sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Agst 2023 15:36 WIB

Review realme Buds Air 5, ANC-nya mantap dengan reduksi hingga 50 dB

realme baru saja meluncurkan ANC terbaru mereka. Ini adalah realme Buds Air 5 yang salah satu fitur andalannya adalah ANC hingga 50 dB.

Review realme Buds Air 5, ANC-nya mantap dengan reduksi hingga 50 dB

Pada Rabu (24/8), realme telah mengumumkan perangkat AioT terbaru mereka ke Indonesia, yaitu earphone true wireless stereo (TWS) realme Buds Air 5. Perangkat audio ini mengusung beberapa fitur andal seperti driver besar, baterai tahan lama, IPX5, Google Fast Pair, dan yang paling ditonjolkan adalah Active Noise Cancellation (ANC) hingga 50 dB.

Buds Air 5 merupakan peningkatan yang luar biasa di sisi ANC dari TWS realme generasi sebelumnya. Untuk konektivitas, earphone nirkabel terbaru dari realme ini menampilkan Bluetooth 5.3 terbaru sehingga menjanjikan sambungan andal dan respons cepat. Terdapat dua pilihan warna untuk Buds Air 5, yaitu Deep Sea Blue dan Arctic White.

Fitur & pengoperasian

Sebagai TWS, tentu saja realme Buds Air 5 hadir dengan casing pengisi daya. Casing ini hadir dengan bentuk oval yang terlihat premium. Tidak ketinggalan pula balutan material plastik berkualitas tinggi dengan tipe glossy. Di bagian bawah casing, ada tombol kecil yang berguna untuk melakukan pairing secara manual.

Masing-masing earbud juga memiliki bahan glossy sehingga terasa kesan premiumnya. Namun saya merasa bodi gloddy menjadi agak licin sehingga terkadang agak sulit untuk dikeluarkan dari casing-nya. Untuk mengisi baterai Buds Air 5, dapat menggunakan kabel USB-C yang dicolokkan di bawah casing.

Secara keseluruhan, realme Buds Air 5 memiliki daya tahan baterai hingga 38 jam. Satu earbud dilengkapi dengan baterai 43 mAh. Sedangkan casing-nya dilengkapi dengan kapasitas baterai 460 mAh. TWS ini mendukung sistem fast charging yang memungkinkan kamu mendengarkan musik selama 7 jam hanya dengan mengisi daya selama 10 menit.

Kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan Buds Air 5 dalam kondisi yang kurang bersahabat, seperti contohnya ketika sedang hujan gerimis atau berkeringat saat berolahraga. Pasalnya, earphone nirkabel ini memiliki sertifikasi IPX5. Perangkat ini juga telah lulus berbagai pengujian ketahanan.

Sebelumnya telah saya singgung bahwa Buds Air 5 memiliki fitur Google Fast Pair. Seperti namanya, fitur ini memungkinkannya terhubung dengan cepat pada ponsel/tablet yang mendukung. Earbuds akan dapat langsung melakukan koneksi ke perangkat terdekat tanpa harus melakukannya secara manual. Selain itu, pengguna juga dapat melihat informasi baterai dengan mudah di perangkat yang terhubung.

realme Buds Air 5 mendukung ANC hingga 50 dB. Ini adalah TWS dengan peredam kebisingan aktif 50 dB pertama di segmen harganya. Perangkat ini juga secara pintar mengidentifikasi berbagai macam kebisingan, seperti di dalam ruangan dan di jalan.

TWS tersebut mampu menyesuaikan kedalaman pengurangan kebisingan berdasarkan karakteristik suara yang berbeda dan memilih pengurangan kebisingan yang paling sesuai untuk pengguna, dengan mempertimbangkan kenyamanan dan efek peredam kebisingan.

Earbuds dengan driver besar 12,4 mm ini hadir dengan konektivitas Bluetooth 5.3 sehingga memiliki transmisi lebih cepat. Bagi yang gemar bermain game, Buds Air 5 dapat diandalkan. Pasalnya, ini memiliki Game Mode yang menawarkan latensi sangat rendah hingga 45 ms. Dengan teknologi Bluetooth transmisi ganda berlatensi rendah, aliran sinyal suara dari perangkat sumber dapat dilakukan secara simultan di kedua earbuds, sehingga memberikan pengalaman bermain game (atau menonton film) yang lebih menyenangkan. Kamu dapat mengakses Game Mode lewat aplikasi realme Link.

Tidak luput pula fitur kontrol cerdas yang mempermudah kontrol musik. Pada bagian belakang earbud, terdapat sensor sentuh kapasitif. Kamu dapat menggunakan sensor ini untuk mengakses musik seperti play/pause (ketuk dua kali), lagu berikutnya (ketuk tiga kali), dan mengubah mode ANC/transparent (tekan dan tahan). Fitur penyesuaian volume, asisten suara, dan peralihan lagu sebelumnya dapat dikonfigurasikan dengan gerakan khusus dalam aplikasi.

Selama menggunakan fitur kontrol cerdas, saya merasa sensor ini cukup responsif sehingga dapat mendeteksi pengoperasian dengan akurat. Selain itu, ada pula sensor di bagian yang menghadap ke telinga yang berguna untuk mendeteksi apakah realme Buds Air 5 sedang dipakai atau tidak. Musik akan secara otomatis dijeda ketika earbud dilepas dari telinga, dan akan melanjutkan pemutaran musik ketika earbud dikenakan kembali.

Performa

Teknologi ANC pada realme Buds Air 5 memiliki kualitas yang sangat andal untuk TWS dengan harga di bawah Rp1 juta. Ketika saya sedang berada di kedai kopi, suara sekitar saya dapat diredam dengan sangat baik. Musik yang diputar dari speaker di sekitar langit-langit kedai kopi dapat diredam cukup bagus sehingga tidak terlalu terdengar lagi oleh saya.

Selain itu, suara orang-orang yang mengobrol di sekitar saya dapat diredam dengan baik. Bahkan, suara grinder mesin kopi menjadi tidak terlalu mengganggu. Hal yang tidak kalah menariknya adalah ketika saya sedang berada di dalam basement, tempat banyak kendaraan diparkir. Di sini, suara gemuruh dapat diblokir sehingga tidak terlalu mengganggu. Suara mesin sepeda motor atau mobil yang berjalan di samping saya dapat diredam dengan sangat baik sehingga tidak terdengar.

Sementara itu ada mode transparansi yang berguna untuk berbicara kepada teman tanpa membuka earbuds. Mode ini dapat diaktifkan dengan mengakses sensor kapasitif di batang earbud atau lewat aplikasi realme Link di perangkat yang sedang terhubung.

Kamu juga dapat menggunakan realme Buds Air 5 untuk melakukan panggilan telepon. Selama mengujinya, suara lawan bicara saya terdengar sangat jelas. Di sisi lai, teman saya juga dapat mendengar suara saya dengan jelas tanpa gangguan gema. Hal ini tidak lepas dari fitur 6-mic Call Noise Cancellation.

Sekarang saatnya menguji kualitas suaranya. Agar dapat menguji kualitas suara realme Buds Air 5, saya mendengarkan beberapa lagu. Sebagai informasi, lagu yang saya gunakan untuk menguji TWS tersebut berasal dari aplikasi Spotify yang sebelumnya saya unduh dengan kualitas terbaik atau ‘Very High’.

Lagu pertama yang menjadi pilihan saya berjudul “I Want You” yang dinyanyikan oleh grup band Savage Garden. Awal-awal musik diputar, terdapat instrumen berfrekuensi menengah yang terdengar bergantian di channel kiri dan kanan. Separasi efek stereo dari instrumen yang memiliki ritme cepat tersebut terasa cukup lebar sehingga dapat dikatakan Buds Air 5 memiliki staging yang bagus di kelasnya.

Bass yang dihasilkan terdengar dengan baik dan tidak mendominasi frekuensi lainnya. Alhasil, meski dentuman bass tegas, tetapi suara backing vocal masih terasa jelas di masing-masing channel. Dalam lagu yang dibawakan oleh band asal Australia tersebut, ada dimana suara frekuensi rendah dibarengi dengan suara frekuensi tinggi.

Sayangnya, saya merasa frekuensi tinggi tersebut seharusnya lebih responsif lagi. Meski demikian, ini tidak menurunkan kualitas secara keseluruhan, apalagi detail instrumen musik masih terdengar cukup jelas.

Untuk suara bass yang sangat rendah, Buds Air 5 mampu mengatasinya dengan cukup baik. Ini terjadi ketika saya memutar lagu “Can I Have it Like That?” yang dibawakan oleh Pharrel Williams dan Gwen Stefani. Frekuensi yang sangat rendah tersebut membuat atmosfer seluruh musik menjadi terasa bersemangat.

Ada pula instrumen yang berbunyi dari frekuensi agak rendah menuju sangat rendah yang “berjalan” perlahan dari channel kiri ke kanan; semua ini dapat ditangani dengan baik. Sekali lagi, bass yang tebal ini tidak mengorbankan suara frekuensi lain, termasuk suara vokal.

Lagu selanjutnya yang saya gunakan untuk menguji kualitas suara TWS realme Buds Air 5 adalah “Affirmation” versi live dari Savage Garden. Suara para penonton terdengar bagus sehingga suara konser dari band itu sangat terasa. Di sisi lain, suara seluruh alat musik terdengar dengan jelas, termasuk instrumen berfrekuensi menengah dan tinggi. Dan ya, sekali lagi, kualitas bass yang dihasilkan terdengar bagus.

Kualitas yang tidak kalah penting adalah suara vokal terdengar bagus. Satu hal yang menjadi catatan adalah, suara frekuensi seharusnya lebih responsif lagi. Kabar baiknya adalah, suara backing vocal dan instrumen pengiring lainnya terdengar jelas selama musik live tersebut.

Setelah mendengarkan musik, saya mulai bermain game untuk mengetahui performa Buds Air 5 saat digunakan untuk bermain game sebagai kelengkapan audio. Dengan latensi yang sangat rendah, TWS terbaru dari realme tersebut memiliki konektivitas yang dapat diandalkan selama bermain game. Hal ini tidak lepas dari fitur Game Mode yang dapat diaktifkan melalui aplikasi realme Link. Efek surround terasa bagus dan imersif ketika saya bermain game Shine Runner. Tentu saja, simulasi surround pada realme Buds Air 5 juga terdengar apik ketika saya menonton film.

Kesimpulan

Dengan harga Rp699.000, TWS realme Buds Air 5 memiliki harga yang terjangkau dan fitur yang banyak. ANC yang diberikannya sangat berkualitas sehingga cocok bagi kamu yang sedang mencari TWS dengan ANC bagus tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam. Meskipun ada hal yang perlu diperbaiki, secara keseluruhan kualitas suaranya terdengar bagus, apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang penggemar bass.

Konektivitas yang diberikannya juga andal lantaran tetap stabil dalam hal apapun, termasuk ketika kamu sedang bermain game atau menonton film. Ada pun serangkaian sensor yang diberikannya menjadikan pengguna lebih praktis saat mengoperasikannya.

80
realme Buds Air 5
 
Keunggulan
  • Bass bagus
  • Sound stage lebar
  • ANC andal
 
Kekurangan
  • Bodi earbud licin, terkadang agak sulit diambil dari casing
  • Frekuensi tinggi seharusnya lebih responsif lagi
Share
×
tekid
back to top