5 alasan kenapa Telegram X lebih enak dipakai

Aplikasi ini pertama kali hadir sebagai salah satu peserta kontes aplikasi pihak ketiga Telegram yang diselenggarakan CEO Telegram, Parel Durov.

5 alasan kenapa Telegram X lebih enak dipakai Source: Google

Aplikasi chatting saat ini sudah banyak ditemui di Google Play Store dan App Store. Masing-masing menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Bahkan pengembang aplikasi juga menyediakan aplikasi serupa dengan fitur sedikit berbeda. Misalnya, Telegram. 

Aplikasi asal Rusia ini juga hadir dengan aplikasi serupa bernama Telegram X. Perlu diketahui, aplikasi ini pertama kali hadir sebagai salah satu peserta kontes aplikasi pihak ketiga Telegram yang diselenggarakan CEO Telegram, Parel Durov. Nah, aplikasi ini kemudian diambil alih secara resmi oleh Telegram. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Telegram mau luncurkan mata uang kripto

Telegram siap rilis uang digital bertajuk Gram

Sekarang bisa kirim pesan Telegram tanpa suara


Lantas apa saja yang membedakan Telegram X dari Telegram biasa?

 

Lebih cepat dan lebih irit daya

Dalam blog resminya, Telegram menyebut bahwa Telegram X menawarkan kenyamanan penggunaan dan tentunya lebih gesit dari aplikasi Telegram biasa dan lebih mudah digunakan. Tidak hanya itu, aplikasi Telegram X juga diklaim lebih irit daya ketimbang aplikasi Telegram aslinya. 

 

Animasi yang lebih halus

Bagi pengguna Telegram yang beralih ke Telegram X, pasti akan langsung merasakan bagaimana efek animasi yang ditawarkan. Aplikasi ini tampil dengan motion yang lebih halus ketimbang Telegram biasa. Tidak hanya itu, tampilan di halaman utama juga berbeda. Telegram biasa hanya menampilkan kolom chat saja, namun di Telegram X, pengguna bisa melakukan swipe untuk menuju kolom Calls. 

 

Bisa mengintip isi chat room

Salah satu kelebihan lain yang ditawarkan Telegram X adalah kemampuan untuk mengintip isi chat room. Caranya dengan tekan dan tahan pada chat room yang ingin dilihat. Meski tidak semua isi chat room itu akan terlihat, namun cara ini mampu menampilkan seluruh isi pesan yang dapat dimuat dalam satu layar smartphone

 

Bebas Bubble

Kalau bubble dirasa mengganggu, Telegram X menawarkan opsi tanpa bubble. Dalam beberapa kondisi, opsi ini sangat memudahkan. Misalnya ketika ingin membaca channel tertentu. Tapi sayangnya, cara ini cukup membingungkan kalau digunakan di chat personal atau grup. Pasalnya, chat terima dan kirim selalu berada di sisi kiri. 

 

Bebas kustomisasi

Tidak seperti aplikasi Telegram asli, Telegram X menawarkan kontrol lebih kepada pengguna. Para pengguna dapat mengkustom tampilan Telegram X sesuai keinginan. Misalnya, dapat mengubah warna bubble, indikator pesan, hingga mengubah garis pembatas antar chat room. 

Semua itu dapat dilakukan di menu pengaturan. Kustomisasi ini bisa ditemukan di opsi Theme & Chat. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengubah emoji menjadi versi Apple, Google dan bahkan Microsoft. 

 

Saat ini Telegram X sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Dibandingkan dengan WhatsApp, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah keunggulan, misalnya kapasitas pengiriman data hingga 1,5GB. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: