sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
Selasa, 30 Mar 2021 16:15 WIB

Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, klasik tetap yang terbaik

Lenovo membawa beberapa upgrade di ThinkPad E14 Gen 2, termasuk menggunakan prosesor AMD generasi terbaru.

Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, klasik tetap yang terbaik

Lenovo baru saja membawa jajaran laptop bisnis terbaru mereka ke Indonesia. Kali ini, mereka memperkenalkan Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, yang memiliki harga yang sangat terjangkau untuk sebuah laptop bisnis profesional.

Dari sisi desain, Lenovo masih mempertahankan desain klasik dari ThinkPad. Sebenarnya, menurut kami desain ini masih belum terlihat usang. Soalnya, menurut kami, klasik masih tetap yang terbaik.

Jika dilihat dari bagian depan, kita masih akan melihat logo ThinkPad yang cukup besar di pojok kanan atas. Dan di atas huruf “i”, terdapat sebuah lampu LED warna merah saat kita menyalakan laptop tersebut.

Warnanya masih berkelir hitam, namun masih menyisakan permasalahan yang sama. Jika tangan kalian berminyak atau berkeringat dalam jumlah yang banyak, pastinya sidik jari dan bekas minyak akan sangat mudah menempel di bagian casing.

Layout dari keyboard-nya pun masih sama dengan model-model sebelumnya. Bagi yang terbiasa, keyboard ini sangat nyaman untuk digunakan. Key-nya lebar-lebar dan memiliki cekungan yang pas dengan bentuk ujung jari.

Pentil merah yang dapat dijadikan penggerak kursor juga masih tersedia. Ya, jika kita bekerja dengan menggunakan sarung tangan, fitur ini sangat berguna karena seringkali touchpad tak merespon saat kita menggunakan sarung tangan.

Bagi pengguna awam, keberadaan tombol fn dan Control yang tertukar posisinya merupakan sebuah masalah yang besar. Tapi, sekali lagi, jika kalian pengguna lama ThinkPad, ini bukan merupakan sebuah masalah yang besar.

Meski demikian, mereka menyematkan banyak pembaruan. Salah satunya adalah fitur pemindai sidik jari di tombol power. Hal ini menjadikan para pengguna dapat masuk ke dalam OS tanpa harus mengetikkan jari.

Penempatannya pun sangat cocok, yakni ada di pojok kanan atas. Hal ini tidak mengganggu apapun, dikarenakan saat ini cukup banyak vendor laptop yang menyematkan tombol power di sebelah tombol delete atau escape.

Kameranya pun masih mendapatkan fitur keamanan yang bernama Security Shutter. Ya, para pengguna dapat secara manual menutup shutter saat kamera tak digunakan. Sayang, tak ada kamera IR di laptop ini sehingga kita tidak mendapatkan fitur Windows Hello.

Seperti versi sebelumnya, ThinkPad E14 Gen 2 masih menghusung layar 14 inci. Hal ini membuat laptop ini terasa kompak dan gampang dibawa kemana-mana. Bobotnya juga hanya 1,6Kg, membuatnya sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

Dan untuk layar, kalian akan mendapatkan panel IPS dengan kecerahan hingga 250 nits. Kalian juga akan mendapatkan resolusi FHD dimana sangat cocok untuk menonton film di berbagai layanan streaming video.

Menariknya, meski tergolong ke dalam laptop bisnis, Lenovo tetap menyematkan 2 x 2W speakers by Harman Kardon. Speakernya menghasilkan suara yang sangat baik, dan cocok untuk digunakan menonton berbagai macam konten multimedia.

Meski kecil dan tipis, Lenovo mengklaim bahwa laptop ini dapat bertahan hingga 13 jam. Di pengujian menggunakan aplikasi, laptop ini dapat bertahan maksimal di 7 jam saja. Dan saat digunakan bekerja dalam keadaan standar, laptop ini dapat bertahan hingga 9 jam.

Daya tahan laptop yang tinggi ini bukan hanya berasal dari baterainya saja yang berukuran 45Wh saja. Namun, dikarenakan laptop ini juga sudah menggunakan prosesor AMD generasi terbaru.

Untuk unit yang kami ulas kali ini, kami mendapatkan spesifikasi AMD Ryzen 5 4500U, dengan RAM 8GB single-channel yang dapat dengan mudah di-upgrade, dan SSD NVMe 512GB yang juga dapat diupgrade dengan mudah. Dan berikut ini hasil pengujian kami :

Yang paling menarik adalah Lenovo menawarkan laptop ini dengan harga yang cukup terjangkau. Kalian dapat membeli Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 dengan hanya harga Rp11.385.000 saja.

Dan menurut kami, ini merupakan salah satu penawaran yang tak dapat dilewatkan dengan mudah. Dengan harga yang terjangkau, kalian akan mendapatkan sebuah laptop bisnis yang tahan banting, namun tetap memiliki ukuran yang kompak serta bobot yang sangat ringan.

80
Lenovo ThinkPad E14 Gen 2
 
Keunggulan
  • Harga Terjangkau
  • Performa Apik
  • Asik Buat Kerja atau Multimedia
 
Kekurangan
  • Baterai Kurang Panjang
  • Body Gampang Kotor
  •  

 

Share
×
tekid
back to top