sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Rabu, 05 Jun 2024 19:58 WIB

Android 15 hadirkan pengalaman audio yang lebih imersif

Konsep dibalik audio spasial melibatkan trik perangkat lunak yang memproses suara agar terdengar seolah-olah berasal dari berbagai arah.

Android 15 hadirkan pengalaman audio yang lebih imersif

Google berupaya untuk menghadirkan pengalaman audio yang lebih imersif melalui Android 15, menjanjikan peningkatan signifikan dalam teknologi audio spasial. Teknologi ini memanipulasi suara untuk menciptakan pengalaman audio multi-arah, sehingga suara yang didengar pada perangkat mobile seolah-olah berasal dari berbagai arah, meningkatkan kualitas pengalaman mendengarkan.

Dikutip dati Phone Arena (5/6), konsep dibalik audio spasial melibatkan trik perangkat lunak yang memproses suara agar terdengar seolah-olah berasal dari berbagai arah. Ini berarti suara dalam film atau acara TV tidak lagi terbatas pada saluran kiri dan kanan headphone. Sebaliknya, suara dapat terdengar berasal dari atas, bawah, atau bahkan belakang Anda, menambah kedalaman dan realisme pada audio.

Teknologi audio spasial terus berkembang. Audio spasial statis, yang saat ini tersedia di sebagian besar perangkat audio berkabel dan nirkabel, menambatkan suara ke pendengar. Artinya, suara yang berasal dari kiri akan selalu terdengar dari kiri, terlepas dari bagaimana Anda menggerakkan kepala. Namun, audio spasial dinamis membawa teknologi ini lebih jauh.

Suara diikat pada lingkungan, bukan pada pendengar, menciptakan pengalaman yang lebih imersif di mana suara tetap stasioner relatif terhadap aksi di layar, bahkan saat Anda bergerak.

Dalam konferensi Google I/O bulan lalu, diumumkan bahwa Android 15 akan memperkenalkan audio spasial dinamis melalui Bluetooth LE Audio. Ini merupakan peningkatan signifikan karena mengonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan dengan Bluetooth Classic Audio. Artinya, Anda dapat menikmati pengalaman audio seperti di bioskop tanpa menguras baterai perangkat Anda.

Fungsi yang ditingkatkan ini di Android 15 dapat mengubah cara Anda mengonsumsi media di ponsel. Bayangkan menonton konser di perangkat Anda dan merasa seolah-olah Anda berada di tengah kerumunan, atau bermain game di mana efek suara bergerak di sekitar Anda, menambah lapisan baru pada keimanan.

Dengan peluncuran Android 15, kita bisa mengantisipasi gelombang baru pengalaman audio pada perangkat mobile kita. Dengan audio spasial yang ditingkatkan dan dukungan untuk Bluetooth LE Audio, ponsel Android Anda bisa segera menjadi bioskop pribadi, menghadirkan pengalaman audio yang imersif yang menyaingi bioskop terbaik.

Tag
Share
×
tekid
back to top