sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 10 Mar 2020 18:17 WIB

Apple akan gunakan prosesor ARM untuk generasi Mac 2021

Mantan eksekutif Apple, Jean-Louis Gassée memperkirakan produk tersebut akan hadir pada 2021 mendatang.

Apple akan gunakan prosesor ARM untuk generasi Mac 2021

Apple beberapa waktu yang lalu dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah komputer Mac yang akan datang dengan prosesor ARM. Dikabarkan, prosesor ini akan menjadi prosesor pengganti dari prosesor Intel yang selama ini mereka gunakan.

Belakangan ini, salah satu mantan eksekutif Apple, Jean-Louis Gassée ternyata memiliki pemikiran yang sama dengan rumor yang beredar. Dia mengatakan, Mac Pro yang didukung prosesor ARM secara teknis dimungkinkan berkat prosesor yang dapat bersaing dengan chip Xeon Intel, sambil mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Dia menyebut Apple secara teoritis dapat mentransisi semua Mac ke prosesor ARM, mulai dari Mac mini ke MacBook Pro dan iMac. Meski awalnya skeptis, namun dia melihat prosesor ARM Ampere kini dapat bersaing dengan prosesor Xeon Intel yang kuat, sambil mengkonsumsi hampir setengah daya.

“Prosesor ARM ini hanya akan memakan daya sekitar 210 watt, sedangkan CPU Xeon membutuhkan sebanyak 400 watt untuk jumlah daya komputasi yang kira-kira sama,” kata Jean, seperti dikutip dari laman Wccftech (9/3/2020).

Pengakuan ini semakin diperkuat dengan pernyatan analis Ming-Chi Kuo baru-baru ini. Dia meramalkan bahwa Apple sedang mengerjakan Mac yang didukung ARM, yang diperkirakan akan dirilis pada tahun 2021. 

Perangkat tersebut kemungkinan akan didasarkan pada chip B14 A14, yang kemungkinan akan didasarkan pada arsitektur FinFET 5nm. Chip A12X pada iPad Pro 2018 secara langsung dapat bersaing dengan prosesor Intel 6-inti dalam MacBook Pro 15-inci.

iPad Pro mencetak skor 17995 poin di Geekbench. Jika dibandingkan dengan prosesor Intel Core-i9 6-core yang mencetak 21251, perbedaannya bisa dibilang tidak terlalu jauh. Daya yang diperlukan juga jauh lebih kecil.

Sayang, hingga saat ini pihak Apple masih belum mau berkomentar mengenai rumor tersebut.

Share
×
tekid
back to top