sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Kamis, 23 Jul 2020 13:02 WIB

Review Kingston KC 2500: Kencang, aman, tahan lama

Dijual mulai dari Rp1,3 juta-an, Kingston KC 2500 menawarkan kecepatan yang tinggi dan juga keamanan yang cukup baik.

Review Kingston KC 2500: Kencang, aman, tahan lama

Teknologi penyimpanan SSD saat ini merupakan salah satu teknologi yang telah banyak berkembang. Saat ini, semakin banyak SSD NVMe yang memiliki kecepatan tinggi, memiliki waktu pakai yang panjang, serta memiliki kemampuan enkripsi tersendiri.

Salah satunya adalah Kingston KC 2500, yang baru-baru ini secara resmi meluncur di Indonesia. SSD ini diklaim memiliki kecepatan yang sangat tinggi, memiliki masa pakai yang panjang, serta memiliki sistem enkripsi mandiri.

Saat pertama kali melihat SSD ini, kami langsung terpana dengan padatnya chipset yang ada di perangkat ini. Baik di bagian depan ataupun di bagian belakang terlihat sangat penuh, tidak kosong seperti beberapa SSD M.2 lain.

Kingston KC2500 NVMe ini dilengkapi dengan kontroler Gen 3.0 x 4 terbaru. Digabungkan dengan TLC NAND 96-layer 3D, SSD ini akan dapat menghasilkan kemampuan transfer data yang sangat tinggi.

Kingston mengklaim bahwa SSD seri KC2500 ini hadir dengan kecepatan read hingga di kecepatan 3500 MB/detik. Sedangkan kecepatan write, SSD ini memiliki kecepatan hingga 2900 MB/detik.

Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan komputer testbed dengan spesifikasi sebagai berikut :

Prosesor Intel Core i9-1090K
CPU Cooler Corsair iCUE H115i RGB PRO XT
Motherboard ASUS ROG Strix Z490-E Gaming
RAM DDR4 16GB (2x 8GB)
Graphics Card GeForce GTX 1070
PSU 800 watt
Windows 10


Kingston KC 2500 1TB

Berikut ini hasil benchmark yang telah tim Tek.id lakukan :

Seperti yang dapat kalian lihat, kecepatan dari SSD ini saat diuji menggunakan Crystal Disk Mark mendekati klaim yang dibuat oleh Kingston. Dan hal ini merupakan kecepatan yang sangat tinggi.

Yang paling penting, SSD ini juga hadir dengan kemampuan enkripsi otomatis yang mendukung rangkaian keamanan penuh untuk perlindungan data secara menyeluruh menggunakan enkripsi berbasis perangkat keras AES-XTS 256-bit.

Pengguna juga dapat menggunakan perangkat lunak independen dengan solusi manajemen keamanan TCG Opal 2.0 seperti SymantecTM, McAfeeTM, WinMagic, dan lainnya. KC2500 memiliki dukungan Microsoft eDrive bawaan sebagai spesifikasi penyimpanan keamanan untuk digunakan dengan BitLocker.

Di Indonesia, Kingston merilis tiga kapasitas untuk KC 2500 ini. Mereka menjual varian 256GB seharga Rp1,3 juta-an. Sedangkan untuk varian 500GB, kalian harus merogoh kocek seharga Rp2,1 juta-an.

Untuk versi yang kami uji, yakni versi 1TB, harga yang ditawarkan adalah Rp3,5 juta-an. Meski mahal, namun performa yang ditawarkan oleh SSSD ini sangat tinggi dikelasnya.

SSD ini pun cocok digunakan berbagai kalangan, mulai dari gamer hingga penggunaan di server. Hal ini dikarenakan masa pakai dari SSD ini cukup panjang, serta Kingston memberikan garansi hingga 5 tahun untuk perangkat tersebut.

Share
×
tekid
back to top