sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 01 Agst 2023 12:55 WIB

HP 14s (fq1036AU), terjangkau dengan prosesor kencang

Menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 series, HP 14s fq1036AU hadir dengan performa yang kencang dengan harga yang terjangkau.

HP 14s (fq1036AU), terjangkau dengan prosesor kencang

Mencari sebuah laptop sub Rp10 juta memang sebuah hal yang sulit. Selain performa, banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari desain, layar, dan berbagai macam hal lainnya dari sebuah laptop.

Nah, HP menawarkan sebuah laptop baru bernama HP 14s fq1036AU. Laptop ini hadir dengan prosesor AMD generasi terbaru dan juga memiliki berbagai macam hal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Penasaran bagaimana pengalaman kami dalam menggunakan laptop yang satu ini? Yuk kita simak!

Desain apik, terlihat trendi

Seperti laptop HP pendahulunya, 14s fq1036AU hadir dengan desain yang terlihat trendi dan apik. Di bagian depan, laptop ini hadir dengan casing polycarbonate yang membuatnya ringan namun memiliki warna silver yang kece, dengan logo HP yang dilapisi chrome.

Untuk sebuah laptop 14 inci, ukurannya memang tidak terlalu ringkas. Namun dengan bobot 1,47Kg, membuat laptop ini cukup ringan dikelasnya. Begitu juga ketebalannya yang tidak terlalu gambot, menjadikan laptop ini cukup nyaman masuk di dalam tas.

Di bagian dalam terdapat sebuah layar 14 inci dengan bezel yang tipis. Hal ini membuat tampilannya terlihat trendi, tidak terkesan sebagai laptop bapak-bapak.

Bagian body dalam menggunakan warna yang senada dengan bagian lainnya, dengan finishing brushed metal yang membuat laptop ini tampil menawan. Begitu juga dengan touchpad-nya yang memiliki warna senada sehingga menimbulkan kesan premium.

Keyboardnya juga sangat empuk, dengan luasan tuts yang cukup lebar. Hal ini membuat pengalaman kami menggunakan laptop ini dalam jangka waktu yang lama sangat nyaman.

Untuk port sendiri, laptop yang satu ini hadir dengan port yang cukup banyak. Di sisi kiri terdapat slot card reader dan dua buah LED indikator. Dan di kanan sisi kanan terdapat port power adaptor, port HDMI, dua buah port USB 3.2 Gen 1 Type-A, port USB 3.2 Gen 1 Type-C, dan port combo audio 3,5mm.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, terdapat WiFi 5 yang dikombinasikan dengan Bluetooth 5. Meski belum menggunakan WiFi 6, namun tetap saja laptop ini nyaman untuk digunakan beraktivitas.

Layar lebar, asyik untuk kerja dan nonton film

Memiliki layar IPS berlayar 14 inci, laptop yang satu ini pastinya sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari. Baik untuk bekerja atau menonton film, layarnya memiliki performa yang cukup baik.

Layarnya masih menggunakan resolusi FHD dengan akurasi warna 45% NTSC. Hal ini membuat tayangan video masih mumpuni untuk ditonton, meski kurang untuk digunakan mengedit foto atau video.

Di sisi lain, untuk audionya, laptop ini hadir dengan dua buah speaker yang terletak di atas keyboard dan menghadap ke atas. Suara yang dihasilkan cukup nyaring dengan dominan mid dan high, tetapi bass masih kurang terasa.

Performa apik, enak untuk digunakan sehari-hari

Untuk performa sendiri, HP 14s fq1036AU hadir dengan pilihan prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Laptop ini hadir dengan teknologi fabrikasi Zen 2 yang memiliki performa yang sangat baik dikelasnya.

Laptop yang kami ulas menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5700U dengan RAM 8GB dual channel dan memiliki penyimpanan SSD NVMe PCIe berukuran 512GB yang cukup kencang. Dan berikut ini hasil benchmark yang kami lakukan:

 

 

Dari sisi performa, prosesor yang satu ini dapat melibas berbagai aplikasi office yang kami lemparkan. Membuka beberapa aplikasi sekaligus terasa ringan, sementara membuka tab di Chrome sebanyak 20+ tab terasa sangat seamless.

Laptop ini juga cukup responsif saat digunakan untuk melakukan editing video. Meski merasakan sedikit lag selama melakukan scrubbing video 4K, namun hal ini dapat teratasi dengan menambahkan RAM yang lebih besar.

Sementara untuk bermain gim, kami mencoba beberapa gim ringan seperti DOTA2, Valorant, Genshin Impact, dan beberapa gim lain di laptop ini. Hasilnya, kami dapat bermain di fps kisaran 40-60fps di resolusi 720p.

Dan untuk penggunaan baterai, laptop ini dapat bertahan hingga 6 jam untuk digunakan bekerja, dengan kondisi WiFi terhubung ke internet dan kecerahan layar di 60 %. Jadi, kalian tampaknya harus membawa charger kemana-mana agar tidak takut kehabisan daya.

Kesimpulan: Cocok bagi kalian yang cari laptop sub Rp10 juta

Menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 series, HP 14s fq1036AU memiliki performa yang cukup mumpuni. Prosesor ini dapat menangani berbagai aplikasi, baik aplikasi kantoran dan beberapa aplikasi berat dengan cukup baik.

Bobotnya yang cukup ringan membuat laptop ini cukup enak dibawa kemana-mana. Hanya saja layarnya yang memiliki akurasi yang menengah membuat pengalaman editing foto atau video jadi sedikit terganggu.

Untuk harga, HP 14s fq1036AU dibanderol seharga Rp9.499.000. Jadi, jika kalian memiliki budget kurang dari 10 juta, ini bisa menjadi salah satu laptop pilihan kalian.

80
HP 14s fq1036AU
 
Keunggulan
  • Performa apik
  • Harga cukup terjangkau
  •  
 
Kekurangan
  • Layar kurang akurat
  •  
  •  

 

Tag
Share
×
tekid
back to top