sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Minggu, 08 Mar 2020 13:00 WIB

Intel NUC7CJYH, kompak dan cukup bertenaga

Mini PC NUC7CJYH memiliki cukup tenaga untuk menemani kalian bekerja, namun kalian harus menambahkan RAM dan SSD kalian sendiri.

Intel NUC7CJYH, kompak dan cukup bertenaga

Mencari sebuah komputer untuk bekerja memang bukan sebuah hal yang mudah. Selain harus memperhatikan ukuran, mereka juga harus memperhatikan performa dan juga penggunaan listrik untuk menekan biaya.

Salah satu pilihannya adalah menggunakan mini PC. Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id kedatangan sebuah mini PC dari Intel, yakni NUC. Unit yang datang adalah Intel NUC7CJYH, yang menggunakan prosesor Intel Celeron J4005.

Unit yang kami terima merupakan unit barebone, yang berarti kalian harus membeli RAM dan penyimpanan sendiri. Saya pun memutuskan untuk menggunakan RAM 4GB dan sebuah SSD berukuran 256GB.

Untuk membuka unit ini, yang harus dilakukan adalah melonggarkan empat baut yang berada di bagian bawah perangkat. Baut ini dikelilingi karet yang menjadi kaki dari perangkat tersebut. Selain terdapat kaki terbuat dari karet, di bagian belakang juga memiliki sebuah lubang vesa mount. Ini berarti para pengguna dapat memasang NUC ini di belakang monitor mereka.

Saat membuka NUC ini, kalian harus berhati-hati karena kalian akan menemukan dua buah kabel yang menghubungkan bagian tutup dengan bagian dalam PC tersebut. Tarik dengan cukup tenaga agar tidak merusak kabel tersebut, terlebih kabel power ke bagian HDD/SSD.

Setelah itu, kita dapat melihat bagian dalam dari perangkat tersebut. Dapat dilihat, tidak ada sistem pendinginan apapun yang berada di dalam CPU ini. Namun mengejutkannya selama pengujian sama sekali tidak terlihat adanya thermal throttling.

Kita juga bisa melihat bahwa NUC ini memiliki dua slot RAM yang biasa digunakan di laptop, yang maksimal dapat menampung 16GB. Saran saya, gunakan kedua slot untuk mendapatkan performa yang terbaik.

Sayangnya, saat saya melihat lebih jauh lagi, tidak terdapat tempat untuk menyematkan penyimpanan tambahan, seperti slot M.2 atau lainnya. Jadi, kalian hanya akan mendapatkan satu tempat penyimpanan.

Berbicara mengenai tempat penyimpanan, kalian akan dapat menyematkan HDD/SSD 2,5 inci di bagian tutup perangkat dari NUC tersebut. Saran saya, gunakan SSD atau HDD dengan kapasitas tertinggi yang bisa kalian beli.

Setelah itu, kalian dapat kembali menyambungkan kembali kabel SATA dan power ke bagian penutup dari NUC tersebut. Setelah itu kalian dapat menutup dan kembali mengencangkan baut untuk dapat menggunakan NUC tersebut.

Sedangkan di bagian luar, kalian akan mendapatkan dua USB 3 di bagian depan, bersama dengan headphone/mic combo jack 3,5mm serta sebuah tombol power.

Di bagian samping, kalian akan mendapatkan sebuah SD Card reader, dan kensington lock. Ini berarti, kalian dapat menambahkan penyimpanan, namun menggunakan SD Card yang memiliki write dan read speed yang cukup terbatas.

Sedangkan di bagian belakang, kalian akan mendapatkan 2 buah HDMI, 1 LAN, 2 USB 3.0, dan lubang power. Sayang, tidak ada dukungan USB Type-C di model NUC7CJYH ini.

Pengalaman saya menggunakan NUC7CJYH pun bisa dibilang tidak membuat saya terlalu frustasi. Meski hanya memiliki dual core tanpa memiliki thread, saya dengan mudah membuka 2 Google Chrome dengan total 8 hingga 10 tab sekaligus.

Menonton film atau YouTube dengan resolusi 1080p juga tidak memiliki masalah sama sekali. Namun, pada saat memutar video di 4K, saya menemukan beberapa kali hiccup namun tidak terlalu mengganggu.

Menggunakan aplikasi office juga tidak menunjukkan mengalami masalah sama sekali. Saya dapat membuka 7 hingga 8 Microsoft Word tanpa mengalami masalah sama sekali.

Berikut ini hasil benchmark yang sudah saya lakukan :

So, apakah saya akan merekomendasikan NUC7CJYH? Dibanderol Rp2.100.000 (barebone), sebenarnya harga dari NUC ini tidak terlalu mahal. Namun, kalian harus membeli RAM dan penyimpanan sendiri untuk dapat menggunakannya.

Tapi, dikarenakan memerlukan power yang sangat rendah dan memiliki ukuran yang sangat kecil, membuat mini PC ini dapat ditempatkan dimana saja. Selain itu, I/O dari NUC7CJYH cukup banyak untuk mengakomodir kebutuhan para penggunanya.

75
Intel NUC7CJYH
 
Keunggulan
  • Kompak
  • Memiliki Daya Rendah
 
Kekurangan
  • Cukup Mahal
  • RAM dan Penyimpanan Dijual Terpisah

 

Share
back to top