sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Minggu, 06 Sep 2020 09:44 WIB

HP 14 DK1002AU, laptop Rp4 juta-an fitur berlimpah

Menggunakan AMD Athlon Silver 3050U, HP 14 DK1002AU memiliki performa yang sangat baik dan fitur berlimpah meski dibanderoll Rp4,5 juta-an saja.

HP 14 DK1002AU, laptop Rp4 juta-an fitur berlimpah
HP 14 DK1002AU

Mencari sebuah laptop murah namun dengan fitur berlimpah memang seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Kebanyakan, laptop dibawah Rp5 juta hadir dengan spesifikasi yang pas-pasan, bahkan tak jarang membuat para penggunanya emosi saat menggunakannya.

Tapi tampaknya, AMD ingin mengubah stigma tersebut. Mereka pun menghadirkan jajaran Athlon Silver generasi terbaru yang diklaim lebih bertenaga, bukan hanya dari sisi compute saja melainkan juga dari sisi grafisnya.

Produk yang kami ulas pada kesempatan kali ini adalah HP 14 DK1002AU. Laptop ini menggunakan prosesor Athlon Silver 3050U. Penasaran bagaimana pengalaman kami dalam menggunakan laptop dibawah Rp5 juta? Berikut ini ulasan kami.

Tak terlihat murahan

Kira-kira 5 tahun yang lalu, jika kita berbicara mengenai laptop murah, biasanya yang kita dapatkan bukanlah sebuah laptop, melainkan sebuah netbook. Kita akan mendapatkan sebuah perangkat 13 inci yang terasa seperti laptop mainan.

Tapi, HP membuat sebuah laptop yang kokoh dan memiliki desain yang mumpuni. Ukuran layarnya 14 inci, namun tetap terlihat dan terasa seperti memegang laptop berukuran 13 inci yang kompak.

Keseluruhan body terbuat dari plastik yang membuat laptop ini terasa ringan. Sayang, hal ini juga membuat laptop tersebut menjadi sedikit ringkih dan memiliki cukup banyak flex di bagian keyboard.

Bobotnya hanya 1,47 kg aja. Sedangkan untuk dimensinya, laptop ini memiliki panjang 32,4 cm, lebar 22,59 cm, dan untuk ketebalan yaitu 1,9 cm. Jadi cocok lah bagi tas pelajar, terutama untuk anak SD atau SMP.

Keyboardnya sebenarnya nyaman untuk digunakan. Sayang, saat menekan keyboard dengan cukup keras, bagian body dari laptop ini ikut bergerak yang malah membuat pengalaman mengetik jadi kurang nyaman.

Key travelnya pun cukup jauh, tapi enteng untuk ditekan. Beberapa kali, dikarenakan kecepatan mengetik saya yang cukup tinggi, beberapa karakter tidak muncul di layar karena saya kurang menekan keycaps nya terlalu dalam.

Untuk sebuah laptop murah, keyboardnya pun sudah dilengkapi dengan LED yang cukup terang lho. Ada 3 pengaturan cahaya, yakni off, dan dua lagi adalah mode cukup terang dan lumayan terang.

Dan tombol powernya ada di kiri atas, yang berarti tombol delete di keyboard ini memiliki lokasi yang sama di keyboard standar. Artinya kita tak perlu lagi untuk menyesuaikan layout keyboard seperti di beberapa laptop berukuran ringkas lainnya.

Dan untuk urusan layar, sebenarnya bezel dari HP 14 DK1001AU ini tidak terlalu besar untuk sisi kiri dan kanannya. Tapi, untuk bagian atas dan bawah, bezelnya masih cukup besar. Sebenarnya, hal ini tidak mengganggu sama sekali untuk penggunaan, namun hanya mengurangi nilai estetikanya. Hal ini wajar mengingat kamera yang disematkan pun cukup besar.

Touchpadnya pun cukup presisi, tak ada jumping-jumping saat kami menggunakannya dalam kondisi normal. Tapi, pada saat tangan sudah mulai sedikit berkeringat atau basah, kami merasakan touchpadnya jadi kurang responsif.

Sedangkan di bagian depan layar, tidak terdapat apapun selain logo HP yang cukup besar. Dan untuk di bawah, kita akan melihat saluran intake untuk udara masuk untuk mendinginkan bagian dalam dari perangkat tersebut.

Layar oke, suara so-so, port cukup lengkap

Untuk bagian layar, HP menyematkan sebuah panel TN dengan resolusi HD 1366×768 pixel. Panel ini memiliki sudut pandang yang cukup terbatas, serta memiliki akurasi warna yang tidak terlalu tinggi. Maklum, harganya sangat bersahabat.

Menonton film di laptop ini pun memiliki pengalaman yang lumayan baik. Jika kalian menonton film Hollywood sekaliber Avengers End Game dan beberapa judul lainnya, warnanya terlihat cukup jauh dari warna aslinya. Sedangkan jika kalian pakai untuk menonton anime, video anak-anak, menyaksikan video YouTube, atau  Zoom, tampilannya gak mengecewakan kok.

Suaranya juga cukup terbatas. Speakernya mengarah ke atas, namun terdapat di dekat layar. Jadi, speakernya mengandalkan layar untuk mengarahkan suara langsung ke arah para penggunanya.

Volumenya juga bisa dibilang cukup lantang. Jika disetel ke volume 100 persen, suara yang dihasilkan pun bisa dibilang tak ada suara yang pecah. Namun, harus diakui saat mendengarkan lagu, untuk volume maksimal memang tidak pernah kami sarankan.

Yang mengejutkan lagi adalah hadirnya port I/O yang sangat lengkap di laptop ini. Di sebelah kiri kita akan mendapatkan 1 slot SDCard reader serta 1 USB Type-C 3.0. Port ini hanya untuk transfer data, dan bukan untuk pengisian daya.

Dan di sebelah kanan kita akan menemukan DC-in, LAN, HDMI, dua port USB 3.1 type-A, beserta jack audio combo.

Performa gak kaya notebook

Seperti diketahui, AMD Athlon Silver 3050U ini hanya memiliki 2 core dan 2 thread saja, artinya prosesor ini tak mendukung multi-threading. Tapi, prosesor ini memiliki kecepatan dasar 2,3GHz dan mampu berjalan hingga 3,2GHz.

Untuk GPU, prosesor ini memiliki total 2 GPU Core yang dapat berjalan di kecepatan 1100MHz. Yah, GPU ini cukup lah untuk mendorong performa laptop ini untuk sekadar memutar video 4K 60fps atau bermain gim casual.

Untuk RAM, HP 14 DK1002AU datang dengan RAM 4GB, namun masih ada 1 slot lain untuk upgrade. Jadi, saran kami adalah membeli RAM 4GB lagi jika kalian ingin menggunakan laptop ini dengan nyaman.

Tapi, dengan RAM bawaan, kami masih bisa kok membuka 8 tab sekaligus memainkan video YouTube di resolusi 1080p 60fps tanpa ada kendala. Selain itu, kami juga sudah mencoba membuka 12 tab sekaligus untuk mengakses situs yang berbeda tanpa adanya lag.

Yang paling membuat saya nyaman menggunakan laptop ini adalah penggunaan SSD M.2 256GB di laptop ini. Penggunaan SSD ini sangat membantu performa overall dari laptop tersebut. Prosesornya tak lagi harus terlalu lama menunggu HDD untuk mendapatkan informasi.

Di benchmark Cinebench, laptop ini memiliki hasil 109 poin di Cinebench R15 single-core dan 181 poin di Cinebench R20 single-core. Dan untuk Ciebench R15 multi-core memiliki skor 237 poin dan di Cinebench R20 ada di 333 poin.

Sedangkan pada saat melakukan tes rendering menggunakan Blender, hasil yang kami dapatkan adalah 31 menit 53 detik. Hasil ini cukup hebat mengingat laptop ini hanya menggunakan prosesor dual core. Sayang, saat kami ingin melakukan pengujian menggunakan 3Dmark, laptop ini  selalu mengalami hang saat kami lakukan pengujian.

Beralih ke benchmark gim, sebenarnya kami awalnya tak ingin melakukan benchmark gim dikarenakan laptop ini hanya memiliki RAM yang sangat kecil. Tapi, karena penasaran kami pun melakukan percobaan.

Saat bermain gim DOTA, kami mendapatkan fps di angka 27 fps saat memainkannya di pengaturan terendah. Bermain CS:GO juga kurang mengasyikkan karena di pengaturan grafis terendah laptop ini hanya mendapatkan 23 fps saja.

Beralih ke gim Valorant, keadaan tak banyak berubah. fps yang kami dapatkan hanya ada di 21 fps saja, namun banyak penurunan fps yang membuat pengalaman bermain gim kami menjadi tidak nyaman. Jadi, saran kami adalah mengupgrade RAM menjadi 8GB untuk mendapatkan pengalaman penggunaan overall yang lebih baik.

Suhu yang dihasilkan oleh laptop ini pun sama sekali tak mengganggu, tak ada panas sama sekali di bagian keyboard saat kami gunakan. Dan prosesornya selama kami uji, memiliki panas hanya ada di angka 79 hingga 86 derajat celcius saja.

Sedangkan untuk baterai, menggunakan PCMark 10 battery test, kami mendapatkan hasil 10 jam 56 menit. Dan jika digunakan mengetik, bisa mendapatkan 11 jam 13 menit. Serta, saat melakukan Zoom, laptop ini dapat bertahan selama 7 jam 12 menit.

Kesimpulan : cocok buat jadi teman belajar anak

Dibanderol dikisaran harga Rp4,5 juta, HP 14 DK1002AU memiliki performa dan fitur yang sangat lengkap. Menggunakan AMD Athlon Silver 3050U dan SSD, laptop ini terasa responsif saat digunakan.

I/O yang ditawarkan pun sangat lengkap, jadi pengguna dapat sedikit lebih leluasa menggunakan perangkat tambahan di laptop ini. Tak ketinggalan, daya tahan baterai yang sangat baik juga menjadi nilai plus.

Tapi, saran kami jika kalian ingin membeli laptop ini, hal yang pertama kali kalian harus lakukan adalah membeli RAM dan HDD tambahan untuk penyimpanan ekstra serta RAM yang lebih besar dapat menambah performa dari laptop tersebut.

Tak ketinggalan, dalam paket penjualan juga terdapat sebuah mouse nirkabel dan sebuah tas. Jadi, kalian mendapatkan banyak bonus saat membeli laptop tersebut.

75
HP 14 DK1002AU
 
Keunggulan
  • Murah
  • Performa cukup buat anak sekolahan
  • Opsi upgrade melimpah
 
Kekurangan
  • Layar belum Full HD
  • Build Quality terasa kurang kokoh
  • Keyboard kurang nyaman digunakan

 

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top