Android Ice Cream Sandwich akhirnya pensiun

Tujuh tahun lalu, Google menghadirkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, dan sekarang sistem operasi tersebut dipastikan akan pensiun.

Android Ice Cream Sandwich akhirnya pensiun Source: Ubergizmo

Google resmi mengumumkan akan menghentikan dukungan pada sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Ke depannya, ponsel dengan sistem operasi ini tidak akan mendapatkan update lagi dari Google, baik aplikasi Google dan Google Play Services.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich merupakan sistem operasi yang dirilis Google pada 2011. Kala itu sistem operasi ini menjadi penerus dari Android Honeycomb. Kala itu Ice Cream Sandwich membawa beberapa update segar ke perangkat Android.


BACA JUGA

OS Fuchsia mulai diuji di Honor Play

Akhir 2018, Android Pie akan ada di lebih banyak ponsel

Google luncurkan fitur untuk backup secara manual


Beberapa update paling kentara yang kala itu ditawarkan Google adalah kemampuan kamera ponsel untuk mengambil gambar panorama, dan fitur Data Usage. Data Usage memungkinkan sistem Android untuk memutus jaringan internet ketika batas wajar pemakaian sudah terpenuhi. Tak hanya itu, Android 4.0 juga memiliki kemampuan untuk menutup aplikasi dengan gesture swipe dari recent apps, fitur edit foto yang terintegrasi dan Wi-Fi Direct.

Tujuh tahun sudah Android 4.0 eksis di perangkat Android. Google menghentikan dukungan terhadap sistem operasi ini menyusul semakin meningkatnya versi API (application programming interface) saat ini.

Perlu diketahui, saat ini versi API Android sudah mencapai API 28. Sementara sistem operasi Ice Cream Sandwich paling mutakhir hanya menggunakan versi API 15.

“Android Ice Cream Sandwich (ICS) sudah berusia tujuh tahun dan perangkat aktif dengan sistem operasi ini hanya berjumlah kurang dari 1 persen saat ini.” ujar perwakilan Google, sebagaimana dilaporkan oleh Ubergizmo (7/12).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: