5 Aplikasi penting untuk pulang mudik lebaran

Pada masa mudik lebaran tentunya kita membutuhkan aplikasi yang bisa memudahkan perjalanan. Inilah 5 aplikasi yang dapat berguna untuk Anda.

5 Aplikasi penting untuk pulang mudik lebaran Source: Pexels

Untuk masa-masa pulang mudik lebaran seperti sekarang ini, tentunya Anda membutuhkan aplikasi yang memudahkan Anda dalam perjalanan. Nah, kami telah merangkum 5 aplikasi penting yang dapat berguna untuk Anda saat pulang mudik lebaran.

1. Jasamargalive


BACA JUGA

Shazam kini bisa identifikasi lagu yang diputar di smartphone

Segera ganti password Canva Anda, data-datanya dicuri hacker

Pengguna Android bisa bagi judul film Netflix ke Instagram Stories


Aplikasi resmi PT. Jasamarga ini menyediakan fitur streaming CCTV yang bisa digunakan untuk melihat bagaimana keadaan jalan yang akan mereka lalui. Selain itu, Jasamargalive juga menyediakan informasi lalu lintas yang berguna bagi para pengguna untuk mengetahui apakah terdapat kemacetan atau terdapat kecelakaan di jalan.

Aplikasi ini juga turut menghadirkan informasi tarif ruas jalan tol, sehingga membuat Anda bisa menyiapkan uang pas atau mengisi e-toll dengan jumlah yang cukup. Tak ketinggalan, aplikasi ini juga menghadirkan peta jalanan yang tentunya akan memudahkan perjalanan mudik para penggunanya.

2. Waze

Waze menjadi salah satu aplikasi yang cukup terkenal untuk para pengendara. Pasalnya aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk para penggunanya dalam perjalanan. Seperti menyediakan rute langsung berdasarkan komunitas pengendara sehingga Anda bisa mengetahuo informasi lalu lintas secara real-time dari pengendara yang melewati jalan tersebut.

Pengguna juga bisa memasukkan plat nomor mereka untuk mengetahui rute terlarang yang terdapat ganjil-genap. Waze juga memungkinkan pengguna mendapatkan peringatan laporan adanya kecelakaan, bahaya, razia polisi, dan penutupan jalan. Bahkan, pengguna juga bisa mengetahui dimana SPBU terdekat dalam rute mereka. Tentunya, Waze juga menyajikan navigasi yang disertakan pengalihan rute secara otomatis saat kondisi jalan berubah.

Ini adalah gambar dari dua orang yang sedang mengendarai motor

Source: Pexels

3. KAI Access

Aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia ini tidak hanya berguna untuk penjualan tiket, tapi juga menghadirkan fitur-fitur berguna untuk para penumpangnya. Seperti Cancel Ticket yang memungkinkan Anda tidak perlu lagi mengantri atau datang ke loket untuk melakukan pembatalan pembelian tiket. Jadi refund akan langsung ditransfer ke rekening Anda yang terdaftar 30 hari setelah proses cancel dilakukan. Bahkan fitur ini bisa digunakan meskipun Anda melakukan pembelian tiket di agent resmi PT KAI.

Anda juga bisa merubah jadwal tiket dari aplikasi ini, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung ketika mendadak harus mengubah jadwal perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian tiket kereta api 1 jam sebelum keberangkatan dengan aplikasi ini. Tak ketinggalan, aplikasi ini juga menyediakan fitur e-boarding pass. Fitur ini memungkinkan pengguna agar tidak perlu lagi mengantri untuk mencetak boarding pass pada mesin CIC (Check In Counter).

4. DAMRI Apps

Aplikasi resmi Perum DAMRI ini memungkinkan penggunanya untuk memesan tiket secara mudah. Jadi Anda hanya perlu memasukkan terminal asal keberangkatan dan terminal tujuan, kemudian menetapkan tanggal keberangkatan beserta jumlah penumpang. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi rute DAMRI yang akan dilalui.

Bukan hanya itu, pengguna juga akan dimudahkan dalam metode pembayaran tiket. Anda bisa memilih pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, LinkAja!, dan GoPay. Oh iya, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi terupdate. Misalnya untuk mengetahui kelas apa saja yang tersedia, harga, dan sisa kursi yang masih tersedia.  

5. Google Maps

Aplikasi ini telah tersedia lebih dari 220 negara dan menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk para penggunanya. Seperti fitur navigasi GPS real-time, yang memungkinkan Anda mendapatkan navigasi rute dan pengubahan otomatis rute bila terdapat kecelakaan atau penutupan jalan. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan Anda menggunakan peta offline, yang bisa digunakan untuk mencari atau menavigasi tanpa koneksi internet.

Pengguna juga bisa mendapatkan rute bus, kereta, atau transportasi online yang tersedia untuk ke tempat tujuan Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya menemukan restoran, acara, dan aktivitas menarik dari minat penggunanya. Bahkan Google Maps juga menyediakan informasi terkait tempat yang sedang ngetren atau baru dibuka di daerah Anda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: