sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Selasa, 31 Agst 2021 17:10 WIB

Review Seagate IronWolf 510, kencang untuk NAS dan laptop!

Dirancang untuk digunakan 24 jam di NAS, Seagate IronWolf 510 tetap dapat mempertahankan performa kecepatan menulis dan membaca baik di NAS atau di laptop.

Review Seagate IronWolf 510, kencang untuk NAS dan laptop!

Selama satu tahun terakhir ini, jumlah pengguna NAS tampaknya terus meningkat. Melihat tren ini, para produsen NAS terus menghadirkan teknologi baru pada produk mereka, guna memperlancar pekerjaan para penggunanya.

Dari berbagai fitur baru, salah satu yang paling ditunggu pengguna adalah kehadiran slot SSD M.2 di NAS, yang akan memberikan peningkatan performa jika dibandingkan dengan saat pengguna menggunakan HDD.

Tapi, saat ini masih sangat jarang kita menemukan SSD M.2 yang dikhususkan untuk NAS. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena Seagate baru saja meluncurkan SSD IronWolf 510, yang merupakan SSD dengan format M.2 NVMe yang dikhususkan untuk NAS.

Seagate IronWolf 510

Pada kesempatan kali ini, kami akan menguji kecepatan SSD ini, baik di NAS maupun di laptop. Kami akan melakukan perbandingan dengan beberapa SSD M.2 lain, yang ditujukan untuk penggunaan harian. Berikut ini perbandingannya:

 

 

 

 

Seperti yang dapat kalian lihat dari hasil benchmark di atas, memang kecepatan Seagate IronWolf 510 masih tertinggal dari SSD M.2 NVMe khusus performa. Namun, jika dibandingkan dengan SSD NVMe standar, kecepatannya masih lebih baik di pengujian NAS dan pengujian laptop.

Hal ini menjadikan IronWolf 510 ini tak hanya cocok untuk penggunaan NAS saja, namun juga untuk mereka yang ingin memiliki penyimpanan cepat dan memiliki masa penggunaan yang sangat panjang.

Tak ketinggalan, kecepatan yang kami dapatkan dalam pengujian pun masih dalam margin of error dari kecepatan yang dijanjikan oleh Seagate. Mereka menjanjikan kecepatan baca hingga 3150 MB/s dan kecepatan tulis hingga 1000 MB/s.

Untuk spesifikasi sendiri, IronWolf 510 SSD menggunakan kontroler NAND 3D TLC dengan konektor PCIe Gen 3 x4. Meskipun masih belum menggunakan standar PCIe Gen 4, namun kecepatannya terbilang sangat tinggi.

Seagate IronWolf 510

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Seagate dari IronWolf 510 SSD adalah kekuatan MTBF hingga 1,8 juta jam. Tentu saja, NAS ini juga sangat kuat untuk dijalankan di NAS selama 24 jam non stop.

Saking percaya dirinya Seagate, mereka menawarkan garansi yang sangat panjang. Pengguna akan mendapatkan garansi hingga 5 tahun untuk kerusakan, selama bukan karena kesalahan penggunaan.

Ditambah lagi, mereka juga menawarkan dukungan Rescue Data Recovery setiap pembelian SSD IronWolf. Pengguna akan mendapatkan dukungan fitur tersebut selama tiga tahun secara gratis.

Meski demikian, ada kekurangan dari semua fitur yang ditawarkan oleh Seagate, yakni dari sisi harga. Sebab, untuk IronWolf 510 dengan kapasitas 960GB dijual dikisaran harga Rp3,8 juta-an. Namun, kalian juga dapat membeli varian dengan kapasitas 240GB, 480GB dan 1,92 TB yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

75
Seagate IronWolf 510 NAS SSD
 
Keunggulan
  • Kencang
  • Fleksibel
  • Waktu pakai panjang
 
Kekurangan
  • Harga premium
Share
×
img
×
tekid
back to top