sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Senin, 07 Agst 2023 15:00 WIB

Xiaomi Pad 6, paket lengkap cocok untuk kerja

Untuk menunjang tren work from anywhere, Xiaomi Pad 6 menawarkan paket lengkap bagi pekerja yang mobile.

Xiaomi Pad 6, paket lengkap cocok untuk kerja

Tren work from anywhere saat ini sedang digandrungi oleh para pekerja di Indonesia. Soalnya, hingga saat ini masih cukup banyak perusahaan yang mengadopsi sistem kerja hybrid dikarenakan efek dari pandemi.

Namun untuk mendukung tren yang satu ini, para pekerja membutuhkan sebuah perangkat yang ringkas namun tetap bertenaga. Laptop memang masih menjadi primadona. Namun di sisi lain, permintaan akan sebuah tablet Android pun tampaknya terus meningkat.

Melihat hal ini, Xiaomi meluncurkan sebuah tablet generasi terbaru mereka, yakni Xiaomi Pad 6 di Indonesia. Mereka menghadirkan sebuah perangkat yang memiliki performa tinggi meski memiliki ukuran kompak.

Desain yang ditawarkan di Xiaomi Pad 6 seakan ditujukan untuk para profesional muda. Body-nya dibuat menggunakan material metal yang membuatnya kokoh. Terdapat dua warna yang bisa kalian pilih, yakni warna hitam dan biru muda.

Pada bagian belakang, di pojok kiri atas terdapat housing kamera yang menjadi rumah bagi sebuah kamera beresolusi 13 MP. Sedangkan di pojok kiri bawah terdapat pogo pin yang berfungsi untuk menghubungkan tablet dengan keyboard eksternal.

Sedangkan di bagian depan, terdapat sebuah layar dengan panel IPS dengan ukuran 11 inci yang sudah mendukung HDR. Terdapat bezel yang cukup besar di sekeliling layar, namun tidak mengurangi kenyamanan saat penggunaan.

Terdapat juga kamera yang bersembunyi di bagian tengah kanan bezel, yang merupakan posisi optimal menurut kami. Soalnya, saat menggunakan tablet untuk bekerja, kita akan menggunakan perangkat ini secara lanskap. Jadi kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP ini berada di tengah atas.

Xiaomi Pad 6 juga dilengkapi dengan quad speaker yang sudah mendukung Dolby Atmos yang menawarkan pengalaman audio terbaik. Selain itu terdapat juga port USB Type-C di bagian bezel bawah perangkat.

Di bagian bezel atas terdapat tombol power, sementara di sisi kanan bezel terdapat tombol volume serta sebuah tempat untuk melakukan pengisian daya serta tempat “penyimpanan” Xiaomi Pen.

Layar lebar, asyik buat kerja dan nonton

Dibekali dengan layar 11 inci, Xiaomi Pad 6 menawarkan pengalaman penggunaan layaknya sebuah laptop. Ruang bekerjanya lebar, dikarenakan menggunakan resolusi 1800 x 2880 pixel, dimana lebih besar dibandingkan laptop dengan ukuran layar yang sama.

Panel IPS yang dihadirkan juga menawarkan warna yang sangat vibran, memberikan pengalaman visual yang menawan. Hal ini membuat pengalaman mengkonsumsi video jadi jauh lebih nyaman.

Ada beberapa pilihan refresh rate layar, dimana dapat secara manual disesuaikan oleh pengguna. Pengguna bisa memilih antara 60Hz, 90Hz, dan 144Hz, membuat pengalaman penggunaan jauh lebih smooth.

Untuk membuat pengalaman menonton video yang lebih baik, terdapat juga teknologi Dolby Vision Atmos. Selain itu, hadir juga teknologi HDR10 yang menawarkan tampilan warna yang lebih tajam dan hidup.

Tak ketinggalan, kehadiran quad speaker yang digabungkan dengan Dolby Atmos yang memiliki suara lantang dan jelas. Jadi, pengguna akan mendapatkan paket pengalaman lengkap untuk menemani waktu senggang.

Performa kece, baterai tahan seharian

Di dapur pacu, Xiaomi juga ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna. Mereka menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 800 series, dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB, serta hadir dengan pilihan kapasitas 128GB dan 256GB.

Untuk perangkat yang kami ulas, kami mendapatkan varian RAM 8GB dengan penyimpanan 256GB. Untuk SoC-nya, semua perangkat hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 870. Meski bukan SoC terbaru, namun perangkat ini masih sangat bisa diandalkan.

Berikut ini hasil benchmark yang telah kami lakukan:

benchmark

Jika dibandingkan dengan tablet sekelasnya, seperti Huawei MatePad 11 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865, performanya lebih baik. Tidak ada lagi yang mengganggu saat kami coba untuk melakukan editing video 4K dan melakukan ekspor ke 1080p

Xiaomi Pad 6 ini juga asyik saat diajak bermain gim. Kami mencoba beberapa gim, seperti PUBG, Honkai: Star Rail, Genshin Impact, ML, dan berbagai gim lainnya. Kami pun mencoba untuk memainkan di pengaturan grafis tertinggi, dan hasilnya dapat bertahan di 60 fps tanpa ada kendala yang berarti.

Dan untuk penggunaan baterai sendiri, dalam pengujian streaming video 1080p dengan refresh rate 144Hz, Xiaomi Pad 6 berhasil bertahan hingga 8 jam 54 menit. Sedangkan saat melakukan pengujian dengan PCMark, baterai 8840mAh yang ada di perangkat ini dapat bertahan hingga 18 jam 22 menit.

Untuk penggunaan harian, seperti mengetik, membaca eBook, dan lainnya, kami dapat menggunakan perangkat yang satu ini selama sekitar satu setengah hari sebelum akhirnya baterainya mencapai 20 persen, dengan keadaan Bluetooth dan WiFI selalu menyala dan menggunakan refresh rate 144Hz. Jadi kalau kalian hanya menggunakan tablet ini untuk bekerja, akan dapat bertahan seharian.

Sementar untuk pengisian daya, dengan menggunakan charger bawaan 33W  untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen membutuhkan waktu kurang dari 2 jam saja. Memang terasa tidak terlalu cepat, namun perlu diingat baterai yang dimiliki perangkat ini sangatlah besar.
 
Kamera mumpuni, setara smartphone mid-range

Untuk kamera sendiri, sebenarnya kamera yang disematkan oleh Xiaomi Pad 6 memiliki hasil yang setara dengan smartphone kelas mid-range. Hal ini cukup mengejutkan, karena biasanya sektor kamera sering kali dikesampingkan oleh vendor untuk perangkat tablet.

Di bagian belakang terdapat sebuah kamera beresolusi 13 MP, sedangkan di bagian depan terdapat kamera beresolusi 8MP. Keduanya pun memiliki fitur yang standar, namun tetap dapat menghasilkan gambar yang mumpuni.

Untuk hasil kamera belakang, saat berada di luar ruangan, hasil gambarnya cukup jernih. Sementara untuk di dalam ruangan, hasilnya juga tak terlalu mengecewakan. Hasil gambarnya detail, dan cukup mumpuni untuk diunggah ke media sosial.

Sedangkan kamera depannya memiliki hasil yang juga tak kalah jernih. Resolusi video yang ditawarkan oleh Xiaomi Pad 6 ada di 1080p 30fps, dimana menjadi sebuah nilai plus, dimana saat menggunakan laptop biasanya hanya dapat menampilkan video 720p.

Aksesori lengkap, menunjang segala kebutuhan

Untuk memberikan pengalaman bekerja yang lebih nyaman, Xiaomi juga menghadirkan beberapa perangkat pendukung. Kali ini, mereka memperkenalkan Keyboard yang sekaligus berfungsi sebagai soft case serta sebuah Smart pen.

Cara menghubungkan kedua perangkat ini pun cukup mudah. Untuk keyboard sendiri, kami hanya harus memasangkannya sesuai dengan petunjuk serta memastikan POGO Pin-nya terhubung dengan baik.

Sedangkan untuk Xiaomi Smart Pen, cara menghubungkannya dengan cara mengaktifkan Bluetooth di Xiaomi Pad 6, lalu tempelkan Smart Pen-nya di bagian bezel kanan yang memiliki tanda khusus. Lalu kedua perangkat terhubung dengan otomatis.

Pengalaman penggunaan keyboardnya pun cukup menyenangkan. Meski tidak sebesar laptop konvensional, namun kami tetap nyaman untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Namun yang paling membuat kami jatuh cinta kepada perangkat ini adalah saat bekerja di cafe dengan meja yang kecil. Kami tak memerlukan banyak penampang untuk dapat bekerja dengan nyaman.

Sementara untuk Xiaomi Smart Pen 2nd Gen sendiri, selama penggunaan, rasanya sangat sensitif, dalam arti positif. Saat kami gunakan, tidak ada lag sama sekali. Baterainya pun tahan lama dan bisa diisi ulang dengan menempelkannya di tablet.

Kesimpulan : Bisa gantikan keberadaan laptop

Memiliki performa yang mumpuni, layar lebar, baterai besar, dan kamera tak kalah ciamik, Xiaomi Pad 6 sangat cocok bagi mereka yang senang bekerja dimanapun. Jika dibandingkan dengan membawa laptop, perangkat yang satu ini jauh lebih ringan dan kompak.

Kehadiran keyboard dan Xiaomi Smart Pen 2nd Gen membuat pengalaman bekerja jadi lebih baik. Baterai besar juga menjadi sebuah nilai plus karena dapat digunakan seharian tanpa harus khawatir kehabisan daya.

Namun, absennya jaringan seluler dan pengisian daya yang hanya 33W menjadi dua hal yang harus diperhatikan. Ketergantungan penggunaan jaringan publik bisa menjadi celah keamanan tersendiri, serta pengisian daya yang tidak terlalu cepat bisa menjadi pertimbangan.

Xiaomi Pad 6 di pasar Indonesia akan dijual harga Rp4.999.000. Namun, dalam masa pre-order pada tanggal 8 hingga 14 Agustus, pengguna bisa membeli bundling dengan Xiaomi Smart Pen 2nd Gen atau Keyboard seharga Rp5.748.000, atau paket lengkap Xiaomi Smart Pen 2nd Gen dan Keyboard seharga Rp6.497.000 saja.

80
Xiaomi Pad 6
 
Keunggulan
  • Performa tinggi
  • Baterai tahan lama
  • Aksesoris lengkap
 
Kekurangan
  • Bezel cukup tebal
  • Tidak ada dukungan seluler
  • Charger kurang cepat

 

Share
×
tekid
back to top