sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 30 Mei 2022 08:08 WIB

Review Garmin Venu 2 Plus, cocok untuk penggemar olahraga

Garmin Venu 2 Plus hadir untuk kebutuhan olahraga dan pemantauan kesehatan. Desain dari smartwatch ini cukup simpel dan ramping sehingga akan nyaman dikenakan dalam waktu lama.

Review Garmin Venu 2 Plus, cocok untuk penggemar olahraga

Garmin Venu 2 Plus adalah jam tangan pintar (smartwatch) yang digunakan untuk pemantauan kebugaran. Tidak ketinggalan pula kelengkapan GPS untuk memantau olahraga di luar ruangan sehingga dapat dilakukan lebih akurat dalam mencatat data jarak dan lainnya. Di sisi lain, ada juga integrasi speaker dan mikrofon untuk penggunaan yang lebih praktis.

Desain & Fitur

Pertama kali saya membuka Garmin Venu 2 Plus dari dalam kemasannya, hal yang terpikirkan pertama kali di benak saya adalah desain yang sangat minimalis dan ringan. Smartwatch ini hadir dengan rancang bangun melingkar, sama seperti kebanyakan smartwatch garmin di pasar.

Bisa dibilang desain yang melingkar ini terlihat kasual. Secara keseluruhan, dimensi yang diberikannya adalah 43 mm untuk diameternya dan ketebalannya hanya 12,6 mm. Oleh karena itu, wearable buatan Garmin ini terasa nyaman ketika saya kenakan. Perlu diingat bahwa, bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan yang tidak terlalu besar, mungkin Venu 2 Plus akan terasa sangat pas.

Selain bentuknya yang simpel, kenyamanan saat menggunakannya juga didukung oleh oleh strap (tali) yang dimilikinya. Bahan tali untuk smartwatch ini adalah karet silikon yang memiliki sifat yang sangat halus dan lembut. Ada pula mekanisme ‘quick release’ sehingga tali wearable ini sangat mudah dilepas/pasang. Sebagai catatan, sudah ada banyak parikan yang menerapkan mekanisme quick release pada tali smartwatch-nya.

Keuntungan dari mekanisme quick release ini adalah memudahkan ketika talinya sedang ingin dicuci atau ketika kamu sedang ingin menggantinya dengan warna berbeda. Namun, tali pada smartwatch ini tersedia hanya satu dalam kemasannya. Jadi, jika kamu ingin mengganti warna, kemungkinan harus membelinya secara terpisah.

Pada bagian sisi bawah smartwatch, Garmin mendesainnya dengan bahan stainless steel. Dengan demikian, sangat terasa premium secara keseluruhan. Pada bagian bawah ini juga terdapat sensor detak jantung yang dibuat agak sedikit menonjol. Ini untuk memungkinkan pembacaan detak jantung lebih akurat saat sedang melakukan olahraga yang membutuhkan pergerakan cepat. Meski bagian bawahnya agak menonjol, saya merasa Garmin Venu 2 Plus tetap nyaman meski digunakan dalam durasi yang lama.

Layar Garmin Venu 2 Plus dibekali dengan panel berbasis teknologi AMOLED berukuran 1,3 inci. Sebagai catatan, penggunaan layar AMOLED adalah salah satu faktor mengapa smartwatch ini memiliki ukuran yang relatif tipis. Sebab, layar AMOLED memiliki piksel yang dapat menyala sendiri sehingga tidak memerlukan lapisan modul lampu LED.

Sebagai informasi, lantaran menggunakan layar AMOLED, berarti Garmin Venu 2 Plus berbeda dalam hal layar dengan kelas flagship seperti Garmin Fenix 7 Series yang menggunakan teknologi layar transflective MIP yang sangat andal ketika dilihat di bawah penyinaran di bawah sinar matahari. Meski demikian bukan berarti layar AMOLED pada Venu 2 Plus tidak bagus saat dilihat di bawah terik matahari.

Selama saya mengujinya, layar AMOLED ini cukup terlihat di bawah penyinaran matahari. Artinya, panel ini memiliki kecerahan yang cukup tinggi (meskipun saya tidak memiliki data berapa nit dari kecerahan layar tersebut). Selain itu, terdapat pula sensor cahaya pada Venu 2 Plus agar kecerahan layarnya dapat menyesuaikan intensitas cahaya sekitar. Hal ini memungkinkan kenyaman lebih dan efisiensi penggunaan baterai.

Secara default, layar pada Venu 2 Plus tidak menampilkan Always-on Display (AOD). Hal ini sama seperti kebanyakan smartwatch dengan basis layar AMOLED yang bertujuan untuk menekan daya tahan baterai. (Catatan: layar transflective MIP pada smartwatch flagship Garmin secara default memiliki AOD karena memiliki penggunaan daya yang sangat sedikit).

Performa sensor gestur yang ada pada Venu 2 Plus sangat responsif. Secara keseluruhan layar dengan cepat langsung menyala ketika saya melakukan gerakan ingin melihat layar smartwatch. Memang, ada sekali atau dua kali (atau sangat jarang) layar smartwatch tidak merespons ketika saya melakukan gestur melihat layar. Kalau sudah begini, saya cukup menekan layar atau salah satu dari tiga tombolnya agar layarnya menyala.

Ya, layar smartwatch Venu 2 Plus dilengkapi pula dengan fungsi sentuh. Sedangkan ketiga tombol fisiknya berada di samping sebelah kanan. Artinya, akses kontrol pada smartwatch ini dapat menggunakan gabungan antara layar sentuh dan tombol fisik. Resolusi layarnya sendiri memiliki 416 x 416 piksel.

    Share
    ×
    tekid
    back to top