Review Huawei P30 Lite

Huawei P30 Lite: Tidak lagi mengandalkan kamera

Huawei melengkapi P30 Lite dengan prosesor Kirin 710 dan RAM 6 GB. Tidak ketinggalan pula penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Huawei P30 Lite: Tidak lagi mengandalkan kamera

Beberapa waktu lalu Huawei meresmikan peluncuran smartphone P30 series yang terdiri dari P30 Pro, P30, dan P30 Lite. Ulasan seputar P30 Pro dan P30 sudah sempat saya bahas. Sekarang giliran P30 Lite yang akan saya review di sini. Huawei melengkapi P30 Lite dengan prosesor Kirin 710 dan RAM 6 GB. Tidak ketinggalan pula penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Bodi mirip P30

Rancang bangun P30 Lite didesain hampir mirip dengan kakaknya, atau P30. Tetapi bezel yang dimiliki P30 Lite berukuran agak lebih tebal dibandingkan dengan P30, apalagi bezel bagian atas dan bawah. Tidak luput pula notch untuk bersinggahnya kamera depan.

Berbeda dengan P30 yang memiliki sertifikasi IP53 sehingga tahan debu dan cipratan air, Huawei tidak merancang P30 Lite dengan sertifikasi ketahanan terhadap air maupun debu. Jadi, hati-hati ya ketika kamu menggunakannya.

Di sisi kanan terdapat tombol daya dan tombol volume. Perbedaan yang cukup signifikan antara P30 dan P30 Lite dalam desainnya adalah bagian belakang P30 Lite terdapat sensor sidik jari. Sebagai informasi, P30 membenamkan fitur sensor sidik jari pada layarnya. Oiya, slot kartu SIM dan ekspansi memori penyimpanan terletak di bagian atas ponsel. Berbeda dengan P30 yang mengandalkan kartu memori berjenis Nano Memory (NM), P30 Lite menggunakan microSD, jadi lebih mudah mencarinya di pasar.

Berbicara seputar sidik jari, saya merasa sensor P30 Lite lebih responsif dibandingkan sensor sidik jari di P30. Hal ini cukup wajar karena memang sidik jari ‘berbentuk fisik’ langsung menyentuh jari ketimbang sensor yang berada di balik layar.

Tidak absen pula Huawei membekali fitur pengenal wajah (face recognotion) pada P30 Lite untuk keamanan biometrik selain sensor sidik jari. Fitur face recognition yang dimiliki smartphone ini cukup andal hampir di segala kondisi. Tetapi ada beberapa kali sistem tersebut tidak dapat mengenali wajah saya ketika kondisi pencahayaan redup, selebihnya ia berkinerja lancar-lancar saja.

Smartphone yang berjalan di atas Android Pie 9.0, Pie, memiliki ukuran layar 6,15 inci dengan resolusi 1080 x 2312 piksel. Berbeda dengan layar P30 yang menggunakan teknologi OLED, layar P30 Lite dilengkapi dengan panel berteknologi LCD IPS serta penerangan backlight LED. Pengalaman saya saat memegang bodi P30 Lite tidak ubahnya seperti memegang P30.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: