sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Senin, 05 Apr 2021 10:28 WIB

Review Valheim, early access baru dengan sentuhan Viking

Meski memiliki grafis yang masih kalah dengan gim early access lain, Valheim menawarkan atensi untuk detail yang sangat baik dibanding gim lainnya.

Review Valheim, early access baru dengan sentuhan Viking

Bagi sebagian orang, membeli sebuah gim yang masih dalam pengembangan tahap awal merupakan sebuah hal yang cukup berisiko. Mereka merasa bahwa mereka berjudi karena apakah gim tersebut akan sukses atau tidak di masa depan.

Namun, bagi saya yang pernah mengembangkan gim sebelumnya, ada rasa penasaran yang sangat besar untuk memainkan sebuah gim yang belum jadi. Hal ini dikarenakan saya lebih suka mendukung pengembang kecil untuk menyelesaikan proyek gim mereka.

Di galeri Steam milik saya pribadi, terdapat lebih dari 20 gim yang masih merupakan gim yang dalam pengembangan. Tak sedikit dari gim tersebut yang memang mandek, namun banyak juga yang berhasil menendang di pasaran.

ARK Survival Evolved dan Subnautica misalnya, saya telah memiliki gim tersebut saat pertama kali keduanya diluncurkan. Dan dua gim tersebut saat ini merupakan dua gim yang cukup sukses di pasaran.

Hal inilah yang kemudian membuat saya tertarik dengan Valheim. Bukan dikarenakan gim ini populer dimainkan oleh streamer dan YouTuber, namun saya lebih tertarik dengan pengembang gim ini, yakni Iron Gate.

Para pengembang memang bukan pemula dalam bidang mengembangkan gim, karena beberapa diantaranya sudah memiliki pengalaman sebagai pengembang gim. Hal ini membuat gim ini terasa cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Memang, saat berbicara mengenai grafis, gim ini kalah dengan beberapa pengembang gim baru lainnya. Wajar, mereka hanya memiliki lima anggota untuk melakukan pengembangan gim tersebut.

Sebenarnya, saya sudah memainkan Valheim selama satu bulan terakhir ini. Gim ini merupakan gim survival bertemakan Viking, yang menurut saya mirip dengan beberapa gim lain, seperti misalnya The Forest, Green Hell, dan lainnya.

Latar belakang gim ini adalah kita bermain sebagai reinkarnasi seorang pejuang hebat dari alam lain, siap melakukan tugas Odin untuk membersihkan Valheim dari binatang buas yang bahkan para dewa tidak berani melakukannya.

Kita diharuskan menjelajah dunia yang terbuka, dimana terdapat banyak vegetasi termasuk hutan, lahan rumput terbuka, sungai, dan lainnya. Kita juga akan menemukan banyak bahan-bahan di alam, seperti kayu dari pohon, bebatuan, dan lainnya.

Ada beberapa hewan yang dapat diburu untuk dimakan, meski kalian juga dapat menemukan bahan-bahan makanan lain di alam terbuka. Ada beberapa musuh yang harus kalian kalahkan, namun biasanya mereka sangat mudah untuk dikalahkan.

Bukan hanya musuh biasa, kalian juga akan menemukan beberapa makhluk fantastis di dalam Valheim. Misalnya, kalian akan menemukan skeleton dan dan draugr muncul di rawa-rawa suram yang terletak di tepi Black Forest.

Sistem level yang ada di gim ini juga cukup unik. Kalian harus banyak berlari untuk meningkatkan skill lari kalian, memotong banyak pohon untuk menaikkan level skil penebangan kayu, dan selanjutnya.

Menariknya, kalian perlu memperkirakan banyak hal untuk bermain gim ini. Hal ini dikarenakan arah angin menentukan banyak hal, seperti apakah racun dapat terbawa masuk ke ventilasi rumah kalian atau apakah rusa dapat menyadari kehadiran bau kalian yang terbawa angin.

Cara kalian membuat bangunan pun sama seperti di beberapa gim survival lainnya. Kalian memerlukan palu khusus untuk membuat bangunan. Setelah itu, kalian dapat memilih item atau bangunan apa yang akan dibuat. Hal ini penting dikarenakan untuk membuat sesuatu, kalian memerlukan sebuah bangunan khusus.

Ketelitian detail lain yang mirip dengan dunia nyata adalah bagaimana kalian berinteraksi dengan alam. Misalnya, kalian menambang logam di sebuah lapangan rumput, maka rumput di sekitar wilayah tersebut akan mati. 

Begitu juga dengan luas hutan akan menyusut saat kalian memutuskan untuk menebang pohon untuk membuat dinding yang lebih kokoh untuk mempertahankan rumah kalian. Hal ini membuat gim tersebut lebih menantang untuk dimainkan.

Untuk mendapatkan perlengkapan yang lebih baik, kalian diwajibkan untuk melawan bos yang ada di setiap area. Dengan mengalahkan bos-bos ini akan memberikan kalian akses untuk membuat baju besi, rumah yang lebih baik, atau peralatan kerajinan yang lebih baik.

Sangat mungkin kalian dapat membunuh bos-bos yang ada di gim ini sendirian. Tapi, dengan fitur multi pemain, kalian dapat membunuh bos-bos tersebut lebih mudah. Misalnya saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan banyak item untuk mengalahkan naga es Moder.

Tapi, saat saya bermain dengan 4 teman saya, membunuh bos tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja. Dan saya pun dapat fokus meningkatkan skill yang tidak dimiliki oleh teman-teman saya seperti keahlian memasak dan skill pasif lainnya.

Sekali lagi, memang dunia Valheim memiliki grafis dengan kulaitas rendah, tetapi gim ini menampilkan pencahayaan yang ditingkatkan dan efek pembiasan air yang menciptakan perpaduan indah.

Untuk saya yang besar bermain gim di era 2000-an, gim ini membuat saya merasa nostalgia, membawa saya seperti saya masih 10 tahun. Meski demikian, saya juga mendapatkan suasana tenang saat melihat lautan dan sungai yang terasa nyata, dengan suara-suara efek yang juga terasa sangat nyata.

Saya memang tak terlalu merekomendasikan gim yang masih dalam tahap pengembangan awal untuk dibeli, khususnya untuk mereka yang merasa membeli gim early access adalah sebuah perjudian.

Namun, untuk kalian yang mencari gim yang memiliki tantangan baru, dapat dimainkan bersama teman-teman, dapat dimainkan dengan komputer atau laptop dengan spesifikasi pas-pasan, saya sangat merekomendasikan gim ini.

Harapan saya, Iron Gate dapat mengembangkan gim ini lebih jauh lagi, terutama di bidang grafis. Dengan rekor penjualan yang fantastis, yakni terjual lebih dari 5 juta salinan dalam 5 minggu setelah diluncurkan, saya berharap gim ini dapat menyusul beberapa gim early access lain yang sukses lulus dari status tersebut dengan basis gamer yang besar.

Tag
Share
×
tekid
back to top