sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Senin, 15 Mar 2021 13:15 WIB

OPPO Reno5 5G, versi Reno5 lebih kencang

Hadir dengan dukungan jaringan 5G serta prosesor Snapdragon 765G, OPPO Reno5 5G memang menawarkan perbedaan yang cukup signifikan dalah aspek kecepatan.

OPPO Reno5 5G, versi Reno5 lebih kencang

Saat ini OPPO sudah meluncurkan dua varian Reno5 di Indonesia. Versi pertama adalah Reno5 4G yang ditawarkan pada kisaran harga Rp5 jutaan. Sementara versi kedua adalah Reno5 5G yang diklaim memiliki perbedaan yakni dalam hal kecepatan.

Hal tersebut memang bisa dipahami terutama jika kita melihat dari sisi jaringan di mana perangkat tersebut disiapkan, yakni jaringan 5G. Ya, 5G menjanjikan banyak hal di berbagai industri. Termasuk perangkat pintar yang kini menjadi perangkat primer masyarakat di seluruh belahan dunia. Namun, apakah hanya itu yang berbeda dari kedua varian OPPO Reno5 tersebut?

Desain identik

Dari sisi desain tampaknya tak banyak yang berbeda antara dua varian Reno4 4G atau pun varian 5G-nya. Malah bisa dikatakan keduanya memiiki bentuk yang identik. Tinggi, lebar, dan tebalnya pun serupa. Perbedaannya hanya pada beratnya yang terpaut 1mm, di mana OPPO Reno5 5G berbobot 172 gram. Itu pun tidak bisa dirasakan, harus diintip dari table spesifikasi di situs remsi OPPO Indonesia. Meski begitu, perangkat ini masih lebih ringan dari smartphone kebanyakan.

Luas layar serta penempatan kamera selfie bergaya punch hole juga tampak serupa. Begitu juga letak tombol daya dan volume, slot sim tray, serta port daya dan audio di sisi bawah smartphone.

Kedua seri Reno5 yang Tek.id terima kebetulan berwarna Starry Black. Tampilannya memang tampak elegan dengan permainan gradasi di sisinya. Konfigurasi kamera tampak sama, menggunakan empat buah kamera beserta flash yang diletakkan pada housing berbentuk persegi dengan sudut membulat. Tak ketinggalan infromasi 64MP AI QUAD CAM masih terlihat di sana.

ColorOS 11

Salah satu yang membuat pengalaman menggunakan smartphone OPPO cukup menyenangkan adalah sistem operasinya yang dikenal dengan ColorOS. Ya system operasi yang terus dikembangkan tim litbang OPPO ini menawarkan banyak hal untuk penggunanya. Tujuannya untuk memberikan pengalaman paling personal dan lebih baik antara perangkat OPPO dengan penggunanya.

Terlebih lagi untuk varian OPPO Reno5, system operasinya sudah yang terbaru yakni ColorOS 11. Versi ColorOS ini menawarkan kustomisasi yang sangat luas, memiliki system keamanan yang baik, juga mengoptimalkan kinerja perangkat.

Dari sisi persoalisasi, pengguna perangkat OPPO yang menjalankan ColorOS 11 dapat mengkustomisasi themes, wallpaper, Always-On Display, desain ikon tampilan, susunan aplikasi, efek fingerprint, font, sampai Edge lighting.

Tak hanya visual, OPPO Reno5 juga memiliki system keamanan baik dari dalam maupun dari luar. Salah satu fiturnya yang cukup menarik adalah Smart Message Privacy. Fitur ini dapat mengurangi risiko informasi sensitive pada layar diintip orang lain. Caranya dengan menggunakan kamera muka, OPPO Reno5 dapat mendeteksi wajah asing kemudian menyembunyikan pesan ketika mendeteksi wajah selain pengguna dari ponsel tersebut. Ada pula keamanan untuk melindungi pengguna saat bertransaksi online.

System operasi yang terus dikembangkan ini juga menawarkan beberapa kemudahan untuk pengguna dalam mengembangkan kreativitasnya melalui SoLoop, meningkatkan produktivitas dan berbagai fitur menarik lainnya.

Snapdragon 765G yang sudah siap mendukung 5G

Spesifikasi adalah perbedaan paling menonjol antara kedua seri Reno5 4G dan 5G. Di mana varian 4G ditenagai Snapdragon 720G, sementara varian 5G ini dibekali prosesor Snapdragon 765G. Salah satu hal yang dimiliki prosesor ini adalah sudah mendukung jaringan 5G, sementara Snapdragon 720G belum memiliki dukungan terhadap jaringan selular generasi kelima tersebut.

Meski ada perbedaan, namun kedua prosesor tersebut juga memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya adalah kecepatan clock prosesornya hingga 2,3GHz. Kedua prosesor ini juga memiliki beberapa fitur dukungan Elite Gaming, kemampuan AI, dan beberapa hal lainnya.

Nah, seperti apa sih perbedaan performa dari kedua prosesor tersebut. Di bawah ini, saya akan menampilkan beberapa hasil pengujian yang saya lakukan menggunakan aplikasi benchmark sintetis untuk mendapatkan gambaran dari kinerja prosesor tersebut. Berikut datanya:

Jika melihat hasil skor yang didapatkan OPPO Reno5 5G yang ditenagai prosesor Snapdragon 765G, hasilnya memang lebih unggul jika dibandingkan dengan OPPO Reno5 yang ditenagai prosesor Snapdragon 720G.

Snapdragon 765G mendapatkan skor 606 pada pengujian single-core dan 1822 pada pengujian multi-core. Sementara Snapdragon 720G mendapatkan skor 569 pada pengujian single-core dan 1703 pada pengujian multi-core. Di sini menunjukkan meski memiliki kecepatan clock yang sama, tetap ada peningkatan performa dari kedua prosesor tersebut. Hal ini juga mengambarkan bahwa prosesor 765G pada OPPO Reno5 5G lebih kencang.

Hasil perolehan skor pada pengujian PCMark juga tampak lebih unggul OPPO Reno5 5G. Pengujian PCMark ini mensimulasikan kemampuan sehari-hari seperti berselancar di beberapa situs, editing video, membuka aplikasi untuk mengetik, editing foto, dan beberapa hal lainnya. Hasilnya dapat menjadi acuan sebaik apa performa perangkat untuk menjalankan beberapa aktivitas tersebut.

Dapat diihat, perolehan skor keseluruhan OPPO Reno5 5G sebesar 8410. Unggul 333 poin dengan OPPO Reno5 yang ditenagai 720G.

Skor pengujian kemampuan grafis juga menunjukkan hasil yang sama, di mana OPPO Reno5 5G lebih unggul dalam perolehan kemampuan pengolahan grafis. Hal ini bisa dilihat dari skor di atas, hampir di semua metode pengujian 3DMark OPPO Reno5 5G mengungguli OPPO Reno5 4G.

Menariknya, meski tidak dijelaskan secara rinci tipe storage yang dipakai, namun dari pengujian PCMark Storage kembali menunjukkan bahwa kinerja baca tulis dari OPPO Reno5 5G lebih cepat dari OPPO Reno5 4G. Dapat dilihat kemampuan OPPO Reno5 5G dalam membaca hampir dua kali lebih cepat dibanding OPPO Reno5 4G.

Untuk urusan daya tahannya, dari hasil pengujian OPPO Reno5 5G dapat bertahan selama 15 jam 43 menit. Namun, OPPO juga memiliki fitur yang dapat menekan penggunaan daya disaat genting pada mode Power Saving dan Super Power Saving. Di mana saat baterai tersisa 5%, namun kalian masih bisa membuka GMaps untuk mengantarkan kalian pulang.

    Share
    ×
    tekid
    back to top