7 langkah scan dokumen di iOS atau Android

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Tanpa menggunakan scaner lagi, Anda bisa memindai dokumen secara mandiri.

Meski tampaknya sekarang kita makin jarang menggunakan kertas, tapi tetap saja dokumen kertas masih penting. Kontrak kerja, invoice, dan segala jenis dokumen kantor masih menggunakan kertas.

Untuk memudahkan kita mendokumentasikan dokumen-dokumen tersebut, ternyata kita bisa gunakan smartphone kita. Cara ini bisa dipakai di smartphone Android dan iOS. Namun kali ini, ilustrasi yang kami pakai adalah menggunakan iPhone.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google Recorder bisa ubah suara jadi teks, ini cara mendapatkannya

Tips memulai bisnis online ala Sribu

Cara tunda update Windows 10 selama 35 hari


1. Download CamScanner

Pertama-tama, Anda bisa mengunduh aplikasi CamScanner di App Store maupun Google Play Store. Aplikasi ini bebas untuk diunduh, alias gratis.

2. Pilih foto

Anda bisa memilih foto dari penyimpanan internal Anda. Tinggal pilih dokumen yang ingin di-scan. Anda pun bisa mengambil foto dokumen tersebut.

3. Cara ubah foto jadi scan

Dalam metode kali ini, kami ingin mengubah foto biasa menjadi dokumen scan. Caranya, ambil foto dengan fitur yang disediakan CamScanner.

4. Crop bagian pentingnya

CamScanner memberikan fitur untuk memotong foto. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk menyeleksi bagian penting yang akan dipindai saja.

5. Ubah filter warna

Setelah selesai memotong gambar, Anda bisa memilih filter yang sesuai. Biasanya filter yang berguna adalah Magic Color.

6. Tambahkan dokumen atau langsung kirim

Selesai menambahkan filter, Anda akan diarahkan untuk menambah foto yang akan di scan lagi. Kalau tidak perlu tinggal klik ikon email untuk mengirim hasilnya ke email Anda dalam format file JPEG maupun PDF.

7. Lihat hasilnya

Coba lihat hasil scan dari aplikasi tersebut. Terlihat jelas dan mudah terbaca bukan?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: