sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Sabtu, 05 Agst 2023 13:07 WIB

HP EliteBook 845 G5, laptop professional dengan prosesor AMD Pro

Menggunakan prosesor AMD Pro Series, HP EliteBook 845 G5 hadir dengan berbagai fitur untuk profesional.

HP EliteBook 845 G5, laptop professional dengan prosesor AMD Pro

HP sudah lama berkutat dengan segmen laptop bisnis melalui jajaran EliteBook mereka. Namun, setiap tahun mereka memberikan sesuatu yang ekstra agar para pengguna setianya semakin nyaman untuk bekerja.

Begitu juga dengan HP EliteBook 845 G9, yang kembali menawarkan laptop bisnis kokoh yang nyaman. Namun, yang paling menonjol di generasi ini adalah kehadiran prosesor AMD Ryzen generasi terbaru yang memiliki performa cukup tinggi.

Penasaran gimana pengalaman penggunaan laptop yang satu ini? Yuk kita bahas!

Desain modern dan minimalis, tapi tetap keren

Seperti biasa, EliteBook hadir dengan desain yang modern dan minimalis. Meski demikian, laptop ini masih memiliki aura keren yang menggambarkan eksekutif modern yang ingin selalu tampil sempurna di berbagai kesempatan. Casing depan menggunakan warna silver yang memberikan kesan elegan.

Body-nya kokoh namun tetap kompak dan enteng untuk dibawa kemanapun. Bobotnya hanya 1,4Kg dengan body 14 inci yang tipis. Jadi, kalian tidak berasa membawa sebuah laptop di tas kalian.

Desain keyboard dan touchpad dari laptop ini juga menambah kesan profesional. Dipadukan dengan keyboard berwarna hitam, memberikan kesan yang klasik. Keyboardnya enak untuk digunakan, empuk dengan travel yang cukup kecil. Pengalaman mengetiknya cukup taktile dan enak untuk digunakan sepanjang hari.

Sedangkan untuk keypadnya, ukurannya standar namun memiliki akurasi yang cukup baik. Jadi kami tidak membutuhkan menggunakan mouse selama masa pakai yang cukup lama.

Port lengkap, cocok untuk mereka yang punya banyak gadget

Konektivitas merupakan salah satu hal yang sering kali membedakan sebuah laptop bisnis dan laptop lainnya. Oleh karena itu, EliteBook 845 G9 hadir dengan port yang cukup lengkap, yang sangat cocok untuk mereka yang memiliki banyak gadget.

Di sebelah kiri terdapat port HDMI, dua port USB 4 dimana sudah mendukung Power Delivery dan Display Port 1.4, dan satu port USB Type-A Super Speed.

Sedangkan di sisi kanan tersedia satu port USB Type-A dan headphone/mic audio combo jack 3.5mm, dan sebuah slot SD Card di laptop ini.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabelnya, laptop yang satu ini hadir dengan Wi-Fi 6E yang super kencang. Dan sementara untuk Bluetooth-nya hadir dengan Bluetooth 5.2 yang super kencang pula.

Layar nan asik untuk kerja dan bersantai

Keunggulan lain yang dihadirkan oleh EliteBook 845 G9 adalah layarnya yang sangat nyaman untuk digunakan baik untuk bekerja maupun untuk mengkonsumsi multimedia. Meski belum menggunakan panel OLED, namun panel IPS yang ada di laptop ini sudah mendukung sRGB 100%.

Layarnya sudah menggunakan layar berukuran 14 inci dengan resolusi layar 1920 x 1200 pixel dan rasio 16:10. Resolusi yang lebih lebar mengizinkan kita mendapatkan ruang horizontal yang lebih besar sehingga kita dapat menampilkan ruang kerja yang lebih besar.

Kecarahan layarnya bisa mencapai 1000 nits, jadi sangat nyaman untuk digunakan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tak ketinggalan, hadir juga dukungan HDR dimana memberikan ketajaman yang lebih baik.

Hal ini membuat pengalaman menonton yang sangat nyaman. Selain itu, suara yang dihasilkan juga cukup menyenangkan untuk didengarkan. Suaranya lantang namun tidak terdistorsi meski dipasang dengan volume tertinggi. Hal ini dikarenakan speakernya sudah didukung oleh Bang & Olufsen.

Benar-benar laptop untuk berbisnis

Fitur lain yang membuat laptop ini menjadi laptop bisnis adalah hadirnya kemudahan untuk melakukan konferensi video. Baik dari kamera maupun microphone telah diatur sedemikian rupa untuk nyaman digunakan seharian.

Kameranya menggunakan kamera 5MP dengan kualitas gambar dan video yang cukup mumpuni. Performa kameranya juga cukup baik meski berada di pencahayaan yang kurang baik.

Hadir juga beberapa fitur lain seperti pendeteksi wajah dan auto framing di laptop yang satu ini. Jadi kalian akan selalu memberikan hasil video yang mumpuni selama pemakaian.

Untuk audio, hadir dua mikrofon yang juga sudah mendukung fitur noise reduction. Hal ini akan memberikan kalian hasil audio yang mumpuni meski kalian tidak menggunakan mikrofon mahal selama melakukan panggilan video.

Performa oke buat kerja dan main gim ringan

Di bagian performa, EliteBook 845 G9 memilih untuk menggunakan prosesor level profesional, yakni prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS. Prosesor ini menghadirkan berbagai fitur profesional, terutama dari sisi keamanan.

Untuk unit yang kami uji menggunakan RAM 16GB dan hadir dengan SSD 1TB NVMe PCIe 4.0 yang cukup kencang. Berikut ini performa yang ditawarkan oleh laptop yang satu ini.

 

 

Pengalaman performa selama penggunaan laptop yang satu ini cukup mengesankan. Menjalankan beberapa aplikasi office pun tidak membuat laptop ini melambat. Membuka 20+ tab di Google Chrome juga tidak menunjukkan adanya perlambatan selama pemakaian.

Kami juga mencoba untuk menggunakan laptop yang satu ini untuk menggunakan aplikasi 3D, seperti Blender dan lainnya. Selama penggunaan, laptop ini cukup responsif yang membuat proses pengerjaan lebih lancar.

Begitu juga dengan pengalaman kami menggunakan aplikasi video editor beart seperti Premiere Pro. Melakukan scrubbing video 4K tidak terasa ngelag yang membuat pengalaman penggunaan sangat nyaman.

Hadir juga GPU AMD Radeon 680M yang terintegrasi, dimana membuat kami dapat bermain gim dengan cukup lancar. Beberapa gim yang kami coba dapat berjalan dengan cukup mulus seperti DOTA2, Valorant, Genshin Impact, dan beberapa gim lain di resolusi 720p dengan fps yang cukup rata.

Sementara untuk baterai, selama pengujian, kami dapat menggunakan laptop ini selama sekitar 10 jam, dengan wifi terhubung ke internet dengan kecerahan layar sekitar 60 persen untuk bekerja. Jadi kalian tidak perlu khawatir kalau charger kalian ketinggalan di rumah.

Keamanan terjaga, tersedia fitur keamanan khusus

Sebagai sebuah laptop untuk bisnis, HP memberikan layer keamanan yang lebih untuk EliteBook 845 G9 ini. Salah satunya adalah dengan kehadiran HP Wolf Security.

Fitur ini merupakan sebuah benteng keamanan tambahan yang bisa melindungi laptop dari serangan malware atau ancaman siber lain. Fitur ini layaknya sebuah antivirus yang akan melindungi laptop meski pengguna sedang tidak membuka aplikasi tersebut.

Tak sampai di situ saja, hadir juga berbagai fitur keamanan lain seperti aplikasi HP Sure Click Pro Secure Browser. Ini merupakan peramban yang khusus diformulasi HP untuk memberikan perlindungan saat melakukan penjelajahan internet.

Hadir juga dukungan pemindai sidik jari dan Windows Hello yang membuat laptop ini lebih aman, namun memudahkan pengguna untuk log-in, dimana cocok untuk mereka yang sering meninggalkan laptop mereka sendirian.

Tak ketinggalan, ada juga fitur perlindungan privasi HP Sure View. Fitur ini bisa diakses dengan menekan tombol F2. Saat aktif fitur ini akan memburamkan layar agar tidak bisa diintip orang dari sisi kiri atau kanan.

Untuk perlindungan kamera, terdapat juga shutter yang dapat digeser untuk menutup atau membuka kamera laptop. Jadi, meski sudah terlindungi dengan berbagai software pertahanan, perlindungan secara hardware juga menyenangkan untuk didapatkan.

Kesimpulan : Laptop bisnis untuk profesional

HP menawarkan sebuah laptop binsis sempurna melalui EliteBook 845 G9. Namun, yang menjadi bintan dari laptop ini adalah kehadiran fitur keamanan, yang merupakan sebuah hal yang dibutuhkan oleh profesional.

Prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS yang hadir di laptop ini juga memberikan pengalaman penggunaan yang sempurna, baik dari performanya dan juga perlindungan di sisi prosesor. Jadi pengguna akan tetap terlindung dan tak khawatir data mereka dapat dengan mudah diretas.

Namun, dengan semua fitur yang ditawarkan, ada harga yang harus dibayar. Kalian harus merogoh kocek Rp41 juta-an. Memang sih agak mahal, namun mengingat fitur keamanan yang ditawarkan, laptop ini layak buat kalian para profesional.

80
HP EliteBook 845 G5
 
Keunggulan
  • Keamanan kece
  • Nyaman digunakan
  • Prosesor kencang
 
Kekurangan
  • Harga profesional
  •  
  •  

 

Tag
Share
×
tekid
back to top