Review Far Cry New Dawn

Far Cry New Dawn, cerita post apocalyptic yang penuh dengan warna

Saya pun terhanyut dengan jalan cerita post apocalyptic yang tidak linear, dan disuguhkan dengan warna-warna cerah yang tak sedikitpun mewakili zaman tersebut.

Far Cry New Dawn, cerita post apocalyptic yang penuh dengan warna Far Cry New Dawn

Siapa sih yang tidak kenal dengan gim serial Far Cry? Ya, gim besutan Crytek ini memang memiliki jumlah penggemar setia yang sangat besar. Maka tak heran, penjualan gim mereka pun tercatat selalu baik.

Mereka selalu mencari jalan cerita yang unik. Pemilihan waktu yang dimiliki juga beragam. Mulai dari zaman modern, zaman prehistori, dan sekarang, dalam gim Far Cry New Dawn menghadirkan setting waktu di masa depan, dimana manusia berhasil selamat dari perang nuklir.


BACA JUGA

Corsair Nightsword RGB, paling enak buat tembak-tembakan

ROG Strix Scar III, cocok buat yang mau jadi Pro Gamer pemula

ROG Strix Scar III, cocok buat yang mau jadi Pro Gamer pemula


Gim keenam dari seri tersebut sebenarnya memiliki kaitan dengan jalan cerita di Far Cry 5. Meski begitu, saya tidak mengatakan bahwa Anda harus memainkan seri sebelumnya agar bisa menikmati jalan ceritanya. Tapi, dengan bermain seri sebelumnya, Anda bisa mengenal karakter-karakter yang ada di New Dawn dengan lebih baik.

Saat mulai bermain, saya pun disuguhkan dengan sedikit kilas balik mengenai awal cerita dari gim ini. Pada awalnya, saya melihat bahwa gim ini akan sedikit kelam, layaknya gim post apocalyptic lain seperti seri Fallout milik Bethesda.

New Dawn pun sangat mirip dengan beberapa gim Far Cry lain, seperti Blood Dragon dan Primal. Meski begitu, saya pun merasa serial yang satu ini berbeda dengan kedua seri tersebut. Sedikit terasa lebih segar.

Tapi nyatanya, semua yang ada di ‘dunia New Dawn’ sangatlah hijau dan berwarna. Pohon, bunga, dan tanaman lain hidup dengan baik. Air kembali jernih. Hewan-hewan pun banyak berkeliaran dengan bebas.

Dalam cerita New Dawn, semua jalan cerita berpusat dari Hope County. Ya, semua perkembangan jalan cerita utama dan misi sampingan akan berhubungan dengan Hope County.

Kita pun bermain sebagai karakter yang merupakan tangan kanan dari Thomas Rush. Rush merupakan ketua karismatik yang memimpin sekelompok orang yang ingin membantu komunitas yang ada untuk tumbuh.

Namun, ada beberapa tantangan yang harus mereka lalui dalam mewujudkan hal ini. Salah satunya adalah halangan dari kelompok pemberontak yang dipimpin oleh Mickey dan Lou, yang merupakan anak kembar.

Mereka selalu merebut sumber daya yang dimiliki sebuah komunitas, yang kemudian akan digunakan oleh mereka membuat ‘kerajaan’ yang lebih kuat. Mereka ingin menguasai semua hal yang ada.

Mekanisme dari gim ini pun sebenarnya sama dengan Far Cry 5. Tapi, kontrol dari gim ini sangat berbeda. Saya pun dapat membuat senjata sendiri. Saya juga bisa membuat kendaraan saya sendiri, yang sepertinya terinspirasi dari gim Mad Max.

Jalan ceritanya pun sangat baik. Pengembangan karakter, cara leveling dan membuka skill dengan poin akan menentukan bagaimana cara kita menamatkan gim. Siapa yang kita selamatkan terlebih dahulu juga membuka perk yang berbeda juga.

Jalan cerita yang ada di dalam gim ini pun tidak linear. Ya, saya bisa memutuskan untuk melakukan semua misi utama terlebih dahulu, kemudian baru mencoba menyelesaikan misi sampingan.

Tapi, sejujurnya saya lebih menikmati bermain gim ini dengan melakukan misi sampingan terlebih dahulu, baru menjalankan misi utama. Menurut saya, hal ini akan sangat membantu saya dalam menamatkan jalan cerita utama dari gim tersebut. Semua rute akan menghasilkan ending yang sama.

Oh iya hampir terlupa. Dalam melakukan penjelajahan peta yang sangat mirip dengan Far Cry 5 ini, kita bisa meminta bantuan AI. Terkadang, AI tersebut dapat sangat membantu. Namun, tidak jarang juga malah AI tersebut membuat kita kerepotan.

Sistem jual beli barang dari New Dawn terbagi dalam beberapa hal. Saya dapat membeli mata uang in-game dengan uang sesungguhnya melalui situs Ubisoft. Tapi, karena saya pelit, saya pun tidak memilih cara tersebut.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan material secara gratis? Ada dua hal yang bisa Anda lakukan. Pertama eksplorasi setiap lokasi secara manual. Di beberapa lokasi, seperti tempat musuh, kita akan mendapatkan banyak item untuk membuat senjata atau amunisi.

Cara kedua adalah dengan membunuh hewan, dan mengambil kulit dan daging dari hewan tersebut. Ada beberapa level binatang yang dapat ditukar dengan barang dengan level yang sama.

Begitu juga dengan senjata dan kendaraan. Ada beberapa level senjata dan kendaraan. Semakin tinggi level dari senjata, semakin besar juga damage yang akan dihasilkan. Semakin tinggi level kendaraan, semakin banyak fitur dan ketahanan dari kendaraan tersebut.

Oh iya, untuk membangun Hope County, ada satu bahan yang paling esensial. Barang tersebut adalah Ethanol. Untuk melakukan upgrade sebuah pos, seperti pos senjata, pos helikopter, dan lainnya, saya harus mencari ethanol.

Sama seperti mencari material lain, Ethanol juga dapat ditemukan di beberapa misi sampingan. Saya juga bisa mengejar sebuah paket yang dijatuhkan dari langit, dan tentunya harus berebut dengan para bandit untuk mendapatkan paket tersebut.

Mencegat kendaraan anak buah Mickey dan Lou juga merupakan sebuah pilihan. Tapi, jujur saja, hal ini cukup sulit dilakukan.

Untuk menjalankan gim ini pun saya tak harus membuat sebuah komputer baru. Komputer lawas saya, yang memiliki spesifikasi prosesor Intel Core i5 2500K, RAM 16GB, dan GPU GTX 660 pun dapat menjalankan gim ini dengan baik.

Saat bermain di resolusi 720p di setting medium, saya dapat menjalankan gim ini dengan FPS antara 50 hingga 70. Sedangkan saat saya bermain di resolusi 1080p di setting low, saya bisa mendapatkan FPS 40 hingga 60.

Harga dari gim ini pun terbilang tidak terlalu mahal. Para gamer perlu merogoh kocek sekitar Rp510 ribu di Steam atau Rp600 ribu di Uplay. Belum lagi, kita juga akan disuguhkan dengan jalan cerita dan grafis yang mumpuni. So, siapkan tempat duduk yang nyaman, sediakan camilan yang banyak, karena Anda akan terhanyut memainkan gim ini berjam-jam tanpa henti!

 
Review Far Cry New Dawn
Bagus ...
  • Grafis sangat baik
  • Jalan cerita yang membuat lupa waktu
  • Bisa berjalan di komputer spek middle
Kurang ...
  • Harga cukup menguras kantong
  • Grafis yang kurang nyambung dengan jalan cerita
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: