sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Minggu, 16 Mei 2021 11:30 WIB

Review OPPO Band, banyak fitur kekinian

Meski hadir dalam wujud smartband, OPPO Band dibekali berbagai fitur-fitur menarik dan dijual dengan harga yang cukup kompetitif.

Review OPPO Band, banyak fitur kekinian

Setelah sempat meluncurkan wearable pertamanya melalui OPPO Watch tahun lalu, OPPO selaku merek yang khas dengan warna hijau tersebut kembali mengenalkan wearable terbarunya. Jika OPPO Watch menyasar pasar premium, varian kedua ini merupakan varian yang lebih ramah pengguna. Hadir dalam wujud smartband, OPPO mengenalkan OPPO Band.

Desain

OPPO Band hadir dengan desain yang kurang lebih sama dengan kebanyakan smartband di pasaran. Namun pastinya ada hal yang membedakan dari wearable milik OPPO ini terutama dari jenis layar yang digunakan.

OPPO Band hadir dengan layar AMOLED berukuran 1,1 inci Full Color dengan logo OPPO di bagian bawah. Itu artinya layar OPPO Band mendukung tampilan berwarna dan menawarkan resolusi tinggi dalam bidang pandang yang cukup lebar, dengan total 50 karakter yang dapat ditampilkan.

Layar Lebar pada OPPO Band memberikan kenyamanan tersendiri saat dilihat. Terlebih, layar berjenis AMOLED ini dirancang dengan kaca 2.5D yang tampak elegan dan dapat menampilkan konten yang tajam dengan tampilan warna yang apik karena sudah mendukung DCI-P3. Hal ini juga membuat konten pada layarnya dapat terlihat dengan mudah dan tajam meski dipakai di luar ruangan.

Desain strap-nya tergolong aman dikenakan karena menggunakan desain yang saling mengikat. Hal ini untuk menghindari band mudah terlepas dari tangan ketika tak sengaja pengaitnya terlepas.

Bahan dari band-nya sendiri disinyalir menggunakan material silikon yang ringan dan tidak mudah menimbulkan gesekan pada kulit. Memberikan rasa nyaman saat dikenakan, serta tahan air.

Untuk proses pengisiannya, pengguna harus melepas modul layar dari strap band-nya. Kemudian dipasangkan pada charging pad yang juga disertakan dalam paket penjualan. Untuk melepas modulnya juga cukup mudah, cukup tekan dari logo OPPO ke arah bawah. 

 

Tampilan menu dan aplikasi HeyTap Health

Sama seperti smartband lainnya, OPPO Band juga hadir dengan menu serta cara akses fitur-fitur yang dibawanya. Satu kali sentuhan pada layar dalam kondisi mati, akan menghidupkan layarnya. Responnya juga tergolong gesit. Kalian juga dapat menghidupkan fitur Raise to Wake agar layar menyala otomatis ketika pergelangan tangan diangkat.

Satu kali sentuhan pada saat layar menyala (Home Screen) maka akan menampilkan beberapa informasi meliputi koneksi, mode malam, baterai, jumlah langkah, kalori serta hari dan tanggal.

Jika layar OPPO Band disapu karah atas atau bawah, pengguna dapat melihat beberapa menu meliputi, Daily Activity (pengukur langkah kaki, kalori, olahraga, dan aktivitas), Workouts (beragam pilihan olahraga mulai outdoor, indoor, renang, yoga, dll), pengukur detak jantung (Heart Rate), pengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2), pengukur kualitas tidur, mode latihan pernapasan, cuaca, Tools (meliputi kontrol musik, stopwatch, timer, alarm, camera, serta fitur pencari telepon), pengaturan, dan pesan.

Kalian juga dapat mengganti Watch Face dengan cepat. Caranya dengan menggeser layar OPPO Band kearah kiri atau kanan. 

OPPO Band juga hadir dengan dukungan aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone. Aplikasi tersebut bernama HeyTap Health. Aplikasi ini disiapkan untuk memudahkan pengaturan pada OPPO Band, termasuk menambahkan tampilan memantau aktivitas harian, mode olahraga, menambah Watch Face, menghidupkan fungsi monitor detak jantung dan kadar oksigen dalam darah, dan beberapa pengaturan lainnya.


Ini dia fiturnya

Setiap produk yang resmi dipasarkan pastinya menawarkan fitur-fitur unggulan sebagai nilai jualnya. Begitu juga OPPO Band yang dipasarkan seharga Rp499.000 ini, namun membawa beberapa fitur menarik bagi penggunanya. 

Fitur pertama yang mungkin juga ditemukan pada beberapa smartband di pasaran adalah tampilan Watch Face yang cukup beragam. Di OPPO Band, kalian dapat mengganti tampilan Watch Face dengan koleksi yang diberikan OPPO.

OPPO band Watch Face

Ada tiga kategori yang bisa kalian gunakan, mulai dari Discover yang akan terbagi lagi menjadi lima sub menu yang menawarkan tampilan Watch Face mewakili kategori menu tersebut, seperti tampilan tema kesehatan, seni, minimalis, atau klasik.

Kalian juga dapat membuat tampilan Watch Face menggunakan foto favorit kalian. Berkat penggunaan layar AMOLED, OPPO Band dapat menampilkan foto favorit untuk dijadikan Watch Face. Tampilan foto yang ditampilkan memang akan disesuaikan dengan rasio layar pada OPPO Band, menariknya foto terlihat terang dan warnanya cukup tajam. Dari foto kebun yang saya pasang, tampak detil warna pada daun, langit dan awan dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Fitur selanjutnya adalah Daily Activity, ya fitur ini sudah umum ditemukan pada wearable pintar kebanyakan. Fitur ini berfungsi untuk menghitung jumlah aktivitas harian kita, meliputi berapa langkah yang sudah kita lakukan, berapa jumlah kalori yang sudah terbakar, atau lama kita berolahraga. Fitur ini dapat menghitung secara otomatis dan menyimpan log pada perangkat terlebih dahulu, jika kalian ingin melihatnya pada smartphone, cukup buka HeyTap Health untuk detail aktivitas harian yang sudah kalian lakukan. Kalian juga dapat mengatur target dari masing-masing kategori, seperti berapa langkah yang harus dicapai dalam sehari atau total kalori yang harus dibakar.

Meski hanya berupa smartband, OPPO Band mendukung 12 mode olahraga yang terdiri dari olahraga di dalam ruangan, di luar ruangan, termasuk berjalan kaki, berlari, bersepeda, elips, sampai mendayung, kriket, bulu tangkis, renang dan yoga. Dengan pilihan mode yang cukup banyak, kalian tetap dapat memantau sesi olahraga favorit kalian.  

Fitur yang berkaitan dengan kesehatan adalah salah satu fitur yang paling saya suka. OPPO Band memiliki dua fitur kesehatan yang memiliki peran cukup penting bagi pengguna saat ini yang memerlukan asisten pribadi setiap saat.

Di OPPO Band kalian akan mendapatkan fitur penghitung detak jantung, kadar oksigen dalam darah, serta waktu tidur. Menariknya, fitur ini dapat dinyalakan sebagai pemantau setiap harinya melalui HeyTap Health. Kalian dapat melihat rata-rata penghitungan detak jantung, kadar oksigen dalam darah, serta waktu tidur beserta jumlah yang dianjurkan. Kalian juga dapat mengatur interval kapan fitur ini aktif, defaultnya fitur penghitung detak jantung akan menghitung setiap 6 menit, namun kalian dapat mengubahnya menjadi setiap 2 menit sekali atau setiap detik.

Untuk kalian yang sangat disiplin akan jadwal-jadwal terentu, atau tidak ingin terlewat momen penting setiap harinya, OPPO Band memiliki fitur Alarm sendiri. Kalian dapat mengatur hingga total 5 Alarm.

Selain dapat menjadi perangkat pengingat aktivitas dan pemantauan, OPPO Band juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan lainnya seperti kontrol pemutar musik, fitur untuk membunyikan smartphone saat kalian lupa dimana meletakkannya, stopwatch, timer, juga shutter kamera.

Dirancang sebagai perangkat harian, OPPO Band dibekali kemampuan tahan air hingga kedalaman 50 meter. Meski belum mencobanya untuk berenang langsung, namun fitur tahan airnya sudah terbukti ketika saya pakai hujan-hujanan, terkena air saat wudhu dan mandi. Selama sudah hampir dua minggu memakainya, OPPO Band masih tetap berfungsi normal tanpa kendala

Fitur yang tidak kalah menarik adalah kemampuan pengisian dayanya yang relatif singkat. Hanya mengandalkan port USB pada laptop, OPPO Band dapat terisi penuh kurang dari 1 jam. Sementara daya tahan OPPO Band juga perlu diapresiasi. Dengan tingkat kecerahan layar yang saya naikkan satu tingkat dari pengaturan bawaan, serta fitur pemantuan yang diaktifkan, OPPO Band dapat bertahan kurang lebih 5 hari dengan kondisi notifikasi yang cukup intens.

Kesimpulan

Meski hadir dalam wujud smartband, OPPO Band dibekali dengan berbagai fitur-fitur menarik. Dimulai dari penggunaan layar AMOLED berukuran 1.1 inci yang dapat menampilan tampilan layar yang terang dan tajam di berbagai kondisi. Selain itu, layarnya juga tampil apik dengan pinggiran melengkung dan responsif saat disentuh.

Untuk sebuah smartband, OPPO Band juga menawarkan fitur yang cukup komplit mengingat banderol harganya yang cukup kompetitif dibanding dengan merek kompetitor. OPPO Band menawarkan fitur penghitung aktivitas harian, pemantau detak jantung dan kadar oksigen dalam darah, pengisian yang relatif cepat, dan daya tahan yang cukup lama. Perangkat ini bisa dijadikan pilihan hadiah untuk orang tersayang atau perangkat yang bisa membantu kalian kembali fit setelah menyantap santapan Lebaran.

OPPO Band
 
Keunggulan
  • Layar AMOLED
  • Pemantauan detak jantung dan SpO2
  • Tahan lama
 
Kekurangan
  • Metode pengisian harus lepas modul
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top