sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 02 Des 2022 11:05 WIB

Aplikasi baru iOS bisa ubah foto jadi model 3D

Epic meluncurkan aplikasi RealityScan untuk iOS yang memungkinkan pengguna memindai objek dunia nyata melalui kamera menjadi model 3D.

Aplikasi baru iOS bisa ubah foto jadi model 3D

Epic Games meluncurkan aplikasi RealityScan untuk iOS. Aplikasi gratis yang sebelumnya tersedia dalam versi beta tertutup ini memungkinkan siapa saja memindai objek dunia nyata dengan ponsel mereka dan mengubahnya menjadi model 3D fidelitas tinggi.

Dilansir dari Engadget (2/12), RealityScan adalah hasil dari akuisisi Epic terhadap Capturing Reality, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam perangkat lunak fotogrametri. Seperti perangkat lunak desktop perusahaan, RealityScan menggabungkan gambar 2D untuk membuat aset 3D mulus untuk gim dan lingkungan virtual lainnya. 

Tujuan dari aplikasi ini khususnya adalah memungkinkan pengembang gim dan materi iklan lainnya memindai objek dunia nyata kapan saja dan di mana saja untuk proyek mereka. Penggunaan aplikasi juga mungkin akan semakin penting apabila difungsikan untuk pembuatan metaverse.

Proses kerja RealityScan

Proses pemindaian dimulai dengan masuk ke akun Epic Games dan potret setidaknya 20 foto objek dari berbagai sisi. Saat ponsel digerakkan, peta real-time akan menunjukkan area dengan tiga warna berbeda: hijau menandakan area tercakup dengan baik, kuning perlu ditambah lagi dan merah membutuhkan foto tambahan paling banyak. 

Aplikasi meng-upload dan secara otomatis menyelaraskan gambar di cloud saat mengambil foto. Pengguna dapat mempratinjau model melalui tampilan kamera dan beralih antara peta kualitas dan render penuh warna yang sedang berlangsung. 

Setelah foto dari segala sisi sudah didapat, akan muncul pegangan dalam gambar secara 3D untuk memisahkan objek dengan latar belakang. Pengguna dapat mengekspor objek ke Sketchfab (platform aset 3D yang dibeli Epic tahun lalu) untuk lebih lanjut menggarapnya sebagai proyek 3D, realitas virtual, dan lain-lain.

RealityScan tersedia untuk iOS dan iPadOS di App Store sebagai aplikasi gratis. Sebelumnya, Epic mengatakan versi Android akan tiba akhir tahun ini.

 

Share
×
tekid
back to top