sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 03 Nov 2022 09:35 WIB

WD Black P40, cocok buat gamer yang suka jalan-jalan

Bagi kalian gamer yang suka berpindah tempat atau memiliki konsol gim, WD Black P40 menawarkan portabilitas dan kecepatan SSD yang sangat tinggi.

WD Black P40, cocok buat gamer yang suka jalan-jalan

Saat ini, penggunaan SSD eksternal semakin marak digunakan oleh pengguna laptop di Indonesia. Soalnya, saat ini banyak orang yang ingin menambah kapasitas laptop tanpa mau repot membongkar perangkat mereka.

Begitu juga para gamer, apa lagi bagi mereka yang sering kali harus berpindah lokasi, atau mereka pengguna konsol gaming. Memiliki sebuah SSD eksternal super kencang merupakan sebuah keharusan.

Nah, Western Digital baru saja meluncurkan sebuah SSD eksternal super kencang untuk para gamer yang bernama WD Black P40. SSD ini dilengkapi oleh port USB Type-C 3.2 Gen 2x2. Secara teori, kecepatan transfer data yang didukung mencapai 2500 MB/s atau sekitar 20 Gb/s.

Dalam paket penjualan, kalian akan mendapatkan perangkat WD Black P40, sebuah kabel Type-C to C, dan sebuah adaptor Type-C to Type-A. Dan perlu diingat, untuk mendapatkan performa terbaik, kalian harus memiliki laptop atau PC dengan port USB Type-C 3.2 x2.

Selama pengujian, kami menggunakan beberapa laptop dengan pengaturan port yang berbeda. Kami menggunakan beberapa port berbeda selama pengujian. Dan inilah hasil yang kami dapatkan selama pengujian.

 

 

Seperti dapat dilihat, dalam pengujian menggunakan USB Type-A 3.0, kami hanya bisa mendapatkan hasil di kecepatan di kisaran 549MB/s. Hal ini wajar mengingat kecepatan yang ditawarkan oleh USB tipe ini adalah di 5 Gb/s (gigabit) atau sekitar 625 MB/s (megabyte).

Jadi, jika kalian hubungkan dengan konsol PlayStation atau Xbox, kecepatan yang akan kalian dapatkan akan ada di kisaran angka tersebut.

Sedangkan saat kami coba menggunakan USB Type-C 3.1, kecepatan yang ditawarkan meningkat ke angka 1109 MB/s. Nah untuk kontroler ini mendukung kecepatan hingga 1250 MB/s atau 10 Gb/s.

Terakhir, untuk penggunaan di USB Type-C 3.2 x2, kami mendapatkan kecepatan di angka 1988 MB/s. Kecepatan ini mendekati kecepatan yang dijanjikan oleh WD, yakni 2000 MB/s atau sekitar 16 Gb/s.

Selain kecepatan dan portabilitas, WD Black P40 juga dilengkapi dengan lampu LED. Kalian bisa mengkostumisasi lampu SSD tersebut sesuka hati kalian.

Nah, untuk harga sendiri WD Black P40 memiliki harga di kisaran Rp2.735.000. Kalian akan mendapatkan garansi 5 tahun saat membeli perangkat yang satu ini.

80
WD Black P40
 
Keunggulan
  • Kencang
  • Support laptop dan konsol game
  • Ringkas
 
Kekurangan
  • Harga cukup mahal
  •  
  •  

 

Share
×
tekid
back to top