sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Selasa, 10 Mar 2020 18:30 WIB

Apakah mouse ini bisa membuat saya beralih dari mouse besar dan berat?

Dihargai Rp675 ribu, Cooler Master MM710 menawarkan mouse super ringan dengan akurasi sensor yang baik. Tapi, hal ini tidak membuat saya ingin beralih dari mouse super besar dan berat.

Apakah mouse ini bisa membuat saya beralih dari mouse besar dan berat?

Memiliki tangan besar membuat saya lebih suka menggunakan mouse yang besar dan berat. Selain nyaman digenggam, mouse yang berat dan besar membuat tangan saya tak cepat lelah saat bermain gim atau mengerjakan pekerjaan dalam waktu yang sangat lama.

Beberapa mouse yang telah saya gunakan (dan hingga saat ini masih digunakan) adalah Logitech G502. Saya pun menggunakan semua pemberat yang datang dalam paket penjualan untuk mendapatkan tingkat kenyamanan yang saya inginkan.

Nah, baru-baru ini redaksi Tek.id kedatangan sebuah mouse dari Cooler Master, yakni Cooler Master MM71, sebuah mouse yang diklaim jadi salah satu mouse teringan yang ada di pasaran. Akankah setelah menggunakan mouse ini, saya memutuskan untuk beralih dari mouse super besar dan berat ke mouse super ringan dan relatif kecil?

Sebelum membicarakan soal pengalaman saya menggunakan mouse ini selama kurang lebih sepekan, mari kita bicarakan mengenai spesifikasi yang diberikan Cooler Master di situs resmi mereka. MM71 diklaim memiliki bobot sebesar 53 gram saja.

Dan saat saya pertama kali mouse ini, memang terasa sangat ringan. Saking ringan, bobot dari mouse tersebut lebih ringan dari berat kabel + USB itu sendiri.

Bentuknya pun bisa dibilang sedikit unik. Untuk memangkas berat, Coolermaster memilih desain mouse berlubang yang berbentuk outline logo mereka. Dan yang paling menarik, dari 10 orang yang melihat mouse ini, mereka menyebut sedikit takut dan tak nyaman saat melihat desainnya. 

Sejujurnya, saya tak terlalu memusingkan desain ini, dan menganggap desain ini unik. Ingat, unik bukan berarti menarik.

Untuk sensor, mereka menggunakan sensor PixArt PMW3389. Mereka juga menyematkan lapisan ceramic yang cukup lebar di bagian bawah.

Dan untuk switch, mereka mengandalkan OMRON dengan jaminan switch ini akan dapat digunakan hingga 20 juta kali klik.

Ada total 2 tombol macro yang dapat dikonfigurasi pengguna menggunakan aplikasi bawaan Cooler Master. Selain itu, tidak ada lagi tombol yang dapat dikostumisasi para pengguna.

Diapit tombol utama, kita dapat melihat sebuah tombol yang berfungsi sebagai pemindah pengaturan DPI. Mouse ini diklaim memiliki tiga pengaturan dasar yakni 400 DPI, 800 DPI, dan 1200 DPI.

Meski demikian, pengguna juga dapat memilih DPI yang lebih tinggi yakni dengan pengaturan 1600 DPI, 3200 DPI, 6400 DPI, dan 16000 DPI.

Oke, setelah membahas spesifikasi dari MM710, kini saatnya saya membagikan pengalaman penggunaan saya. Kesan pertama yang saya dapatkan adalah, mouse ini terasa sangat ringan untuk dipakai.

Tiga hari saya menggunakan mouse ini, saya belum mendapatkan chemistry yang baik. Meski begitu, saya harus akui mouse ini sangat gesit saat saya ajak bermain PUBG. Baik di permukaan mousepad, kayu, dan plastik, sensor dari MM710 dapat bergerak dengan mudah.

Tombol macro di sisi kiri mouse juga sangat mudah dijangkau. Teksturnya cukup berbeda dengan finishing dari mouse tersebut, dimana tombol macro ini sedikit licin sedangkan permukaan mouse tersebut terbalut lapisan mate.

Saya sangat nyaman menggunakan mouse ini 1200 DPI. Sedangkan untuk masalah clicker-nya, terasa empuk dengan sedikit perlawanan. 

Jujur, bentuknya agak kurang cocok di tangan saya, mungkin karena tangan saya cukup besar. Saya yang terbiasa menggunakan mouse secara palm rest, harus menggunakan mouse ini dengan gaya claw. Jujur, hal ini membuat saya sangat capek meski baru menggenggam mouse tersebut selama 30 menit.

So, kesimpulan yang saya dapat berikan, jika kalian memiliki tangan yang besar dan suka mouse besar dan berat, Cooler Master MM710 ini mungkin cocok atau mungkin tidak cocok untuk kalian. Soalnya, hal ini tergantung dengan selera.

Tapi, yang jadi pertimbangan untuk kalian adalah harga dari mouse tersebut, yang bisa dibilang cukup murah. Di salah satu official store di eCommerce Indonesia, mouse ini dijual seharga Rp675 ribu.

Namun, seperti yang sudah saya jelaskan, mouse ini memiliki sensitivitas yang sangat baik di berbagai permukaan. Selain itu, pad di bagian bawah yang sangat licin membuat pergerakan MM710 salah satu yang terbaik diantara puluhan mouse yang sudah saya coba.

70
Cooler Master MM710
 
Keunggulan
  • Ringan
  • Cukup Nyaman
 
Kekurangan
  • Ukuran relatif kecil
Share
back to top