sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Minggu, 02 Okt 2022 14:04 WIB

WD Black SN850X, SSD buat gamer sejati

Memiliki kecepatan yang sangat tinggi, WD Black SN850X menawarkan kecepatan yang cukup tinggi dengan harga yang cukup tinggi.

WD Black SN850X, SSD buat gamer sejati

Western Digital kembali menunjukkan dukungan mereka untuk para gamer antusias dengan meluncurkan salah satu SSD baru. Kali ini, mereka meluncurkan sebuah SSD NVMe baru yang mereka beri nama sebagai WD Black SN850X.

Seperti diketahui, jajaran WD Black merupakan jajaran penyimpanan super kencang yang ditujukan untuk para gamer sejati. Oleh karena itu, tak heran jika SSD WD Black SN850X menjadi incaran para gamer sejati.

Pada SSD yang satu ini, mereka menjanjikan kecepatan baca hingga 7300 MB/s dan kecepatan tulis hingga 6600 MB/s. Kecepatan ini merupakan kecepatan yang cukup tinggi mengingat perangkat yang satu ini masih menggunakan PCIe Gen 4.0 x4.

Mereka menggunakan flash 112-Layer BiCS5, yang mungkin bukan teknologi terbaru namun tetap saja terkencang di kelasnya. Sedangkan untuk pengontrol, mereka menggunakan pengontrol in-house.

SSD ini pun dilengkapi dengan heatsink untuk menjaga suhu SSD agar tetap maksimal. Tak ketinggalan, bukan hanya mendukung untuk digunakan di PC atau laptop, namun SSD ini juga sudah dioptimalkan untuk berjalan di PlayStation 5.

Dalam pengujian kali ini, kami akan menggunakan beberapa aplikasi benchmark. Yang pertama kami akan menggunakan CrystalDiskMark dan 3DMark Storage. Dan hasil yang kami dapatkan pun cukup mengejutkan.

 

 

 

 

Seperti yang dapat kalian lihat, WD juga memberikan fitur Game Mode untuk produk yang satu ini. Dan saat kami uji, ternyata memang terdapat peningkatan performa saat menggunakan atau tidak menggunakan mode tersebut.

Hasil kecepatan yang dimiliki oleh WD Black SN850X juga cukup kencang jika dibandingkan dengan beberapa SSD untuk gaming lainnya. Hal ini membuat pengalaman gaming kalian akan lebih menyenangkan.

Di sisi lain, heatsink yang terdapat di SSD ini juga terbilang cukup pendek, dimana sangat cocok digunakan baik di PC, laptop, maupun PS5. Meski demikian, suhu SSD ini cukup dingin jika dibandingkan dengan SSD lain dengan heatsink yang lebih besar.

Nah, bagi kalian yang ingin meminang WD Black SN850X, untuk varian 1TB, kalian harus mengeluarkan dana sekitar Rp2,6 juta. Sedangkan untuk varian 2TB, kalian harus merogoh kocek Rp5,6 juta.

80
WD Black SN850X
 
Keunggulan
  • Kencang
  • Sudah menggunakan heatsink
  • Punya Game Mode
 
Kekurangan
  • Masih menggunakan PCIe 4.0
  • Harga cukup tinggi
  •  

 

Share
×
tekid
back to top