sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Rabu, 01 Jan 2020 13:35 WIB

Tips rakit gaming PC Rp10 juta-an pakai prosesor intel

Menggunakan prosesor Intel Core i3-9100F, kalian bisa mendapatkan performa gaming yang mumpuni tanpa harus mengeluarkan budget yang terlalu besar.

Tips rakit gaming PC  Rp10 juta-an pakai prosesor  intel

Membuat sebuah komputer gaming plus memiliki kemampuan produktivitas yang tinggi memang bukan hal yang mudah. Apa lagi, kita memiliki budget terbatas untuk merakit komputer yang kita inginkan.

Kebanyakan orang mungkin akan beralih ke platform AMD jika mendapatkan kedua hal tersebut. Namun, tahukah kalian kalau ternyata, kalian juga bisa membuat sebuah komputer gaming plus produktivitas menggunakan prosesor Intel dengan harga yang bersaing.

Kalian bisa menggunakan Intel Core i3-9100F untuk melakukan hal tersebut. Saat ini, kalian dapat membeli prosesor tersebut di angka Rp1,1 juta saja, yang memiliki harga sama dengan AMD Ryzen generasi pertama.

Meskipun memiliki kelemahan absennya hyperthreading, namun kecepatan clock dari prosesor ini bisa dibilang cukup tinggi. Intel Core i3-9100F memiliki clock dasar 3600 MHz dan kecepatan boost hingga 4200 MHz, yang cukup unggul jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Untuk prosesor sekelas ini, saya rekomendasikan kalian untuk menggunakan motherboard dengan chipset B365M. Untuk menekan budget, saya merekomendasikan MSI B365M PRO-VD, yang memiliki harga Rp1,2 juta.

Meski terjangkau, namun motherboard ini sudah mendukung beberapa fitur yang cukup keren, termasuk sudah mendukung SSD NVMe dan berbagai fitur lainnya.

Nah, berbicara mengenai NVMe, untuk penyimpanan, kalian dapat menggunakan SSD Lexar NM610 M.2 NVMe 250GB, yang memiliki harga Rp556 ribu. Selain itu, kalian dapat menggunakan HDD WD Blue 1TB untuk penyimpanan besar, yang dihargai Rp610 ribu.

Sedangkan jika kalian ingin memilih rute penyimpanan besar namun cepat, kalian memiliki pilihan untuk menggunakan SSD SATA. Kalian dapat membeli Lexar NS100 1TB, yang dihargai Rp1,2 juta-an saja.

Beralih ke RAM, saya merekomendasikan RAM dual channel dengan kapasitas 16GB. Salah satu RAM yang dapat kalian pilih seperti G.Skill F4-2666C19D-16GVR, yang memiliki harga dikisaran Rp980 ribu-an.

Kemudian, untuk GPU, kalian dapat memilih NVIDIA GTAX 1650. GPU ini dapat memainkan gim AAA dan FPS populer di angka 60fps dengan cukup mudah. Kalian dapat membeli Asus PH-GTX1650-O4G yang dihargai di kisaran Rp2,4 juta-an.

Dan untuk menekan biaya, kalian dapat menggunakan HSF bawaan Intel untuk mendinginkan CPU kalian. HSF ini cukup untuk mendinginkan i3-9100F karena memang prosesor ini tidak menghasilkan panas yang berlebih.

Untuk memberikan daya kepada semua komponen tersebut, kalian jangan asal pilih PSU. Saya sarankan untuk membeli PSU yang bersertifikasi 80+ Bronze. Saya memilih untuk menggunakan be quite! System Power U9 500W, yang memiliki harga Rp750 ribu.

Mengapa saya menggunakan PSU 500W? Hal ini dikarenakan pada saat kalian ingin upgrade GPU ke yang lebih bertenaga, kalian tidak usah memikirkan lagi apakah PSU kalian dapat menghandle GPU baru kalian atau tidak.

Soal casing, kalian dapat membeli casing apapun yang kalian inginkan. Tapi, jika kalian ingin mencari casing dibawah Rp400 ribu dan sudah termasuk dengan tiga kipas dan side panel transparan, kalian bisa memilih Paradox PICARO G05.

Untuk monitor, saya merekomendasikan ASUS VP228HE. Memiliki harga Rp1,5 juta, monitor ini memiliki response time 1ms dan refresh rate 60Hz yang menggunakan pane VA. Sedangkan untuk keyboard dan mouse, kalian bisa membeli Asus Cerberus Combo Set yang memiliki harga Rp600 ribu-an.

Jika di total, kalian hanya harus menggelontorkan Rp10,2 juta jika kalian memilih menggunakan kombo SSD NVMe dan HDD. Dan jika kalian lebih memilih menggunakan SSD, kalian harus merogoh kocek Rp10,5 juta.

Lantas, bagaimana dengan performa dari komputer tersebut? Jangan khawatir, kami pun sudah melakukan pengetesan terhadap prosesor dan GPU dari komputer yang telah kami rekomendasikan tersebut.

Untuk benchmark sintetis, Intel Core i3-9100F memiliki kemampuan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Berikut ini hasil benchmark sintetis dari prosesor tersebut :

 

 

 

 

Lalu, bagaimana dengan kemampuan gaming dari komputer ini? Seperti yang sudah saya singgung di awal, kemampuan gaming dari perpaduan i3-9100F dan GTX 1650 memiliki angka yang cukup oke. Berikut ini hasil benchmark yang sudah saya lakukan :

 

 

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk membelinya?

 
Intel Core i3-9100F
Bagus ...
  • Harga Murah
  • Performa Cukup Tinggi
Kurang ...
  • Tidak Ada IGP
Share
back to top