Review earphone bluetooth

Plantronics BackBeat FIT 3200, earphone penggemar olahraga

Plantronics BackBeat FIT 3200 hadir dengan desain sporty, tahan terhadap air, dan menyajikan suara yang andal.

Plantronics BackBeat FIT 3200, earphone penggemar olahraga

Plantronics BackBeat FIT 3200 tampil dengan desain yang sporty, sehingga cocok digunakan untuk berolahraga. Bagaimana tidak, earbuds Plantronics BackBeat FIT 3200 ini memiliki pengait pada masing-masing unit driver-nya sehingga tidak jatuh ketika kamu pakai untuk berlari atau melakukan olahraga lainnya. Terlebih lagi, Plantronic turut melengkapi earbuds dengan sertifikasi IP57 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air, sehingga aman untuk dipakai berkeringat. 

Earbuds milik Plantronics ini juga dilengkapi dengan tiga pilihan eartip karet (S, M, L) yang tipis, sehingga saya bisa menyesuaikannya dengan lubang telinga. Pada bagian sampingnya juga dilengkapi karet tambahan yang berguna untuk mengganjel eartip, agar tetap masuk dalam lubang telinga. Eartip tersebut juga mampu mengisolasi kebisingan. Sayangnya saya merasa telinga saya agak pegal saat menggunakannya dalam waktu yang lama. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Zowie S1 & S2, mouse eSports kok begini?

Corsair 220T RGB, casing ramah airflow!

QNAP QSW-308-1C, switch murah untuk rumah dan bisnis kecil


Untuk mengisi daya earphone ini cukup mudah, karena saya hanya perlu meletakkan masing-masing unit driver ke charging case dan menyambungkannya dengan kabel charger. Tentunya charging case tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan earphone agar tidak hilang saat masuk ke dalam tas. 

Ini adalah gambar dari Plantronics BackBeat FIT 3200

Terlebih lagi, charging case tersebut juga terbilang ringan dan kecil sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana. Plantronic membekali earphone ini dengan kapasitas baterai 90 mAh, yang membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam untuk mengisi dayanya hingga penuh. Saya juga bisa menggunakan earphone ini kurang lebih selama 8 jam dalam sekali pengisian daya. 

BackBeat FIT 3200 dilengkapi dengan modul kontrol pada unit driver, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Pada unit driver bagian kanan, pengguna bisa menghentikan (pause) lagu dengan cara menekannya sekali. Sedangkan ketika kamu menekan dua kali fungsinya berubah jadi mengganti lagu baru. Menekan earphone sebelah kanan tiga kali untuk memutar ulang lagu sebelumnya. 

Ini adalah gambar dari Plantronics BackBeat FIT 3200

Oh iya, pengguna juga bisa mengaktifkan Siri atau Google Assistant dengan menekan dan menahannya selama 2 detik. Sementara pada unit driver bagian kiri, pengguna bisa membesarkan volume dengan menyentuhnya sekali dan mengecilkan volume dengan menyentuh serta menahannya. 

Selama saya menggunakannya, hampir semua fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik. Namun saat saya membesarkan volume, kinerja earphone cukup lama dalam merespons. Ditambah lagi fungsi untuk mengecilkan suaranya tidak berjalan, sehingga saya harus mengecilkannya secara manual melalui smartphone atau laptop. 

Saat pertama kali menggunakannya, BackBeat FIT 3200 mampu menghilangkan suara bising yang berada di sekitar saya. Jadi saya cukup nyaman menggunakan earphone ini saat tidak ingin diganggu dan ingin fokus mengerjakan sesuatu. 

Saat saya mendengarkan lagu Sia yang berjudul "I'm Still Here" dengan format 8D, earphone ini mampu menyajikan suara 360 derajat (surround sound). Jadi suara bukan berasal dari kanan dan kiri saja, namun penyanyi juga seolah sedang memutari pendengaran saya. 

Ini adalah gambar dari Plantronics BackBeat FIT 3200

Sedangkan pada lagu The Chainsmokers yang berjudul "Roses", perangkat mampu menyuguhkan suara bass yang terbilang baik, serta menyajikan suara bergantian dari kanan dan kiri. Beralih mendengarkan lagu Maroon 5 yang berjudul "Moves Like Jagger", mampu menyajikan lagu up-beat dengan suara yang seimbang. Jadi saya tidak merasakan suara yang terlalu kencang, namun masih enak untuk dinikmati.  

Oh iya, BackBeat FIT 3200 diklaim mampu didengarkan hingga jarak 30 meter antara perangkat dengan earphone. Menurut saya klaim tersebut cukup terbukti karena saat saya mencoba pergi ke lantai dua, earphone di telinga saya masih menyala sedangkan perangkat laptop saya berada di lantai tiga. 

Kesimpulan 

Plantronics BackBeat FIT 3200 mampu memuaskan saya dalam mendengarkan lagu sehari-hari, terutama saat berolahraga. Pasalnya perangkat ini menyajikan suara yang cukup andal, bass yang pas, dan memiliki kemampuan surround sound mumpuni. Ditambah lagi baterainya yang mampu bertahan hampir seharian dan memiliki kemampuan anti terhadap air atau keringat. 

Saya juga merasa nyaman membawa earphone ini kemana pun karena dilengkapi charging case yang kecil dan ringan. Sayangnya modul kontrol untuk volume earphone ini kurang bekerja dengan baik, sehingga saya harus melakukannya secara manual melalui smartphone atau laptop. 

 
Plantronics BackBeat FIT 3200
Bagus ...
  • Memiliki sertifikasi IP57 yang tahan terhadap air atau keringat
  • Baterai tahan hampir seharian
  • Menyajikan suara yang andal untuk mendengarkan musik sehari-hari
Kurang ...
  • Earbuds membuat telinga sedikit pegal bila digunakan dalam waktu lama
  • Modul kontrol volume kurang bekerja dengan baik
  •  
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: