke dalam modul layar memungkinkan Apple untuk menghilangkan desain notch pada tabletnya. Dan meskipun pengguna iMac dan MacBook tidak perlu mengubah tampilan menjadi orientasi potret, notch akan menyia-nyiakan ruang pada layar. Kelemahan utamanya adalah pengguna kreatif akan merasa notch tersebut menganggu, karena akan memotong konten di layar.

Jika Mac benar-benar menggunakan desain layar notch, maka kemungkinan Face ID berpotensi menggantikan modul Touch ID pada deck keyboard laptop Apple untuk melakukan otentikasi pengguna. Terlepas dari publikasi paten, masih belum jelas apakah Apple benar-benar menghadirkan notch dan Face ID ke desktop.

Hal ini dapat memungkinkan pengguna Mac tidak harus memasukkan password dan user name ke situs-situs tertentu dan dapat memungkinkan iMac membawa fitur seperti Memoji dan Animoji di masa mendatang.

Share
back to top