sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Rabu, 11 Agst 2021 10:42 WIB

Review Zadak Twist, murah dengan performa baik

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman kami menggunakan salah satu RAM terbaru dari Zadak, yakni Twist series.

Review Zadak Twist, murah dengan performa baik

Zadak baru saja memperkenalkan jajaran produk RAM terbaru mereka di Indonesia. Kali ini, mereka membawa sebuah kit bernama Twist yang ditujukan untuk para pengguna yang tidak suka LED di komputer mereka.

Jajaran RAM Twist ini menawarkan berbagai kapasitas dan kecepatan. Mereka menawarkan RAM DDR4 dengan kapasitas mulai dari 8GB hingga 32GB, dengan kecepatan 2666 MHz hingga 4133 MHz yang berjalan di 1,2V hingga 1,4V.

Untuk kit yang akan kami bahas saat ini adalah kit Twist 2x8GB dengan kecepatan 2666 MHz. Ini merupakan kecepatan terendah yang ada di jajaran kit Twist. Namun, kalian bisa kok bermain-main sedikit dengan RAM yang satu ini.

Seperti berbagai RAM modern lainnya, kit Twist ini memiliki dukungan X.M.P 2.0. Hal ini memudahkan para pengguna yang tidak ingin ribet melakukan overclock secara manual tapi ingin mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Kami akan menggunakan beberapa pengujian untuk melakukan pengetesan untuk RAM ini. Komputer yang kami gunakan untuk melakukan pengujian menggunakan CPU AMD Ryzen 9 5900X, motherboard X570, SSD NVMe, NVIDIA RTX 3060 Ti, PSU 750W + Gold.

Untuk melakukan pengujian, kami akan menjalankan profile standar, XMP, dan pengaturan overclock manual. Untuk kit yang kami uji, kami berhasil menjalankan RAM ini di kecepatan 3200 MHz di voltase 1,35.

Kami beberapa kali mencoba untuk menarik kecepatan RAM ini lebih tinggi, namun sayang, berapapun voltase yang kami berikan, RAM ini seakan menolak untuk berjalan lebih cepat lagi. Wajar, hal ini dikarenakan kecepatan kit RAM ini merupakan kecepatan dasar sebuah RAM DDR 4.

Dan berikut ini hasil pengujian kami menggunakan RAM Zadak Twist DDR4 2x8GB 2666 :

 

 

 

 

Kecepatan dan kestabilan dari RAM Zadak Twist ini bisa dibilang salah satu yang terbaik dikelasnya. Kalian juga akan mendapatkan peningkatan performa saat menggunakan profile XMP di RAM tersebut.

Memang sih peningkatannya tidak terlalu besar. Namun, mengingat dengan menggunakan profil XMP kalian mendapatkan peningkatan latensi, jadi pengalaman penggunaan harian pun menjadi lebih baik.

 

 

Selain itu, saat kami melakukan pengujian di beberapa gim, memang terlihat ada perbedaan fps saat menggunakan kecepatan yang berbeda. Jadi, jika kalian ingin mendapatkan performa terbaik menggunakan RAM ini, kalian wajib mengaktifkan mode XMP.

Terakhir, untuk desain, kami rasa desain yang ditawarkan oleh Zadak di kit Twist ini memiliki desain yang cukup modern. Perpaduan warna hitam dan silver membuat RAM ini terkesan mewah dan elegan.

Heatsink yang dimiliki oleh Zadak Twist ini juga dapat mendinginkan RAM dengan cukup baik. Dan dikarenakan memiliki tipe low profile, maka kalian tidak perlu khawatir dengan masalah clearance saat menggunakan pendingin tipe apapun.

Kesimpulan : Murah dan layak dipertimbangkan

Memiliki harga di kisaran Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta, Zadak Twist merupakan salah satu kit RAM DDR4 yang termurah yang ada di pasaran. Performa yang ditawarkan pun bisa dibilang tidak terlalu buruk untuk perusahaan yang baru menawarkan produk mereka di Indonesia.

Performa yang ditawarkan pun cukup baik, dimana kalian akan mendapatkan peningkatan performa saat menggunakan XMP Profile. RAM ini juga dapat berjalan di kecepatan 3200 MHz di 1,35V dengan stabil, namun agak sulit untuk menarik kecepatannya lebih tinggi lagi.

Tapi, menurut kami, jika kalian ingin mendapatkan performa terbaik, ada baiknya kalian menambah budget kalian untuk mendapatkan kecepatan minimal 3200 MHz. Dan untuk kapasitas, kami rasa 16GB sudah cukup untuk melahap gim-gim modern saat ini.

80
Zadak Twist DDR4
 
Keunggulan
  • Murah
  • Desain cukup elegan
  • Performa baik
 
Kekurangan
  • Tidak ada LED
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top