sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Selasa, 11 Mei 2021 11:30 WIB

Review AMD Radeon RX 6700 XT, 1440p lancar jaya

Pada kesempatan kali ini tim Tek.id berkesempatan untuk mengulas AMD Radeon RX 6700 XT. Dan ini dia pengalaman kami dalam menggunakan GPU tersebut.

Review AMD Radeon RX 6700 XT, 1440p lancar jaya

Para gamer saat ini sedang galau dikarenakan pasokan chipset global yang mengalami kekurangan produksi. Hal ini membuat tak hanya CPU saja yang menjadi langka, namun juga GPU menjadi sangat langka.

Nah, sembari menunggu semua hal kembali normal, tim Tek.id kedatangan salah satu GPU terbaru dari AMD, yakni Radeon RX 6700 XT. Ini merupakan salah satu GPU terkuat yang dimiliki oleh AMD saat ini.

Pada kesempatan kali ini, saya bakal membahas GPU versi reference. Memang, ulasan ini cukup terlambat. Namun, masih banyak gamer yang bertanya-tanya apakah membeli GPU AMD di 2021 ini lebih baik dari pesaingnya.

Meski menggunakan model reference, tapi GPU ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Soalnya, baik dari sisi performa dan pendinginannya tidak kalah dengan GPU milik third party seperti dari ASUS, Gigabyte, dan lainnya.

Sebelum masuk ke spesifikasi dan hasil benchmark, ada baiknya kita berbicara mengenai desain dari GPU ini. AMD sangat percaya diri untuk GPU terbaru mereka ini dikarenakan hanya menggunakan dua kipas yang berukuran besar saja untuk mendinginkan GPU ini.

Mereka menggunakan desain full shroud, dimana arah kipas akan difokuskan ke bagian belakang dan samping, sehingga tidak ada aliran udara yang terbuang ke arah belakang. Ini membuat airflow menjadi cukup efisien.

Untuk mendinginkan GPU ini, AMD pun menggunakan sebuah heatsink yang cukup besar. Heatsink tersebut dibingkai menggunakan shroud berwarna hitam dengan aksen pinggiran berwarna merah serta terdapat sebuah logo RADEON yang memiliki LED berwarna merah.

Sedangkan untuk di bagian belakang, mereka menggunakan backplate berwarna abu-abu dimana sangat cocok bersanding dengan warna hitam dan merah yang ada di GPU ini. Dan backplate ini tidak hanya melindungi GPU ini saja, namun juga membantu menghantarkan panas dari bagian belakang GPU.

Untuk daya, AMD masih percaya diri dengan menyematkan 8+6 pin untuk membuat GPU ini dapat berjalan di performa terbaiknya.

Sedangkan untuk I/O, kita akan mendapatkan cukup banyak port di bagian belakang. Ada tiga port DisplayPort 1.4 dan satu HDMI 2.1 dimana dapat mendukung resolusi maksimal 4K 120Hz atau 8K 60 Hz.

Untuk spesifikasi, GPU ini akan berjalan di mode Game Clock yang memiliki kecepatan 2424MHz. Sedangkan untuk boost clock maksimum yang dapat didapatkan pengguna sebesar 2581MH, meski kami mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi saat melakukan ulasan ini.

Tak ketinggalan, Radeon RX 6700 XT ini juga sudah dilengkapi dengan Infinity Cache sebesar 96MB. Sedangkan untuk Typical Board Power (TBP) dari GPU ini sebesar 230W yang cukup irit daya.

Pengguna juga akan mendapatkan dukungan PICe Gen 4.0 dengan VRAM 12GB yang memiliki antarmuka BUS 192 BIT. Tak ketinggalan, GPU ini juga memiliki 40 RDNA2 compute units dengan total 2,560 stream processors, serta 40 Ray Accelerator.

Dengan spesifikasi ini, pengguna pun dapat dengan nyaman bermain gim di resolusi 1440p dengan ray tracing dihidupkan. Tapi, jika kalian ingin mengorbankan sedikit tampilan grafisnya, kalian bisa kok bermain di resolusi 4K.

Untuk platform pengujian, saya akan menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 3900X, motherboard ASUS Crosshair VIII Hero WiFi, SSD WD Blue 1TB, RAM Corsair Vengeance LPX DDR4 3200MHz, dan PSU Seasonic Focus 850W dengan casing Corsair 5000X.

Dan berikut ini hasil benchmark yang tim Tek.id telah saya lakukan : 

 

 

 

 

Untuk suhu, selama pengujian, Radeon RX 6700 XT ini tergolong mampu menjaga suhu cukup dingin. Di keadaan idle dengan kipas mati, GPU ini berada di kisaran 44 derajat Celcius, dan kisaran 80 derajat Celcius saat melakukan stress test selama beberapa jam.

So, apakah kami akan merekomendasikan Radeon RX 6700 XT? Bagi kalian yang ingin mencari GPU terjangkau untuk bermain gim AAA di resolusi 1440p, GPU ini cocok bagi kalian. Apa lagi, GPU ini memiliki MSRP Rp7 juta-an.

Dengan harga tersebut dan performa yang cukup tinggi, GPU ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian saat keadaan sudah normal. Ditambah dengan kehadiran fitur ray tracing, kalian dapat menjalankan berbagai gim yang mendukung fitur tersebut dengan sangat nyaman di 1440p.

80
AMD Radeon RX 6700 XT
 
Keunggulan
  • Sudah mengadopsi teknologi ray tracing
  • Performa cukup baik
  • Dingin
 
Kekurangan
  • Langka di pasaran
  • Harga cukup tinggi

 

Tag
Share
×
tekid
back to top