sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Senin, 13 Apr 2020 15:38 WIB

Preschool and Kindergarten Learning Game, gim edukasi untuk anak-anak

Preschool and Kindergarten Learning Game adalah aplikasi gim edukasi yang ditujukan untuk anak prasekolah dan TK. Namun, dominasi fitur yang berbayar membuat Saya sulit mengeksplorasi aplikasi ini lebih jauh.

Preschool and Kindergarten Learning Game, gim edukasi untuk anak-anak
Source: Tek.id

Selama masa karantina karena virus corona (Covid-19), murid-murid dirumahkan untuk belajar di rumah. Bagi siswa SD, SMP, ataupun SMA, mereka sudah punya pedoman seperti buku-buku pelajaran. Namun, sulit bagi para orang tua yang anaknya masih di jenjang prasekolah. Orang tua harus lebih kreatif dan inovatif memberikan pelajaran yang menyenangkan selain dari gurunya di TK. Aplikasi gim edukasi anak besutan RosiMosi Academy ini mungkin dapat menambah daftar referensi belajar anak Anda.

Preschool and Kindergarten Learning Games adalah aplikasi yang berisi 24 gim edukasi interaktif untuk anak prasekolah dan TK. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 25.000 pengguna Android. Dibanding aplikasi edukasi anak lainnya yang beredar, angka ini terbilang cukup banyak.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengunduh terlebih dahulu di App Store dan Google Play Store. Tampilan pertama setelah menginstal adalah jajaran 24 jenis gim edukasi pelajaran yang 22 di antaranya masih dikunci. Bagi pengguna gratis, Anda hanya bisa memainkan 2 gim. Sedangkan untuk membuka seluruh gim, Anda perlu sign up dan membayar Rp54.000 untuk satu bulan atau Rp269.000 untuk satu tahun.

Tampilan Sign up

Di dalam aplikasi ini, gim edukasi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Basics, Language, dan Math. Setiap kelompok gim terdiri dari 8 jenis permainan edukasi. Pada gim Basics, anak akan belajar tentang nama-nama bentuk dan warna. Anak akan diminta untuk mengklik gambar dengan bentuk dan warna tertentu. Pada gim Language, anak akan diajarkan tentang huruf alphabet dan mengenal benda-benda yang diawali huruf-huruf tertentu. Sementara pada gim Math, Saya tidak bisa mencobanya karena fitur ini hanya dapat diakses oleh akun berbayar.

Tampilan gim Basicstampilan gim Language

Menurut Saya, nilai edukasi yang ada di permainan ini sangat pas bagi anak umur 3 hingga 5 tahun sehingga tidak membuat anak mudah bosan. Suara narasi yang ada di gim ini juga melengkapi sarana pembelajaran di mana anak dapat mengikuti apa yang dikatakan narator dengan jelas. Namun, narasi hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Selain itu, tampilannya juga chlid-friendly dengan tema pemandangan hijau. Anda juga bisa mengatur latar belakang aplikasi dengan menekan menu Child. Di sana Anda juga bisa melihat koleksi stiker yang didapatkan anak setelah menyelesaikan satu gim.

Tampilan menu Child

 

Setelah menyelesaikan satu gim, akan muncul pilihan untuk mengambil stiker. Lalu, setelah itu anak Anda dapat memilih stiker yang diinginkan, seperti gambar di bawah ini.

 

Tampilan untuk mengambil stiker

Untuk beralih ke pengaturan, Anda perlu menekan tombol pengaturan yang ada di pojok kanan atas selama beberapa detik. Tombol ini dirancang agar hanya bisa diakses orang tua, dan anak tidak mudah mengotak-atik aplikasi apabila mereka sudah bosan. Sayangnya Saya tidak bisa lebih dalam mengeksplorasi aplikasi ini, karena kebanyakan fitur hanya dapat diakses oleh pengguna berbayar.

Kelebihan:

Gim ini sangat mengedukasi anak dan pembelajarannya sesuai untuk anak prasekolah serta TK.

Kekurangan:

Sayangnya, narasi hanya tersedia dalam bahasa Inggris sehingga aplikasi ini lebih cocok untuk murid-murid dari PG/TK bilingual. Serta akses fitur didominasi hanya untuk pengguna berbayar.

Share
×
tekid
back to top