Sennheiser Momentum True Wireless, kece untuk musik mellow

Sennheiser Momentum True Wireless tampil dengan desain trendi dan mampu menyajikan suara yang apik untuk musik mellow.

Sennheiser Momentum True Wireless, kece untuk musik mellow

Sennheiser telah merilis earbud dengan koneksi Bluetooth nirkabel baru beberapa waktu lalu, yakni Sennheiser Momentum True Wireless. Kini saya berkesempatan untuk mencoba earbud tersebut selama kurang lebih seminggu lamanya. 

Sennheiser Momentum True Wireless tampil dengan desain minimalis namun terlihat cukup stylish. Earbud ini juga menampilkan logo Sennheiser yang cukup besar. Perusahaan juga menghadirkan empat pilihan eartip karet, yakni XS, S, M, dan L. Hal ini memberikan opsi pengguna untuk menyesuaikan eartip karet tersebut dengan lubang telinga mereka. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

WD Mypassport 5TB, kecil-kecil cabe rawit!

Tips rakit gaming PC Rp10 juta-an pakai prosesor intel

Review ASUS TUF Gaming GT501 : ini bukan casing, tapi gudang!


Menurut saya, eartip ini cukup efektif mengisolasi suara yang berada di sekitar saya. Tak hanya itu, earbud ini juga tidak mudah terlepas dari telinga ketika saya sedang mendengarkan lagu sembari mengerjakan aktivitas lainnya. Terlebih lagi, earbud ini juga tidak membuat telinga saya sakit ketika dipakai dalam jangka waktu lama. 

Earbud ini juga dilengkapi dengan integrasi baterai, di mana pengguna hanya perlu memasukkan masing-masing unit driver ke charging case untuk mengisi dayanya. Selain untuk mengisi daya, Charging case tersebut dirancang sebagai wadah untuk menyimpan earbud saat dibawa kemana-mana. 

Ini adalah gambar dari Sennheiser Momentum True Wireless

Bobot dari charging case juga sangat ringan, ukurannya pun cukup mungil sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku. Oh iya, baterai Sennheiser Momentum True Wireless ini mampu bertahan hingga kurang lebih selama tiga jam saat digunakan. Sedangkan untuk mengisi daya hingga 100 persen, saya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saat mengisinya menggunakan adapter 18W menggunakan kabel USB-C. 

Sennheiser melengkapi earbud ini dengan dukungan Bluetooth 5.0. Saya bisa dengan mudah melakukan pairing antara earbud ini dengan smartphone. Untuk melakukan pairing, pengguna hanya perlu menyalakan Bluetooth pada smartphone dan kemudian tahan kedua earbud selama 5 detik. 

Untuk pengalaman ketika mendengarkan musik, saya menemukan dua hal yang cukup menarik untuk dibahas. Baik sisi positif namun juga kurangnya.

Earbud ini menawarkan kontrol sentuh atau Touch Control untuk kendali saat mendengarkan musik. Untuk mengecilkan volume, pengguna hanya perlu menyentuh dan tahan selama beberapa detik earbud sisi kiri. Sedangkan untuk membesarkan volumenya, pengguna hanya perlu melakukan sebaliknya pada earbud di sisi kanan. Sementara untuk melakukan paused musik, pengguna hanya perlu menyentuh sekali pada earbud sisi kiri. 

Berbicara kualitas suaranya, Sennheiser Momentum True Wireless mampu menampilkan suara yang cukup memanjakan telinga. Hal ini saya buktikan dengan mendengarkan berbagai macam genre musik menggunakan earbud ini. 

Pertama saya menggunakannya untuk mendengarkan lagu up beat berjudul "Dance Monkey" dari Tones and I. Menurut saya, dentuman bass dari earbud ini cukup nampol, hanya saja masih terasa kurang gereget untuk genre up beat. Meski begitu, earbud ini masih menyajikan suara yang nyaman ditelinga, karena dapat menyajikan suara yang cukup baik. 

Sementara untuk lagu mellow saya mendengarkan "Lose You To Love Me", Selena Gomez. Bagi saya, earbud ini mampu menyajikan suara yang lembut sehingga membuat saya mampu meresapi lagu tersebut. Jadi tampaknya earbud ini lebih cocok untuk mendengarkan lagu mellow dibanding lagu bergenre up beat.

Tak ketinggalan, saya juga mendengarkan lagu dengan format 8D. Saya mendengarkan "DJ Turn It Up" dari Yellow Claw. Menurut saya, earbud mampu menyajikan suara yang jelas dan memiliki kemampuan surround sound, sehingga menyajikan suara yang apik. Hanya saja bass earbud kembali terasa kurang greget.

Oh iya, Sennheiser Momentum True Wireless juga mendukung aplikasi Sennheiser Smart Control. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa menyesuaikan suara sesuai dengan selera sendiri. Pengguna juga bisa mengakses fitur Transparent Hearing untuk menentukan berapa banyak ambient noise yang ingin didengar.

Selain berfungsi untuk mendengarkan lagu, earbud ini juga digunakan untuk mengakses voice assistant seperti Google Assistant dan Siri.  

Ini adalah gambar dari Sennheiser Momentum True Wireless

Sayangnya dari pengalaman saya saat mendengarkan musik menggunakan earbud ini, terkadang suaranya terputus-putus dan terkadang tidak sinkron antara earbud satu sama lainnya. Hal ini mengurangi kenyamanan saat mendengarkan musik.

Ini adalah gambar dari Sennheiser Momentum True Wireless

Kesimpulan

Sennheiser Momentum True Wireless tampil dengan desain minimalis dan trendi karena menggunakan Touch Control. Bagi saya, modul kontrol tersebut sangat mudah digunakan dan bekerja dengan cukup baik. Earbud ini juga telah mendukung Bluetooth 5.0 yang bisa dihubungkan ke smartphone dengan mudah. Bodi earbud dan charging case-nya juga berbobot ringan serta berukuran kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku. 

Untuk baterainya, saya cukup puas menggunakan earbud Sennheiser ini karena mampu bertahan kurang lebih selama 3 jam dan membutuhkan waktu pengisian dayanya yang tidak begitu lama. Berbicara hasil suaranya, earbud ini lebih cocok untuk mendengarkan genre musik mellow dibandingkan up beat karena bass-nya yang terasa nanggung. Tak ketinggalan, earbud ini juga mendukung surround sound yang mampu membuat suara seakan mengelilingi saya. Ditambah lagi, saya juga bisa menyesuaikannya menggunakan aplikasi Sennheiser Smart Control. 

 
Sennheiser Momentum True Wireless
Bagus ...
  • Desain stylish dengan Touch Control
  • Baterai mampu bertahan kurang lebih tiga jam penggunaan
  • Mampu menyajikan suara yang lembut dan mendukung surround sound
Kurang ...
  • Terkadang koneksi antar earbud kurang stabil
  • Penyajian bass kurang gereget
  •  
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: