sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 04 Apr 2022 11:35 WIB

Samsung Galaxy S22 Plus, flagship paling masuk akal

Meski bukan varian tertinggi di keluarga Samsung Galaxy S22 series, namun dari harga dan performa yang ditawarkan, S22 Plus merupakan sebuah flagship yang paling masuk akal untuk dibeli.

Samsung Galaxy S22 Plus, flagship paling masuk akal

Mencari sebuah smartphone flagship yang sempurna memang bukan perkara mudah. Butuh banyak pertimbangan sebelum membeli smartphone di kategori ini, dikarenakan memang biasanya setelah dibeli, maka butuh beberapa tahun sebelum pengguna memutuskan untuk mencari penggantinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah smartphone yang tidak hanya memiliki performa mumpuni, namun juga memiliki banyak fitur pendukung. Mulai dari kamera, daya tahan baterai, hingga layanan purna jual.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sebuah smartphone flagship dari Samsung, yakni Galaxy S22 plus 5G. Memang, ini bukan varian tertinggi dari keluarga Galaxy S22 series, namun menurut kami, smartphone ini sudah cukup sempurna.

Jika berbicara mengenai desain, memang smartphone yang satu ini tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Tapi entah mengapa, kami merasa lebih nyaman menggunakan Galaxy S22 Plus 5G ketimbang S21.

Mungkin karena ukurannya yang sedikit lebih kecil yang membuatnya lebih nyaman digenggam. Sebab, perangkat ini memiliki ukuran layar 6,6 inci, dimana lebih kecil dari S21 Plus dengan ukuran layar 6,7 inci.

Desain housing kameranya pun masih sama, dimana memiliki dua sudut lancip dan dua sudut melingkar. Housing kamera ini hanya membingkai tiga buah kamera yang ada di smartphone ini, sedangkan flash light-nya tertanam di bagian body.

Bagian lain yang berbeda di Galaxy S22 Plus 5G dibanding pendahulunya adalah penggunaan material body bagian belakang. Galaxy S22 Plus 5G menggunakan kaca di bagian belakang, bukan plastik seperti pendahulunya.

Body-nya pun terasa sangat kokoh dan terasa sangat premium. Namun, bagi kalian yang memiliki tangan berkeringat seperti saya, kalian harus menggunakan casing tambahan karena smartphone ini sangat licin saat tangan kita basah.

Beralih ke bagian depan, samsung menggunakan layar flat, bukan layar melengkung seperti di Galaxy S22 Ultra. Tapi bagi saya pribadi, saya lebih suka layar yang rata dibandingkan dengan layar melengkung.

Kamera depan ditempatkan di tengah atas layar menggunakan teknologi punch-hole. lingkar kameranya pun cukup kecil dan tidak mengganggu saat kami menggunakannya untuk menonton film.

Layarnya pun menggunakan panel Dynamic AMOLED dengan refresh rate 120Hz serta memiliki resolusi 1080 x 2340 pixel yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus+. Samsung juga menyematkan dukungan HDR10+ dan tingkat kecerahan layar maksimal di 1750 nits, dimana sangat terang.

Speaker dari Galaxy S22 Plus 5G ini juga sangat kencang. Speaker utama terdapat di bagian bezel bawah perangkat, dimana terletak di sebelah port USB Type-C. Sementara speaker lain tersembunyi di earpiece yang secara mengejutkan memiliki suara yang sangat lantang.

Tapi, dari sekian pembaruan yang dibawa oleh Samsung, yang paling mengejutkan kami dan yang membuat kami bersemangat adalah pilihan prosesor yang ada di Galaxy S22 Series. Perusahaan asal Korea Selatan ini pada akhirnya memboyong varian yang menggunakan Snapdragon setelah beberapa tahun meluncurkan versi Exynos di Indonesia.

Galaxy S22+ 5G hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Pilihan RAM nya hanya tersedia 8GB saja sedangkan untuk penyimpanan mereka memiliki pilihan 128GB atau 256GB.

Hasil benchmark yang telah kami lakukan, terdapat peningkatan performa yang cukup besar antara Galaxy S22 Plus 5G dengan pendahulunya, baik yang menggunakan Snapdragon 888 atau Exynos 2100.

Pengalaman kami dalam bermain gim pun cukup memuaskan. di gim PUBG misalnya, kami dapat memainkan gim ini di resolusi tertinggi tanpa adanya frame drop atau lag. Dan yang menariknya lagi, kami dapat memainkan gim ini di pengaturan grafis tertinggi dengan pengaturan fps tertinggi.

Di sisi lain, pengalaman kami dalam memainkan gim Genshin Impact pun cukup mulus. Meskipun menggunakan pengaturan medium, detail yang didapatkan pun cukup baik. Sementara itu kami juga sempat membuat frame limiter di gim ini menjadi 60fps, dan Galaxy S22+ 5G ini dapat menjalankannya dengan cukup baik.

Meski demikian, ada satu hal yang kami kurang suka dari Galaxy S22+ 5G ini. dikarenakan ukuran perangkatnya yang lebih kecil, samsung juga mengorbankan ukuran baterainya. Galaxy S22+ 5G memiliki kapasitas baterai 4500mAh sedangkan S21+ memiliki baterai 4800mAh.

Dalam pengujian kami, baterai ini hanya dapat bertahan di kisaran 12 jam saja menggunakan benchmark PCMark. Sementara saat kami uji bermain gim PUBG di pengaturan standar selama 1 jam, baterai yang terkuras 13 persen untuk menggunakan pengaturan grafis standar. 

Sedangkan saat dimainkan menggunakan pengaturan tertinggi, dalam 1 jam baterai yang terkuras ada di angka 19 persen.

Selain memiliki performa yang sangat baik, kamera yang dihadirkan di Galaxy S22+ 5g ini pun sangat mengagumkan. Hal ini wajar, mengingat ini merupakan jajaran seri flagship dari Samsung.

Mereka menggunakan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. Kamera utamanya menggunakan kamera 50 MP, kamera telephoto 10MP dengan 3x optical zoom dan 30x digital zoom, serta kamera 12MP ultrawide.

Kamera ini bukan saja andal dalam mengambil gambar di siang hari. Namun, pengalaman kami dalam menggunakan kamera ini di malam hari juga sangat mengagumkan. Samsung benar-benar dapat mengeluarkan potensi kamera smartphone mereka dengan baik.

Warna dari foto yang diambil menggunakan ketiga kamera yang disediakan pun sangat seragam. Baik saat kami mengambil gambar menggunakan kamera utama, kamera wide, dan kamera telefoto memiliki warna yang seragam.

Proses pengambilan gambar di Galaxy S22+ 5g ini juga terbilang sangat cepat. Saat mengambil foto objek bergerak seperti hewan peliharaan atau mengambil foto pada saat kecepatan tinggi, gambar yang diambil tidak blur dan sangat fokus. jadi kita akan tetap mendapatkan hasil gambar terbaik di berbagai kondisi.

Kekaguman kami berlanjut saat kami mencoba mengambil gambar di sore dan malam hari. Hasil gambarnya sangat terang, namun tidak terlihat noise yang berlebih saat kami melakukan pengambilan gambar.

Sedangkan untuk pengalaman bokeh, menggunakan fitur portrait, smartphone ini juga dapat menghasilkan foto yang sangat mengagumkan. Kamera dari Galaxy S22+ 5G ini dapat memisahkan objek utama dan background dengan sangat rapi. Bahkan, saat mengambil gambar di cahaya yang kurang baik, hasil bokehnya pun masih sangat rapi.

Beralih ke kamera depan, Galaxy S22+ 5G menggunakan kamera dengan resolusi 10MP. Meski tidak sebesar resolusi para pesaingnya, kamera ini dapat menangkap gambar dengan sangat sempurna.

Foto yang kami ambil saat keadaan pencahayaan baik memiliki hasil gambar yang sempurna. Kamera ini dapat mengambil cukup banyak detail dari objek yang diambil, termasuk jerawat di muka saya yang terlihat sangat jelas. Sementara pada saat mengambil selfie di keadaan pencahayaan yang minim, hasil gambarnya tetap terang tanpa ada noise yang berarti.

Begitu juga saat kami mengambil foto dengan menggunakan efek portrait. kamera depan dari smartphone ini juga dapat mengambil gambar yang sangat baik sembari dapat memisahkan objek yang difoto dengan background. Sekali lagi, hal ini dapat kami rasakan baik dalam pencahayaan yang baik atau pencahayaan yang kurang baik.

Sementara untuk video, Samsung menyematkan cukup banyak fitur di Galaxy S22+ 5G ini. Mulai dari perekaman 8K, perekaman video super slow motion, perekaman super steady, dan beberapa fitur lain hadir di smartphone yang satu ini.

Kestabilan video dari smartphone yang satu ini patut diacungi jempol. Sebab, meski tidak mengaktifkan fitur super steady, baik saat merekam dengan kamera depan atau belakang, hasilnya sangat stabil.

Terdapat juga fitur Director View dimana kita dapat mengambil video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Kami juga dapat mengubah mode secara langsung meski dalam keadaan merekam video.

Pengalaman kami dalam mengambil video di malam hari juga sangat mengesankan. Video yang diambil tidak memiliki noise yang berarti, sembari masih memberikan detail yang sangat sempurna, baik saat menggunakan kamera depan maupun kamera belakang. Nah, untuk mengecek hasil videonya, kalian bisa lihat video ulasan kami berikut ini.

 

 

Nah itu tadi ulasan kami terhadap Samsung Galaxy S22+ 5G. Menurut kami, smartphone ini memiliki performa yang sangat tinggi yang dipadukan dengan pengalaman kamera yang sangat baik. Jika kalian sedang mencari smartphone dalam paket lengkap, smartphone ini cocok untuk kalian beli.

Sementara untuk harga, Galaxy S22+ 5G dengan varian penyimpanan 128GB akan dihargai Rp14,9 juta. Dan untuk varian dengan penyimpanan 256GB akan memiliki harga Rp15,9 juta saja.

85
Samsung Galaxy S22 Plus
 
Keunggulan
  • Kamera kece
  • Performa tinggi, SoC Snapdragon 8 Gen 1
  • Ukuran lebih kecil
 
Kekurangan
  • Housing kamera masih sama
  • Baterai sedikit lebih kecil dari pendahulunya
  •  
Share
×
tekid
back to top