sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Jumat, 20 Nov 2020 10:05 WIB

Dareu EM908, warna cantik performa apik

Dengan warna pink terang serta bobotnya yang ringan, Dareu EM908 bisa dijadikan salah satu periferal andalan bagi gamer wanita.

Dareu EM908, warna cantik performa apik
Dareu EM908

Selama beberapa dekade, industri gaming, terutama para gamer, memang cenderung didominasi oleh kaum Adam. Oleh karena itu, beberapa tahun lalu para vendor selalu memberikan pilihan warna maskulin untuk peripheral gaming mereka, jarang yang menawarkan warna-warna feminin.

Tapi, belakangan ini, gamer wanita pun semakin banyak bermunculan. Mereka dengan cepat menguasai platform streaming gim seperti di Twitch, dimana selama masa pandemi ini menunjukkan peningkatan jumlah streamer dan juga pemirsa harian.

Namun sayangnya, hingga saat ini peripheral yang memiliki tema “girly” agak langka. Dareu melihat potensi ini dengan memperkenalkan dua komponen dengan warna yang sangat feminin.

Salah satunya adalah Dareu EM908, sebuah mouse gaming yang ringan dan memiliki warna pink terang yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Dua hal ini saja menurut kami sudah mencerminkan peripheral yang tepat bagi para gamer wanita, terutama yang masih pemula.

Dareu mengklaim bahwa mouse ini menggunakan sensor BRAVO GAMING SENSOR yang memiliki DPI hingga 6000 DPI dengan tracking speed 150 IPS. Tak ketinggalan, terdapat juga chipset ARM 32Bit MCU yang dapat berakselerasi hingga 20G.

Saat pertama kali membuka perangkat, hal pertama yang kami rasakan adalah kualitas plastik yang ada di mouse ini cukup standar. Wajar sih, dikarenakan harga yang ditawarkan oleh Dareu cukup terjangkau.

Menariknya, plastiknya dilapisi permukaan soft touch mate yang membuat mouse ini tak gampang meninggalkan sisa sidik jari karena minyak di jari pengguna. Bentuknya pun cukup ergonomis, namun tergolong kecil di tangan di mana sangat cocok bagi tangan wanita yang cenderung mungil.

RGB LED di mouse ini pun kami akui cukup menarik jika dilihat dari harga yang ditawarkany. Pengguna akan mendapatkan Addressable RGB di logo Dareu, serta di sekeliling bagian samping bawah dari EM908. Tampilannya sekilas mirip dengan mouse gaming berharga jutaan.

Untuk switch, mereka menggunakan DAREU micro switch yang diklaim dapat bertahan hingga 50 juta klik. Menurut kami, rasa switch ini cukup keras, namun sangat responsif. Dalam software Dareu EM908, disebutkan bahwa mouse ini memiliki respon 4ms melalui kabel USB. Sedangkan untuk macro, terdapat dua buah tombol di sebelah kiri mouse yang dapat dikoustomisasi oleh pengguna melalui software.

Selain itu, ada juga tombol pengubah DPI di bagian atas mouse Dareu EM908 ini. Untuk mengetahui DPI yang sedang digunakan, kita bisa melihat logo “D” yang ada di bagian atas perangkat, dengan maksimal 6 preset DPI.

Beralih ke software, pengguna harus mengunduh software mouse untuk setiap mouse yang berbeda. Jadi, jika kalian memiliki lebih dari 1 mouse Dareu, kalian harus mengunduh aplikasi yang berbeda,

Tampilan software ini terlihat sangat minimalis, dengan beberapa informasi yang cukup informatif. Salah satunya adalah hadirnya latensi antara mouse dan PC yang terhubung melalui USB di bagian kiri bawah.

Selain itu, seperti di aplikasi mouse lain, pengguna dapat mengatur macro, mengatur preset DPI, dan mengatur warna LED di semua area dari EM908. Meski sangat minimalis, hal ini sangat cocok bagi para gamer pemula yang masih belum sepenuhnya mengerti ekosistem periferal gaming.

Bagaimana rasanya bermain gim dengan mouse ini?

Menurut kami, Dareu EM908 ini memiliki performa yang cukup baik. Kami mengetes di beberapa gim FPS populer seperti PUBG, Apex Legends, CS:GO, dan Valorant.

Harus diakui, Dareu EM908 ini memiliki respon yang sangat cepat, baik ketika saya menggeser mouse di berbagai macam permukaan, seperti di mousepad dan kayu. Sayang, untuk respon klik, terkadang saya menemukan ada lag input, tapi tak terlalu sering.

Selain itu, dikarenakan bobotnya yang hanya sekitar 90 gram, membuat tangan kami tak terlalu cepat lelah. Untuk pergerakan, mouse ini bisa dibilang bisa diandalkan. Tapi, kembali lagi, ada beberapa orang yang lebih memilih mouse yang berat. Ini sepenuhnya masalah preferensi pribadi.

Lantas, apakah kami akan merekomendasikan Dareu EM908?

Bagi kalian gamer wanita atau kalian sedang mencari mouse gaming di kisaran Rp300 ribu, mouse ini bisa jadi pilihan. Performa dari mouse ini sangat baik untuk digunakan memainkan gim bertaraf kompetitif sekalipun. Beratnya cukup ringan, membuat mouse ini enak dipakai berjam-jam.

Tapi, ada beberapa catatan terkait ada delay saat mengklik di beberapa situasi. Utamanya ketika permainan sedang memanas dan saya meng-klik berulang kali dengan sangat cepat . Tapi, selebihnya Dareu EM908 ini sangat cocok bagi gamer wanita yang baru ingin serius menggeluti dunia gaming.

75
Dareu EM908
 
Keunggulan
  • Ringan
  • Didukung software
  • RGB LED dimana-mana
 
Kekurangan
  • Switch terkadang kurang responsif

 

Tag
Share
×
tekid
back to top