sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Kamis, 21 Jan 2021 12:10 WIB

Review OPPO Reno5, fitur kian komplit

OPPO Reno5 bisa dikatakan smartphone yang cukup komplit saat ini, ditunjang kinerja yang gsit, serta berbagai fitur yang dibutuhkan pengguna muda.

Review OPPO Reno5, fitur kian komplit

Mengawali tahun 2021 OPPO sudah langsung tancap gas dengan meluncurkan varian Reno baru yang dinamai Reno5. Kabarnya bakal ada tiga varian untuk Reno5 ini.

Pada peluncurannya kemarin, OPPO memang baru akan menyediakan perangkat OPPO Reno5 4G terlebih dahulu melalui pre order dan mulai tersedia di pasaran mulai hari ini, 21 Januari. Sementara dua dua varian lain yakni OPPO Reno5 5G diperkirakan akan rilis pada bulan Februari, juga OPPO Reno5 F yang kabarnya baru akan dipasarkan pada bulan April mendatang.

Varian baru ini diklaim membawa fitur baru pada sektor videografinya, seperti yang sering dijelaskan OPPO bahwa varian Reno ini lebih memfokuskan pada pengguna muda dengan menawarkan inovasi-inovasi pada sektor tersebut.

Apa saja hal baru dari Reno5?

Tetap stylish dan tipis

Salah satu faktor yang cukup saya suka dari varian Reno5 adalah tetap mempertahankan bodinya yang ramping, tipis, juga ringan. Sama seperti apa yang ditawarkan OPPO Reno4 kemarin. Ini membuat penggunaan OPPO Reno5 jadi lebih nyaman, ergonomis, dan mudah dioperasikan.

Secara dimensi ukurannya terpaut tipis dari varian Reno sebelumnya. TInggi Reno5 ini berkisar 159,1 mm, lebar 73,3 mm dan ketebalan yang masih sama yakni 7,7 mm untuk varian Stary Black. Untuk varian Fantasy Silver tebalnya 7,8 mm.

Perbedaan tebal pada varian Fantasy Silver dikarenakan varian ini memiliki lapisan back cover yang lebih banyak, menggunakan Diamond Spectrum juga lapisan Reno Glow. Lapisan-lapisan tersebut membuat tampilan belakang OPPO Reno5 lebih glamour dan berkilau ketika terkena cahaya, dan menampilkan warna yang berbeda. Digenggam pun tidak terasa licin.

OPPO Reno5 juga masih mempertahankan ukuran layarnya, ukurannya 6,4 inci dengan resolusi FHD+ 2400 x 1080 piksel. Hanya saja penggunaan dua kamera tak lagi diaplikasikan, OPPO Reno5 hanya menggunakan satu kamera di muka.

Bagian back cover juga memiliki beberapa ubahan tampilan walau tak banyak. Housing kameranya tampak lebih besar. Ada pula tulisan bahwa OPPO Reno5 menggunakan kamera 64MP serta dukungan AI.

Untuk tampilannya sendiri, varian ini adalah Stary Black. Permukaannya mengkilap dengan permainan gradasi warna pada pinggirannya.

Untuk penempatan tombol-tombol dan port koneksi, sebagian besar masih sama. Tombol daya di sisi kanan, tombol volume di sisi kiri, port USB untuk mengisi daya di bawah, bersebelahan dengan port audio jack, lubang mikrofon serta speaker eksternal. Hal yang berbeda hanya posisi lubang mikrofon di bagian atas yang kini diletakkan di sisi kiri.

Spesifikasi masih sama?

Mungkin menggunakan spesifikasi yang sama atau prosesor lebih tepatnya, bakal menjadi topik yang akan cukup menarik untuk dibahas para netizen dan penikmat teknologi di luar sana. Namun, pastinya dari pihak OPPO sendiri memiliki alasan mengapa OPPO Reno5 masih mengandalkan Snapdragon 720G sebagai otak komputasinya.

OPPO merasa bahwa seri Snapdragon 720G masih cukup bertenaga dipakai pada smartphone, terlebih mereka bisa mengoptimalkan hampir semua fitur yang ada pada prosesor tersebut. Selain itu, kabar baiknya adalah Reno5 dibanderol sama. Mari lihat spesifikasi lengkapnya:

Oppo Reno5
SoC

Qualcomm Snapdragon 720G Mobile Platform 8nm process Octa-core CPU up to 2.3 GHz

RAM 8GB
Layar

6.4” AMOLED 20:9 FHD+: 2400×1080; PPI: 410 Single Punch-hole Display 90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate

Ukuran

Weight: 171g Dimensions: 159.1X73.3X7.7mm (Starry Black) / 7.8mm (Fantasy Silver)

Baterai

4310mAh, 50W Flash Charge

Kamera Belakang

64MP Main Camera F1.7

8MP Ultra-wide angle Camera F2.2

2MP Macro Camera F2.4 2MP Mono Camera F2.4

Kamera Depan 44MP Selfie Camera
Storage 128 GB
OS ColorOS 11.1 based on Android 11
Harga

Rp4.999.000

Meski sebagian besar spesifikasinya sama, namun OPPO Reno5 masih menunjukan perolehan skor yang cukup mumpuni. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pengujian di bawah ini menggunakan aplikasi benchmark. Menariknya, justru ada beberapa peningkatan skor jika dibanding dengan perolehan yang didapat dari OPPO Reno4.

Jika melihat dari perolehan di atas, penggunaan Snapdragon 720G memang masih cukup oke. Pengalaman penggunaan sehari-harinya pun masih tetap nyaman, lancar dan mulus. Perlu diingat bahwa prosesor ini masuk ke dalam segmen high end, cocok lah dipakai untuk smartphone yang menyasar pengguna muda dengan segudang aplikasi dan aktivitas

Main gim makin seru

Selain masih tetap gesit untuk jadi perangkat harian, OPPO Reno5 juga makin mumpuni diajak bermain gim. Kenapa? Ada dukungan fitur baru pada Game Space yang kini dapat diatur tingkat sensitivitasnya saat menerima input dari jari pengguna. Fitur ini bernama Touch optimization.

Fitur ini bisa ditemukan ketika pengguna sudah berada di dalam gim. Cara memunculkan menunya dengan menggeser sisi kiri layar ke arah kanan. Di sini, menu Game Space akan muncul yang berisi informasi kerja CPU, GPU, dan FPS di sisi atas, pengaturan slider tingkat kecerahan, shortcut ke beberapa aplikasi, Mode Game Focus, dan Autoplay.

Untuk mengubah sensitivitas layar, kalian bisa mengetuk Touch optimzation. Di sini kalian bisa menambah sensitivitas sentuhan dan geser dalam 5 tingkatan. Atur yang paling sesuai dengan gaya main kalian.

OPPO Reno5 juga memberikan dukungan pada waktu pemuatan aplikasi, yang kini dapat mempersingkat waktu ketika memulai aplikasi gim. Membuka aplikasi gim memakan banyak memori dan membutuhkan waktu, dengan hadirnya Gaming Shortcut Mode, perangkat OPPO Reno5 dapat mengurangi waktu tunggu sampai gim selesai memuat konten yang dibutuhkan.

    Share
    ×
    tekid
    back to top